Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan Online GoFood

Authors

  • Devina Finny Meitasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kukuh Sinduwiatmo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2854

Keywords:

Kualitas Layanan, Persepsi Konsumen, Pengantaran Makanan Online, Strategi Penetapan Harga, Efisiensi Operasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi konsumen terhadap kualitas layanan pengiriman makanan online dengan menggunakan metode kualitatif dan sampel bertujuan. Riset ini fokus pada persepsi konsumen terhadap kualitas layanan, terutama menganalisis efisiensi waktu dan efektivitas biaya yang difasilitasi oleh strategi promosi seperti diskon dan pengiriman gratis. Data dikumpulkan di area perkotaan yang representatif melalui wawancara dan pengamatan, dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa kualitas layanan, sebagaimana yang dipersepsikan oleh konsumen, sangat dipengaruhi oleh kecepatan layanan pengiriman dan manfaat ekonomi. Studi ini menyoroti peran kritis efisiensi operasional dan strategi penetapan harga dalam preferensi konsumen, menyarankan bahwa platform pengiriman makanan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan mengoptimalkan aspek-aspek tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang dimensi kualitas layanan dalam sektor pengiriman makanan online yang berkembang pesat.

References

A. Aziah and P. Rabita Adawia, "Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia)," Cakrawala: J. Hum. Bina Sarana Inform., vol. 18, no. 2, pp. 149–156, 2018.

A. Rizko Yulianto, "Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan," J. Ekon., vol. 20, no. 2, pp. 241–258, 2018.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo, Statistik Daerah Kabupaten Sidoarjo 2018, Kabupaten Sidoarjo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo, 2018.

D. Sulaesih Mursyidah, "Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Showroom X Kota Bandung," MBIA: J. Manag. Business, Account., vol. 20, no. 3, pp. 222–234, 2021.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Indikator Ekonomi Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021, Kabupaten Sidoarjo: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, 2021.

F. Liska Octaviani and E. Ruddy Cahyadi, "Persaingan Platform Digital Layanan Pesan Antar Makanan di Provinsi DKI Jakarta," J. Apl. Manaj. dan Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 973–984, 2022.

H. Z. Abdussamad and M. S. SIK, Metode Penelitian Kualitatif, CV. Syakir Media Press, 2021.

I. Setyawan, R. Laksono, and J. Robert Gultom, "Kualitas Layanan Last-Mile Delivery: Studi Komparasi Dua Layanan Pesan-Antar Makanan," JIUBJ: J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 3, pp. 20150–2060, 2022.

I. Wayan Gede Andy Wirawan and A. A. N. Eddy Supriyadinata Gorda, "Persepsi Pemilik Usaha Terhadap Sistem Go-Send dan Go-Food," J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 44–57, 2019.

Jamaludin, "Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Ulang Produk Kuota IM3 Ooredoo di Kota Banjarmasin," At-Tadbir: J. Ilm. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 69–80, 2020.

L. NINING, "Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu di Lazada (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STMIK Global Informatika Multi Data Palembang)," Diss. Politek. Negeri Sriwij., 2016.

L. Rono Pradopo and R. Muhammad Adhiansyah, "Analisis Strategi Kualitas Pelayanan Untuk Peningkatan Rasa Kepuasan Konsumen Pada PT Gojek (Studi Kasus Pelayanan Go Food)," JISAMAR: J. Inf. Syst. Appl. Manag. Account. Res., vol. 3, no. 3, pp. 27–32, 2019.

N. Nuriman Jayabuana, "125,000 Gerai Bergabung di Go-Food," Bisnis.com, 2018.

N. Soraya, "Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang," Tadrib, vol. 4, no. 1, pp. 183–204, 2018.

N. Yulia, "Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan," Pros. Manaj. Komun., vol. 4, no. 2, pp. 517–523, 2018.

Nurbayti, "Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta)," J. Komunikasi, Masy. dan Keamanan, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2019.

O. Gaberamos and L. Henry Pasaribu, "The Effect Of Information Quality, Customer Experience, Price, and Service Quality On Purchase Intention By Using Customer Perceived Value As Mediation Variables (Study On Gofood Applications On The Millenial Generation)," J. Mantik, vol. 5, no. 4, pp. 2470–2480, 2022.

P. Fakhriyah, "Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat di Kota Cimahi," J. Comm-Edu, vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2020.

P. Wantara and K. Khotimah, "Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Madura Pada Galery Pesona Bangkalan," Eco-Enterpereneurship, vol. 7, no. 1, pp. 64–75, 2021.

R. Buggy et al., "Studi Etnografi tentang Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pesan Antar Makanan Online di Sidoarjo," J. Manaj. dan Bisnis Sriwij., vol. 18, no. 2, pp. 121–132, 2020.

R. Mohammad Azka, "Hasil Survei: Masyarakat Pilih Ojol dan Taksol Ketimbang Transportasi Umum," Bisnis.com, 2019.

S. Alim and Z. Alpian Muhtarom, "Persepsi Wisatawan Tentang Kualitas Kenyamanan (Studi Kasus di Kawasan Mandalika)," Muslimpreneur, vol. 3, no. 1, pp. 1–21, 2023.

S. Lungsae and M. Ruslianor Maika, "Pengembangan Layanan Aplikasi Go-Jek Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan," Infomatek, vol. 23, no. 1, pp. 7–20, 2021.

S. Sadya, "Survei Indef: Gojek Pimpin Pasar Ojek Online di Indonesia," DataIndonesia.id, 2022.

S. Tua Hasibuan, Z. Musannip Efendi Siregar, and A. Harahap, "The Effect of Service Quality, Price, Customer Satisfaction on Purchase Decisions at Usman Wholesale," Budapest Int. Res. Critics Inst. J., vol. 5, no. 1, pp. 6232–6242, 2022.

S. Yoga S., "Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi," J. Al-Bayan, vol. 24, no. 1, pp. 29–46, 2018.

V. Wilistyorini and H. Sussanto, "The Effect of Product Quality, Service Quality, Price, and Trust on Purchase Decisions (Case Study on Shopeefood Users)," IJME; Int. J. Manag. Econ., vol. 1, no. 3, pp. 01–12, 2022.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Meitasari, D. F., & Sinduwiatmo, K. (2024). Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan Online GoFood. CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2854

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.