Representasi Bullying dalam The Karate Kid Analisis Semiotik

Authors

  • Agmi restyadiana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2856

Keywords:

Perundungan, Analisis Semiotika, Roland Barthes, Film Remaja, Agresi

Abstract

Studi ini menyelidiki keberadaan perundungan dalam film "The Karate Kid," dengan menekankan pada perundungan fisik terhadap protagonis, Dre. Menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkhususkan pada adegan-adegan tertentu menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk mendekode simbol dan tanda-tanda agresi. Observasi dilakukan secara teliti di berbagai adegan, mengungkapkan pola berulang dari perundungan fisik. Temuan ini menekankan implikasi yang signifikan untuk memahami penggambaran perundungan dalam media populer dan dampak potensialnya terhadap persepsi audiens mengenai kekerasan dan korban. Analisis ini tidak hanya menyoroti isu agresi dalam film yang berpusat pada pemuda tetapi juga memanggil evaluasi kritis tentang bagaimana tema-tema tersebut mempengaruhi interpretasi dan perilaku penonton.

References

C. M. Zellatifanny and B. Mudjiyanto, "Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi," Diakom J. Media Dan Komun., vol. 1, no. 2, pp. 83–90, 2018, doi: 10.17933/diakom.v1i2.20.

E. Apriani Putri and M. Maulianza, "Bullying Terhadap Perempuan Dalam Film 'Imperfect'," Prociding Journalistic, vol. 8, no. 1, pp. 42–50, 2022, [Online]. Available: https://www.liputan6.com/showbiz/read/4148

E. Waliyanti, F. Kamilah, and R. R. Fitriansyah, "Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja di Yogyakarta," J. Ilm. Keperawatan Indones., vol. 2, no. 1, p. 50, 2018, doi: 10.31000/jiki.v2i1.831.

F. N. Atika, "Representasi Bullying Dalam Film Joker (Analisis Semiotika Model Roland Barthes)," Skripsi, p. 90, 2020.

H. Hamidah and A. Syadzali, "Analisis Semiotika Roland Barthes Tentang Fenomena Jilboobs," J. Stud. Insa., vol. 4, no. 2, p. 117, 2016, doi: 10.18592/jsi.v4i2.1124.

L. Indriani, D. Falihin, and M. Said, "Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar," Soc. Landsc. J., pp. 31–38, 2020.

L. Muntasiroh, "Jenis-Jenis Bullying Dan Penanganannya Di Sd N Mangonharjo Kota Semarang," J. Sinektik, vol. 2, no. 1, p. 106, 2019, doi: 10.33061/js.v2i1.2983.

N. Yuliani, "Fenomena Kasus Bullying di Sekolah," Res. Gate, 2019.

O. O. Kristyanovan Nugraha, Weni A. Arindawati, and Jurusan, "Representasi Unsur Bullying Pada Film Animasi 'Koe No Katachi', Analisis Semiotika Roland Barthes," J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 9, pp. 3331–3339, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

P. Muhopilah and F. Tentama, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying," J. Psikol. Terap. Dan Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 99, 2019, doi: 10.26555/jptp.v1i2.15132.

P. Wibisono and Y. Sari, "Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira," J. Din. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 30–43, 2021.

S. Pohan and N. Pratiwi, "Analisis Semiotika Nilai-Nilai Edukasi Terhadap Lagu," vol. 14, no. 02, pp. 208–217, 2022.

Y. Bulu, N. Maemunah, and Sulasmini, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal," Nurs. News (Meriden)., vol. 4, no. 1, pp. 54–66, 2019. [Online]. Available: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047

Y. Mudjiono, "Kajian Semiotika Dalam Film," J. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 125–138, 2022, doi: 10.15642/jik.2011.1.1.125-138.

Y. Nurmalasari and R. Erdiantoro, "Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier," Quanta, vol. 4, no. 1, pp. 44–51, 2020, doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

restyadiana, A., & Febriana, P. (2024). Representasi Bullying dalam The Karate Kid Analisis Semiotik . CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 109–118. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2856

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.