Instagram @kokobuncit sebagai Referensi Makanan UMKM Lokal

Authors

  • Deva Selvia Ramadhanni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2848

Keywords:

Pengaruh Media Sosial, Perilaku Konsumen, Ulasan Kuliner, Promosi UMKM, Pemasaran Digital.

Abstract

Studi ini mengkaji peran akun Instagram @kokobuncit dalam membentuk persepsi konsumen terhadap produk makanan UMKM lokal. Menggunakan teori 4C—konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi—penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi bagaimana interaksi sosial digital mempengaruhi ulasan kuliner dan perilaku konsumen. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, dan dianalisis menggunakan langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Sampel bertujuan digunakan untuk memilih pengikut aktif @kokobuncit sebagai informan. Temuan menunjukkan bahwa akun tersebut secara efektif menyediakan ulasan kuliner yang rinci dan jujur, meningkatkan kredibilitas dan kegunaannya sebagai panduan makanan yang dapat diandalkan. Studi ini menekankan potensi akun media sosial khusus dalam mengarahkan pilihan konsumen dan mendukung usaha makanan lokal.

References

Astrid Savitri, "Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media," Jakarta: Mitra Media Nusantara CV, 2019.

Aditya Wardana, "Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia," Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th. 2015, ISBN: 978-602-17225-4-1, 2018.

Freddy Rangkuti, "Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus," Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

G. R. Mandala, "Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Referensi Kuliner di Kota Pekanbaru," Skripsi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2020. "48434 @ repositori.usu.ac.id." [Online]. Available: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48434

"Instagram adalah Media Sosial Berbasis Foto dan Video Simak Penjelasannya Kln @ www.merdeka.com." [Online]. Available: https://www.merdeka.com/sumut/instagram-adalah-media-sosial-berbasis-foto-dan-video-simak-penjelasannya-kln.html

L. W. Evelina and F. Handayani, "Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra)," War. Iski, vol. 1, no. 1, p. 71, 2018, doi: 10.25008/wartaiski.v1i01.10.

M. A. M. Zuhri and L. Christiani, "Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas)," J. Ilmu Perpust., vol. 7, no. 2, pp. 21–30, 2019. [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22899

Muhammad Badri, "Corporate and Marketing Communication," Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Paca Sarjana Universitas Mercu Buana, Jakarta, 2011.

M. A. Ramaputra and S. Afifi, "Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram," J. Ilm. Manaj. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 16–35, 2021.

N. Hutami and F. Angeliqa, "Wacana Alternatif pada Akun Instagram @overheard di Indonesia," Ultim. J. Ilmu Komun., vol. 12, no. 1, pp. 88–109, 2020, doi: 10.31937/ultimacomm.v12i1.1483.

Rafiah and Kirana, "fe9439a2544a98507f293270f038833681fb9cc0 @ www.qiscus.com," 2019. [Online]. Available: https://www.qiscus.com/id/blog/manfaat-dan-cara-membuat-

Ridwan, Iwan Muhammad, et al., "Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan 'WAGE' Bandung," Jurnal Abdimas BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 137-142, Feb. 2019, E-ISSN: 2614-6711.

Rulli Nasrullah, "Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi," Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

S. Nurjannah, "Strategi Promosi Akun Instagram @surabaya_foodies pada Peningkatan Penjualan Kuliner," 2020. [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43518

Stephan Anderson, "Social Media Marketing 2020," Independently Published, 2022.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Ramadhanni, D. S., & Rochmaniah, A. (2024). Instagram @kokobuncit sebagai Referensi Makanan UMKM Lokal. CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2848

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.