Live Streaming TikTok Meningkatkan Penjualan dan Keterlibatan Merek di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2985Keywords:
tiktok, streaming langsung, keterlibatan merek, penjualan, e-commerceAbstract
Live streaming telah menjadi media belanja online yang populer, memfasilitasi komunikasi real-time antara streamer dan penonton. Fitur live TikTok banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana produk BIOAQUA memanfaatkan live streaming TikTok untuk meningkatkan keterlibatan merek dan meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa live streaming secara signifikan meningkatkan penjualan dan pengetahuan merek dengan mendorong interaksi langsung dan hubungan emosional dengan pemirsa. Temuan ini menyoroti live streaming sebagai alat yang ampuh dalam strategi pemasaran digital untuk e-commerce.
References
A. Asirah, A. M. Sofyan, and A. M. Muin, "Upaya Penegakan Hukum Peredaran Kosmetik Ilegal Melalui E-Commerce oleh PNS BBPOM Makassar," UNES Law Review, vol. 5, no. 3, pp. 1013-1033, 2023.
A. M. Afrilia, "Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen," Jurnal Riset Komunikasi, vol. 1, no. 1, pp. 147–157, 2018.
A. N. Sa’adah, A. Rosma, and D. Aulia, "Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok," Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, vol. 2, no. 5, pp. 131-140, 2022.
A. Svart, "The use of live streaming in marketing," pp. 14-16, 2018.
A. Wongkitrungruenga and N. Assarutb, "Jurnal Riset Bisnis dengan penjual social commerce," November 2017.
C. Annur, "Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022," Databoks, Nov. 28, 2022. [Online]. Available: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/. [Accessed: Nov. 28, 2022].
D. D. Deccasari, D. Mawar, and M. Marli, "Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variabel Pada Produk the Body Shop," Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 69-88, 2022.
F. Ahmadi, "Factors Influencing Product Purchase," pp. 571–586, 2022.
I. A. Hudha, "Keterjangkauan Teknologi Informasi Dalam Live Streaming Shopping Untuk Menciptakan Minat Pembelian Pada E-Commerce Shopee," vol. 2021, 2021.
J. Kirk, M. L. Miller, and M. L. Miller, "Reliability and validity in qualitative research," Sage, 1986.
L. Hu and Q. Min, "Live commerce: Understanding how live streaming influences sales and reviews," in International Conference on Information Systems, ICIS 2020 - Making Digital Inclusive: Blending the Local and the Global, pp. 0–9, 2020.
L. Larassaty, "Resmi Hadirkan Showroom di Indonesia, Ini Deretan Produk BIOAQUA yang Viral di TikTok," Sociolla Journal, Nov. 28, 2022. [Online]. Available: https://journal.sociolla.com/beauty/produk-bioaqua-viral-di-tiktok. [Accessed: Nov. 28, 2022].
R. A. Sulistianti and N. Sugiarta, "Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok ( Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok )," Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 3456–3466, 2022.
R. Priatama, I. H. Ramadhan, A.- Zuhaida, A., A. Akalili, and F. Kulau, "Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial)," SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 18, no. 1, pp. 49–60, 2021.
S. Wang, C. Zhou, Y. Qu, S. Seni, and Hubei U. T., "Penelitian tentang Konstruksi Citra Persona dalam Live- Streaming dengan Goods — Mengambil Tiktok Live sebagai Contoh," pp. 4, 42–46, 2022.
T. Indriyani and R. Herlina, "Makna Interaksi Host dengan Penonton saat," vol. 8, no. 2, 2021.
X. Y. Xu, J. H. Wu, and Q. Li, "What drives consumer shopping in livestreaming commerce," Journal of Electronic Commerce Research, vol. 21, no. 3, pp. 144-167, 2020.
Y. N. Bulele and T. Wibowo, "Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok," Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, vol. 1, no. 1, pp. 565–572, 2020.