Aplikasi JELITA Sebagai Penunjang Pelayanan Publik Pada Era Digitalisasi Studi Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.47134/par.v2i3.4001Keywords:
Aplikasi JELITA, Pelayanan Publik, Digitalisasi, Transparansi, Efisiensi, Smart City, Kabupaten JemberAbstract
Pemerintah Kabupaten Jember mengembangkan aplikasi JELITA (Jember Layanan Informasi Terpadu dan Aplikasi) sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efisien, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan pemerintahan, seperti administrasi, kesehatan, pelaporan pengaduan, dan pembayaran online, dalam satu platform. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan dampak dari penerapan Aplikasi Jelita (Jember Layanan Informasi Terpadu dan Aplikasi) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Jember. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember sebagai bentuk inovasi digital untuk menyederhanakan birokrasi, mempercepat layanan, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam sistem pemerintahan. Fokus utama penelitian adalah bagaimana aplikasi ini mampu merespons kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, mudah, dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur (literature review). Penulis mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, laporan penelitian, dan dokumentasi terkait digitalisasi pelayanan publik serta penerapan e-government. Pendekatan deskriptif kualitatif dipilih untuk menjelaskan fenomena berdasarkan kajian teoritis dan pengalaman empiris yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Jelita memberikan dampak positif baik bagi masyarakat maupun pemerintah daerah. Aplikasi ini mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan administrasi, kesehatan, dan pengaduan secara digital tanpa harus datang langsung ke kantor. Selain itu, fitur-fitur unggulan seperti pelaporan publik, notifikasi real-time, dan integrasi pembayaran online meningkatkan efisiensi dan transparansi pemerintahan. Implementasi Jelita juga mendukung visi Kabupaten Jember dalam mewujudkan smart city yang modern, responsif, dan inklusif
References
Abdurrohman, M. I. (2024). Inovasi Tata Naskah Dinas Melalui Aplikasi Sistem Penomoran Dokumen (SINOMEN) Pada Biro Administrasi Pimpinan–Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 2(1), 79-88.
Apriliani, D., Rahman, B., & Ibrahim, I. (2021). Digitalisasi pelayanan publik (inovasi pelayanan publik berbasis android di kabupaten bangka). Jurnal Sosial dan Sains, 1(4), 260-268.
Ardinata, R. P., Rahmat, H. K., Andres, F. S., & Waryono, W. (2022). Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur [Transformational leadership as a solution for the development of the smart city concept in the society era: a literature review]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1).
Berman, A. (2024). Trustworthy AI in the public sector: An empirical analysis of a Swedish labor market decision-support system. Technology in Society, 76, ISSN 0160-791X, https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2024.102471
Deliu, D. (2024). The Role of Artificial Intelligence and Big Data Analytics in Shaping the Future of Professions in Industry 6.0: Perspectives from an Emerging Market. Electronics (Switzerland), 13(24), ISSN 2079-9292, https://doi.org/10.3390/electronics13244983
Ekram, I., Tuanaya, W., & Wance, M. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik kantor manunggal satu atap provinsi maluku. Journal of Governance and Social Policy, 3(1), 1-13.
Eprilianto, D. F., Pradana, G. W., & Sari, Y. E. K. (2020). Digital inovasi sektor publik: efektivitas kolaborasi dalam implementasi inovasi dega digital. Jurnal El-Riyasah, 10(2), 127-145.
Guan, W. (2024). How does digital government affect natural resource sustainability? A global perspective. Resources Policy, 91, ISSN 0301-4207, https://doi.org/10.1016/j.resourpol.2024.104951
Irfan, B., & Anirwan, A. (2023). Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 23-31.
Kushartiningsih, R., & Riharjo, I. B. (2021). Pengaruh akuntabilitas, transparansi dan pengawasan terhadap kinerja pelayanan publik. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(3).
Liu, S. (2024). Can government digitalization promote the urban–rural equalization of basic public services? Evidence from double machine learning. Applied Economics, ISSN 0003-6846, https://doi.org/10.1080/00036846.2024.2364113
Mahdi, R. (2020). Perpustakaan umum berbasis inklusi sosial: Apa dan bagaimana penerapannya?(sebuah kajian literatur). Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 201-215.
Maysara, M., & Asari, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Aplikasi Potensi Investasi (SIAPI) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik, 3(3), 215-226.
Palangda, L., & Dame, J. M. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Public Policy, 1(2), 273-287.
Pandapotan Damanik, S. H., Satriya Nugraha, S. H., & Fuad Nur, S. H. (2024). Hukum administrasi negara: teori, prinsip, dan praktik tata kelola pemerintahan.
Pasya, I. K., Utomo, W. H., & Sirait, B. M. (2021). Optimalisasi Penataan dan Penguatan Organisasi Guna Meningkatkan Kinerja Dalam Rangka Mewujudkan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan TNI AL. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 8(1).
Rachmatullah, N., & Purwani, F. (2022). Analisis pentingnya digitalisasi & infrastruktur teknologi informasi dalam institusi pemerintahan: E-Government. Jurnal Fasilkom, 12(1), 14-19.
Rahmawati, M. P., & Fatchuriza, M. (2022). Inovasi Pemerintah Daerah: Aplikasi Siapp Sebagai Dukungan Smart City Di Kabupaten Kendal. Journal of Government and Politics (JGOP), 4(2), 213-230.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Schenk, B. (2024). What citizens experience and how omni-channel could help–insights from a building permit case. Information Technology and People, 37(2), 944-965, ISSN 0959-3845, https://doi.org/10.1108/ITP-06-2020-0374
Sumarna, D., & Kadriah, A. (2023). Penelitian kualitatif terhadap hukum empiris. Jurnal Penelitian Serambi Hukum, 16(02), 101-113.
Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Prasadana, J. P., Perawati, S., Asbari, M., Noivitasari, D., ... & Asnaini, S. W. (2023). Pengenalan Aplikasi Pelayanan Publik Digital “Tangerang Gemilang”. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 40-49.
Wibowo, A. A., & Kertati, I. (2022). Reformasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Public Service and Governance Journal, 3(01), 01-12.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73-85.
Yanti, N. N. K. (2022). Evaluasi Kebijakan WFH Terhadap Pelayanan Publik di Indonesia. Widyanata, 19(2), 67-75.
Yunus, E. Y., Alvionita, N., Maulana, F. A., & Firmansyah, M. T. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Sistem Pemerintahan Lokal Di Era Digital. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(5), 3179-3190.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Puspa Adellia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.