Kekuatan K-pop Pengaruh NCT Dream Terhadap Pembelian Produk Kecantikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2984Keywords:
duta merek, pengaruh k-pop, dukungan selebriti, perilaku konsumen,, produk kecantikanAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh grup K-pop NCT Dream sebagai brand ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk Somethinc di Surabaya dan Sidoarjo, Indonesia. Mengakui meningkatnya dampak budaya populer Korea terhadap standar kecantikan lokal, penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana terhadap data yang dikumpulkan dari 60 responden melalui kuesioner terstruktur. Temuan penelitian ini mengungkapkan dampak yang signifikan dari dukungan NCT Dream terhadap perilaku konsumen, yang menunjukkan bahwa dukungan selebriti secara efektif dapat meningkatkan pengenalan merek dan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman strategi dukungan selebriti di pasar produk kecantikan Asia Tenggara.
References
[A. Fathia Az-Zahra and R. Hasanah Sudrajat, “Pengaruh Brand Ambassador Nct 127 Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic,” J. Ilmu Komun., vol. 8, no. 2, pp. 228–237, 2021.
N. Puspitasari, N. Aphrodite, and E. Sulaeman, “Pengaruh Promosi, Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Somethinc,” Maj. Ilm. War. Dharmawangsa, vol. 17, no. 1, pp. 302–314, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2943.
A. Ahdiat, “10 Serum Wajah Paling Laris di E-Commerce (Juni-Agustus 2022),” 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/28/10-serum-wajah-paling-laris-di-e-commerce-mayoritas-brand-lokal (accessed Jun. 01, 2023).
A. Dwi, “Lengkap, Daftar 23 Member NCT Beserta Profilnya,” 2022. [Online]. Available: https://seleb.tempo.co/read/1635339/lengkap-daftar-23-member-nct-beserta-profilnya (accessed Mar. 30, 2023).
A. Gofur, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepasan Pelanggan,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 37–44, 2019.
A. M. Bhara and A. R. Syahida, “Pengaruh iklan Shopee Blackpink sebagai brand ambassador terhadap minat belanja online mahasiswa,” JISIP J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 8, no. 4, pp. 288–296, 2019.
D. A. Yusuf, A. L. Tumbel, and D. Woran, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Kpop Nct Dream Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Lemonilo Di Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 10, no. 3, p. 965, 2022. doi: 10.35794/emba.v10i3.43526.
D. Hariyanto and L. N. Azizah, “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pedagang Madura Terhadap Akulturasi Budaya dan Etos Kerja Masyarakat Lokal di Pasar Larangan Sidoarjo,” Kanal J. Ilmu Komun., vol. 7, no. 1, pp. 10–16, 2019. doi: 10.21070/kanal.v7i1.
D. Hariyanto, "Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Penulis : Didik Hariyanto," 2021.
D. Indriningtiyas, “Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce Di Indonesia,” Perspekt. Komun. J. Ilmu Komun. Polit. dan Komun. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 219–230, 2022. doi: 10.24853/pk.6.2.219-230.
D. J. Osak and Y. Pasharibu, “Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness,” vol. 4, pp. 357–380, 2020.
D. Pradana, S. Hudayah, and R. Rahmawati, “Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor,” Kinerja, vol. 14, no. 1, p. 16, 2018. doi: 10.29264/jkin.v14i1.2445.
G. Zakawali, “Irene Ursula, Founder Somethinc yang Makin Glowing!,” 2022. [Online]. Available: https://store.sirclo.com/blog/bisnis-somethinc-yang-makin-glowing/ (accessed Apr. 11, 2023).
H. A. Wafiy and S. Nurfebiaraning, “Pengaruh Brand Ambassador Lucas Wayv terhadap Brand Image,” e-Proceeding Manag., vol. 7, no. 2, pp. 7295–7301, 2020.
I. Yuvita Rahma and M. Tri Lestari, “Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Terhadap Brand Image Produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken,” vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
N. Andriati, “Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri,” J. Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 1, pp. 36–42, 2015. [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939.
N. Faradasya, Cantika Indah, and Trianasari, “Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian,” e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 2, pp. 865–873, 2021.
N. Fauziah and D. A. Aziz Mubarok, “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan,” Image J. Ris. Manaj., vol. 8, no. 1, pp. 37–44, 2019. doi: 10.17509/image.v8i1.22686.
N. Lailiya, “Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia,” IQTISHADequity J. Manaj., vol. 2, no. 2, p. 113, 2020. doi: 10.51804/iej.v2i2.764.
R. C. Putong, “Jadi Model Iklan Somethinc, Intip Gaya Personel NCT Dream Berseragam SMA,” 2022. [Online]. Available: https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-5933422/jadi-model-iklan-somethinc-intipgaya-personel-nct-dream (accessed Jun. 01, 2023).
V. A. Dihni, “10 Skincare & Kosmetik Paling Diingat Penggemar Korea (Juni 2022),” 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/26/ini-produk-skincare-dan-kosmetik-paling-terkenal-di-kalangan-k-popers (accessed Mar. 17, 2023).
W. G. Sterie, J. D. D. Massie, and D. Soepono, “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado,” J. EMBA, vol. 7, no. 4, pp. 3139–3148, 2019.