Tren TikTok: Mengurai Perilaku Remaja di Era Digital

Authors

  • Riswanda Maulana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2851

Keywords:

remaja, media sosial, perilaku.

Abstract

Penelitian kualitatif ini meneliti perilaku remaja terkait penggunaan aplikasi TikTok di Desa Kejapanan, menekankan pada sifat kompleks dan dinamis dari interaksi media sosial. Dengan fokus pada pengaturan alami dan komunikasi langsung dengan partisipan, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku spesifik seperti perilaku konsumtif, mengikuti tren, literasi digital, dan kecenderungan menghakimi di antara remaja. Menggunakan metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi empat perilaku menonjol: pengeluaran impulsif yang dipengaruhi oleh tren viral, fenomena Fear of Missing Out (FOMO) dalam berpakaian, proses selektif literasi digital, dan kecenderungan untuk menghakimi orang lain. Hasil menunjukkan bahwa sementara TikTok berfungsi sebagai platform yang kuat untuk penyebaran informasi dan literasi digital, itu juga memupuk kebiasaan konsumtif dan sikap menghakimi di antara pengguna. Implikasinya menekankan pada perlunya penggunaan media sosial yang bertanggung jawab, menyoroti dampak potensial pada kesejahteraan pribadi dan sosial.

References

A. B. Mochamad Syaefudin, “Komodifikasi Isi Berita Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air Sj-182 Di Okezone.Com (Analisis Wacana Kritis Van Djik),” Univ. Swadaya Gunung Jati, vol. 9, hlm. 121–226, Jul 2021.

A. D. Riyanto, “Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta,” andi.link, 6 Maret 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/ (diakses 8 Juli 2023).

A. K. Rahardaya dan I. Irwansyah, “Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, no. 2, hlm. 308–319, Jul 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.248.

A. S. Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia”.

A. Xiao, “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat,” J. Komunika J. Komun. Media Dan Inform., vol. 7, no. 2, Okt 2018, doi: 10.31504/komunika.v7i2.1486.

D. H. Didik Hariyanto, Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Umsida Press, 2021. doi: 10.21070/2021/978-623-6081-32-7.

E. D. Astuti, “Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 1, no. 2, Apr 2013, doi: 10.30872/psikoborneo.v1i2.3285.

E. Lestarina, H. Karimah, N. Febrianti, R. Ranny, dan D. Herlina, “Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja,” JRTI J. Ris. Tindakan Indones., vol. 2, no. 2, Jul 2017, doi: 10.29210/3003210000.

H. A. Naufal, “LITERASI DIGITAL,” Perspektif, vol. 1, no. 2, hlm. 195–202, Okt 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.“Intelektiva –Vol 3 No 4, Desember 2021 E-ISSN 2686 - 5661,” vol. 3, no. 4, 2021.

H. Juanda, “Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh,” J. Peurawi, vol. 1.

I. K. M. Astajaya, S. Ag, dan M. Pd, “Etika Komunikasi Di Media Sosial,” vol. 15, no. 1, 2020.

I. Rofiqoh, “METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN CAMPURAN”.

K. D. Kartika, U. Makhmudah, dan A. Dewantoro, “Studi Kasus Eksistensi Diri Peserta Didik Kelas Xii Sma Negeri 4 Surakarta Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram,” J. Bimbing. Dan Konseling Borneo, vol. 3, no. 1, Jun 2021, doi: 10.35334/jbkb.v3i1.2006.

K. Nisak dan D. Hariyanto, “Food Photography dan Eating Out di Media Sosial Instagram,” KANAL J. Ilmu Komun., vol. 6, no. 1, hlm. 31, Sep 2017, doi: 10.21070/kanal.v6i1.1422.

M. I. Musa, “Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia,” vol. 3, no. 3, 2015.

M. P. Iswarani dan M. I. Gautama, “Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Bagi Remaja (Studi Kasus Siswa SMAN 5 Bukittinggi Kelas XI IPS),” J. Perspekt., vol. 5, no. 1, hlm. 37, Mar 2022, doi: 10.24036/perspektif.v5i1.588.

R. Rosmiati, “Dari Video Ke Toko: Budaya Konsumen Melalui Media Sosial Tiktok Shop,” Saskara Indones. J. Soc. Stud., vol. 2, no. 2, hlm. 1–16, Des 2022, doi: 10.21009/Saskara.022.01.

T. P. Hasiholan, R. Pratami, dan U. Wahid, “Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19,” Communiverse J. Ilmu Komun., vol. 5, no. 2, hlm. 70–80, Agu 2020, doi: 10.36341/cmv.v5i2.1278.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Maulana, R., & Hariyanto, D. (2024). Tren TikTok: Mengurai Perilaku Remaja di Era Digital . CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2851

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.