Pengaruh Penanganan Bagasi yang Hilang terhadap Kepuasan Penumpang di PT Kokapura Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang

Authors

  • Muhammad Robih Naufaleanto Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Eny Sri Haryati Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjase.v1i3.2675

Keywords:

Penanganan Bagasi, Kepuasan Penumpang, Lost and Found

Abstract

Permasalahan bagasi hilang tentu sangat berdampak kepada tingkat kepuasan penumpang, dan penumpang tentu sangat merasakan bagaimana penanganan petugas yang diberikan. Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memiliki unit yang bertanggung jawab dalam segala penanganan bagasi termasuk penanganan bagasi yang hilang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah1penanganan bagasi yang hilang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan penumpang, untuk mengetahui1seberapa besar pengaruh penanganan bagasi yang hilang terhadap kepuasan penumpang di PT. Kokapura Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan pengisian kuesioner yang disebarkan kepada 80 penumpang yang pernah mengalami kehilangan bagasi sejak bulan Januari 2023 sampai dengan Januari 2024. Penulis dapat menjelaskan bahwa terdapat pengaruh penanganan bagasi yang hilang terhadap kepuasan penumpang, hal ini berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pada uji T untuk menentukan berpengaruh atau tidaknya variabel bebas terhadap variabel terikatnya, dari tabel koefisien dapat diketahui adanya keefektifan yang signifikan antara independen X (penanganan bagasi yang hilang) terhadap variabel dependen Y (kepuasan penumpang) dengan perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya, dan mendapat nilai sebesar 71,3 dan selebihnya 28,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis bahas di dalam penelitian.

References

Airport Handling Manual (AHM 810) tentang IATA Standard Ground Handling Agreement, Annex A Ground Handling Service, Section 4, Sub Section 4 (Ref AHM 18 Tahun 1998.

Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization) Bandar Udara.

Annisa, N. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pertumbuhan Pembelajaran (Balance Score Card). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(9), 61-74.

Ariessanti, H. D., Martono, M., & Widiarto, J. (2019). Sistem Pembuangan Sampah Otomatis Berbasis IOT Menggunakan Mikrokontroler pada SMAN 14 Kab. Tangerang. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 12(2), 229-240. DOI: https://doi.org/10.33050/ccit.v12i2.694

Atmadjati, A. (2014). Manajemen Operasional Bandar Udara. Deepublish.

Atmadjati, A. (2018). Sinopsis Dunia Bisnis Penerbangan Indonesia 2013 S. Deepublish.

Atmadjati. (2015). Evaluasi Pengisian Bahan Bakar Khusus Ground Support Equipment (GSE) di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sky East Education of Aviation Science and Tecnology.

Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani (IATA: SRG, ICAO: WAHS).

Diniyati, N. (2021). PENGARUH PENANGANAN BAGASI RUSAK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK PRAYA. https://digilib.sttkd.ac.id/1817/.

Fathurrachman, F. H. (2023). Pengaruh Penanganan Bagasi Rusak Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Dari PT Kokapura Avia Di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(3), 132-151. DOI: https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.234

Febryana Disastra, I. (2022). PENGARUH PENANGANAN BAGASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI CITILINK OLEH PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNAS. https://digilib.sttkd.ac.id/2652/.

Hilmy Fathurrachman, F. (2023). Pengaruh Penanganan Bagasi Rusak Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Dari PT Kokapura Avia Bandar Udara Jendral Ahmad Yani Semarang. e-journal.nalanda/jkpu/article/view/234.

Jansen, L., Weber, T., Kraaykamp, G., & Verbakel, E. (2016). Perceived fairness of the division of household labor: A comparative study in 29 countries. International Journal of Comparative Sociology, 57(1-2), 53-68. DOI: https://doi.org/10.1177/0020715216642267

Menurut (SOP Angkasa Aviasi Servis) dalam Penanganan Proses Bagasi dan Penyelesaian Irregulaties Bagasi.

Octyaninoor, S. (2021). ANALISIS PENANGANAN BAGASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI GARUDA INDONESIA PT. GAPURA ANGKASA DI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1744.

Oliver. (2014). Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog). Vol. 01 No 02.

Perhubungan, D. (2001). PP No 70 Tahun 2001 tentang Kebandarudaraan.

Setiarini, D. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS LOST AND FOUND PADA MASKAPAI LION AIR TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO BOYOLALI. https://digilib.sttkd.ac.id/1762/.

Sugiyono. (2014). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Yayasan Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2.

Sugiyono. (2015). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Pada PT Garuda Indonesia Tbk dan PT AirAsia Indonesia Tbk Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Sugiyono. (2015). PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi Vol 2 No 1 (2018). DOI: https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp106-128

Sugiyono. (2015). Pengaruh Love Of Money dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Vol4, No 2. Jurnal Nominal. DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v4i2.7998

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid & R&D. Bandung: Alfabeta. . JOLMA.

Sugiyono. (2017). Analisis Kualitas Layanan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (ipa) Pada Garuda Indonesia Bandung. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/.

Sugiyono. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Penumpang. Journal of Entrepreneurship Management and Industry.

Sugiono. (2017). Konsep Value For Money untuk Pengukuran Kinerja pada Kantor Imigrasi Pangkalpinang Vol.2, No.1. Jurnal IAKP.

Sugiyono. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Sugiyono. (2018). Analisis Pelayanan Joumpa PT. Gapura Angkasa dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Bandar Udara Internasional Husein Sastra. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No. 2 September 2022 P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta, CV. Budi Utama.

Sugiyono. (2018). Pengaruh Koordinasi Perum LPPNPI Unit Pelayanan Navigasi Penerbangan Dengan Station Meteorologi Terhadap Pelayanan Navigasi Penerbangan Di Bandar Udara Yuvai Semaring Long Bawan. https://ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/SNITP/article/view/1026.

Sugiyono. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Langit Biru Tangerang. Journal Ainarapress.

Sugiyono. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROSES PELAYANAN CHECK-IN OLEH PT.GAPURA ANGKASA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA KOMODO LABUAN BAJO. digilib.sttkd.ac.id/1736/

Sugiyono. (2019). Analisis Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pertama Terhadap Penumpang Moda Transportasi Udara di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Jurnal UPY.

Sugiyono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagasi Oleh PT. Langgeng Buana Perkasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Ground Handling Girgantara Vol 5 No 01.

Sutarwati, S. (2015). Surhanudin,“Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Angkutan Udara Mengenai Bagasi Hilang pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Adisumarmo Solo,”. J. Manaj. Dirgant, 8(77), 1-10.

Tjiptono. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe Vanilla Penyabungan . Jurnal Misi ipts.

Undang-Undang No 15 tahun 1992 tentang penerbangan dan PP No. 70 tahun 2001 tentang Kebandar Udaraan.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Naufaleanto, M. R., & Haryati, E. S. (2024). Pengaruh Penanganan Bagasi yang Hilang terhadap Kepuasan Penumpang di PT Kokapura Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pjase.v1i3.2675

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.