Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Authors

  • Ainun Jariyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Efendi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2908

Keywords:

Model Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini meneliti dampak model Pembelajaran Penemuan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin selama tahun ajaran 2022/2023. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental satu kelompok pretest-posttest, penelitian ini melibatkan sampel purposif dari 30 siswa dari total populasi 75 siswa. Tes pilihan ganda menilai indikator domain kognitif sebelum dan sesudah penerapan model Pembelajaran Penemuan. Analisis menggunakan t-test Pasangan Sederhana dalam SPSS menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif, dengan skor N-Gain rata-rata 0,7 dalam kategori sedang dan hasil t-test menunjukkan t_hitung sebesar 67.054, yang melebihi nilai t_tabel sebesar 2.045 (p < 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran Penemuan secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif, mendukung penerapan yang lebih luas dalam pendidikan sains.

References

Alam, A. (2022). … for long-term human-robot interaction: socially supportive behaviour of robotic tutor for creating robo-tangible learning environment in a guided discovery learning …. ECS Transactions. https://doi.org/10.1149/10701.12389ecst DOI: https://doi.org/10.1149/10701.12389ecst

Apriani, N. W., Doyan, A., & Sridana, N. (2020). Susilawati.(2020). The validit pf physical learning device based on discovery learning model assisted by virtual laboratory. Jurnal Penelitian Pendidikan …. https://scholar.archive.org/work/igr24l2pbnga7mu4tncf5m5wim/access/wayback/http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/download/413/276

Cintia, N.I., Kristin, F., & Anugraheni, I. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75 (2018). DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Edy Syahputra. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura, 2020, pp. 25-26.

Ehuayo, H., Jamdin, Z., & Hardiansyah, M.R. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(2), 76-81 (2022).

Hafera, E.O.P., Lahagu, K.O.S., and Hafera, A.R. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Alasa. Journal on Education, 6(1), 6088-6093 (2023).

Hafera, E.O.P., Lahagu, K.O.S., and Hafera, A.R. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Alasa. Journal on Education, 6(1), 6088-6093 (2023).

Hanum, L., Istikomah, D. A., & Jana, P. (2019). Perbandingan keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. … Education Learning and …. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/eduma/article/view/3203/0 DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3203

Hardeli, H., Yusmaita, E., Mulyani, S., & ... (2022). Validation of Discovery Learning E-Module based on Video Demonstration on Chemical Equilibrium for High School Student. Jurnal Penelitian …. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/1370 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1370

Harefa, D. PeningkatanStrategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 161-186 (2020). DOI: https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.709

Heryanto, H., Susanta, A., & Hanifah, H. Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VII Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 5(1), 131-138 (2021). DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.131-138

Hosnan. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014, p. 284.

Irawan, E. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung). PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 44-54 (2013). DOI: https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i1.2459

Ismawati, Y. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Ekskresi Di Sma Negeri 1 Semendawai Barat. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang, 2020.

Jannah, M., Khaldun, I., & Safrida, S. (2021). Application of virtual laboratory assisted discovery learning model to improve science process skills and learning outcomes in circulatory system material. Jurnal Penelitian Pendidikan …. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/470 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.470

Juhri, S. (2020). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada pembelajaran IPA. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology …. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/BE/article/view/2597 DOI: https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2597

Lestari, M., et al. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 3(4), 2015.

Minarni, A. (2019). Developing Learning Devices Based on GeoGebra Assisted Discovery Learning with SAVI Approach to Improve Motivation and Mathematical Communication of …. American Journal of Educational Research. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43339/

Montolalu, C., & Langi, Y. Pengaruh pelatihan dasar komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dengan uji-t berpasangan (paired sample t-test). d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7(1), 44-46 (2018). DOI: https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Muhammad, I., Darmayanti, R., Arif, V. R., & ... (2023). Discovery Learning Research in Mathematics Learning: A Bibliometric Review. Delta-Phi: Jurnal …. https://www.academia.edu/download/109721189/20.pdf DOI: https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i1.77

Mustopa, et al. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Edu-Sains, 9(1), 9-15 (2020). DOI: https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v9i1.12929

Muthmainnah, N. A., Sunarno, W., & ... (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Prezi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Kolaborasi Pada Materi Alat Optik. Jurnal Materi Dan …. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/80679 DOI: https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i2.80679

Nurlinsayani, E., Setiono, S., & Suhendar, S. Profil Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Metode Blended Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia: (Profile of Student Cognitive Learning Results With The Blended Learning Method in Human Respiratory System Materials). BIODIK, 7(2), 55-62 (2021). DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12813

Pahrul, Y., & Amalia, R. Metode Bermain dalam Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464-1471 (2021). DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Pratiwi, W.N., & Gayatri, P.R. Senam Otak Meningkatkan Aspek Kognitif Mahasiswa. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian, 2021.

Prihatni, Y., Kumaidi, K., & Mundilarto, M. Pengembangan instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), pp. 111-125 (2016). DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.7524

Rasyidah, A. Analisis Tingkat Kemampuan Kognitif Siswa SMP pada Bilangan Pecahan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom. Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang, 2018.

rianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Safitri, B.R.A., Astutik, F., Fikri, A.N., & Saudiah, S. Pengaruh Video Pembelajaran melalui Zenius. Net terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Madrasah Aliyah Kelas X dan XI. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 154-160 (2021). DOI: https://doi.org/10.33394/bjib.v9i1.3703

Sari, G., Gistituati, N., & Syarifuddin, H. (2019). The effect of guided discovery learning method toward students’ ability in understanding math concept. International Journal of …. http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/download/82/47

Shofiyah, N., Afrilia, I., & Wulandari, F.E. Scientific Approach and The Effect on Students Scientific Literacy. In Journal of Physics: Conference Series, 1594(1), 012015 (2020). DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012015

Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional Dan …. … and Learning. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1624673&val=11798&title=PENERAPAN%20MODEL%20DISCOVERY%20LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMATIKA%20SISWA%20SMA%20PADA%20KOMPETENSI%20PERTIDAKSAMAAN%20RASIONAL%20DAN%20IRASIONAL

Sukardi, et al. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Bioilmi, 1(1), pp. 23-29 (2015). DOI: https://doi.org/10.19109/bioilmi.v1i1.1127

Tehuayo, H., Jamdin, Z., & Hardiansyah, M.R. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII MTs Al-Anshor Ambon. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(2), 76-81 (2022). DOI: https://doi.org/10.33477/al-alam.v1i2.3226

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Jariyah, A., & Efendi, N. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Biologi, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2908

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.