Wawasan tentang Dinamika Kencan Digital Modern Pengguna Bumble Diluncurkan di Era Media Baru

Authors

  • Sectiari Elya Putri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2986

Keywords:

Bumble, kencan online, motif, penelitian kualitatif, media baru

Abstract

Penelitian ini menggali motif yang mendorong pengguna Bumble di era media baru melalui pendekatan fenomenologi kualitatif, menganalisis percakapan pengguna dan melakukan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan motivasi yang beragam, termasuk pencarian persahabatan dan fitur chatting unik yang diprakarsai oleh gender yang mempengaruhi dinamika interaksi. Temuan ini menawarkan wawasan berharga tentang budaya kencan online kontemporer dan menginformasikan desain platform masa depan, mendorong koneksi digital yang bermakna.

References

"Bumble." [Online]. Available: https://bumble.com/, 2006.

A. Anggito and J. Setiawan, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Cv. Jejak (Jejak Publisher), 2018.

C. R. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta, Indonesia: Grasindo, 2010.

Cambridge Dictionary "Online Dating," 2021. [Online]. Available: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/online-dating

E. D. S. Watie, "Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)," J. Messenger, vol. 3, no. 2, p. 69, 2016. doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.

E. R. Nadine and M. R. Ramdhana, "Keterbukaan Diri Remaja Perempuan Pengguna Aplikasi Kencan Online Tinder Di Bandung Self Disclosure of Female Adolescent Users of the Online Dating App Tinder in Bandung," e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 2, pp. 1701–1710, 2021.

J. A. Wibowo, G. Priyowidodo, and D. Yoanita, "Self-disclosure dalam Komunikasi Interpersonal Pengguna Aplikasi Kencan Online untuk Mencari Pasangan Hidup," E-Komunikasi, vol. 9, no. 2, pp. 1–8, 2021. [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11561

J. Rakhmat, "Psikologi Komunikasi," 3rd ed. Tangerang Selatan, Indonesia: Universitas Terbuka, 1999.

K. Kaharuddin, "Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi," Equilib. J. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020. doi: 10.26618/equilibrium.v9i1.4489.

L. J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, 38th ed. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

M. Ahmadi, "Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat," J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 4, no. 1, pp. 26–37, 2020. [Online]. Available: http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499

N. M. Armando, "Psikologi Komunikasi," 2nd ed. Tangerang Selatan, Indonesia: Universitas Terbuka, 2018.

R. Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Indonesia: Prenada Media, 2014.

S. D. Alyusi, "Media Sosial: Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial," 1st ed. Jakarta, Indonesia: Prenada Media, 2019.

T. Rachmawati, "Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif," UNPAR Press, no. 1, pp. 1–29, 2017.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Putri, S. E., & Febriana, P. (2024). Wawasan tentang Dinamika Kencan Digital Modern Pengguna Bumble Diluncurkan di Era Media Baru . CONVERSE Journal Communication Science, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2986

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.