Strategi Pemberdayaan Pemuda melalui Pengelolaan Objek Wisata Kampoeng Lawas di Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Authors

  • Desy Novia Lidiani Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang
  • Ilyas Ilyas Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jsd.v1i4.2357

Keywords:

Strategi Pemberdayaan, Pengelolaan Objek Wisata, Pemuda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah pemuda di masyarakat. Objek wisata Kampoeng Lawas di Desa Meteseh adalah salah satu pariwisata desa yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya pemberdayaan tersebut maka pemuda dapat meningkatkan potensinya dengan bergabung dalam pengelolaan objek wisata. Tujuan dari enelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan pemuda, metode pengelolaan objek wisata, faktor pendukung dan penghambat strategi pemberdayaan pemuda melalui pengelolaan objek wisata. Penelitian ini dalam pengumpulan data  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi pemberddayaan pemuda melalui pengelolaan objek wisata Kampoeng Lawas dilaksanakan melalui lima tahapan yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokogan, dan pemeliharaan, (2) pengelolaan objek wisata Kampoeng Lawas dilaksanakan melalui enam metode yaitu pengonsultasian dengan semua pemangku kepentingan, pengidentifikasian isu, penyusunan kebijakan, pembentukan dan pendanaan agen dengan tugas khusus, penyediaan fasilitas dan operasi, dan penyelesaian konflik kepentingan dalam masyarakat, (3) Faktor pendorong dalam pelaksanaan strategi pemberdayaan pemuda yaitu peran Karang Taruna Dusun Rowosari, kemauan untuk berkembang, keinginan dan motivasi dalam mengembangkan objek wisata. Adapun faktor penghambat dari strategi pemberdayaan pemuda yaitu kurangnya bantuan dana dari pemerintah, ketersediaan sumber daya alam, kurangnya kesadaran masyarakat akan pariwisata dan cuaca yang bisa menjadi kendala jika ingin melakukan pertemuan.

References

Abd El-Mawgod, M. M., Elghazally, S. A., Mohammed, H. M., Elkayat, M. R., & Osman, D. M. M. (2020). Views and attitudes of university students in Upper Egypt towards youth health centers. Journal of the Egyptian Public Health Association, 95(1), 24. https://doi.org/10.1186/s42506-020-00046-x DOI: https://doi.org/10.1186/s42506-020-00046-x

Adebayo, A. D., & Butcher, J. (2023). Community Empowerment in Nigeria’s Tourism Industry: An Analysis of Stakeholders’ Perceptions. Tourism Planning & Development, 20(4), 583–603. https://doi.org/10.1080/21568316.2022.2127865 DOI: https://doi.org/10.1080/21568316.2022.2127865

Andrews, J. C. (2020). Children and Online Privacy Protection: Empowerment from Cognitive Defense Strategies. Journal of Public Policy and Marketing, 39(2), 205–219. https://doi.org/10.1177/0743915619883638 DOI: https://doi.org/10.1177/0743915619883638

Andriyanti, T., Ramadany, F., & Musleh, Moh. (2023). Pemberdayaan usaha kecil menengah melalui ekowisata mangrove. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 9–17. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19752 DOI: https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19752

Angelia, N., Batubara, B. M., Zulyadi, R., Hidayat, T. W., & Hariani, R. R. (2020). Analysis of Community Institution Empowerment as a Village Government Partner in the Participative Development Process. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1352–1359. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.991 DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.991

Apollo, A., & Mbah, M. F. (2022). Engaging local youths in humanitarian response is not a matter of if but how. Journal of International Humanitarian Action, 7(1), 10. https://doi.org/10.1186/s41018-022-00118-x DOI: https://doi.org/10.1186/s41018-022-00118-x

Aryani, H. R., & Suminar, T. (2023). Community Empowerment Process Through Tourism Village Program. Indonesian Journal of Socienty Innovation Studies, 2(1).

Barbosa, H. C. (2021). Empowerment-oriented strategies to identify behavior change in patients with chronic diseases: An integrative review of the literature. Patient Education and Counseling, 104(4), 689–702. https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.01.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.01.011

Ciptaningtyas, G., Desmawati, L., & Malik, A. (2023). DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Pemberdayaan Masyarakat melalui Produksi Batik Ciprat di Desa Gumiwang Kabupaten Banjarnegara. 7, 2023–2062. https://doi.org/10.21831/diklus.v7i1.63049

Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2023). STATISTIK PEMUDA INDONESIA 2023 Volume 21, 2023 (Vol. 21). Badan Pusat Statistik.

Fadillah, R. Y., & Arbarini, M. (2022). Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang. Lifelong Education Journal, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.140 DOI: https://doi.org/10.59935/lej.v2i2.140

He, Z. (2023). Driving mechanism model of enterprise green strategy evolution under digital technology empowerment: A case study based on Zhejiang Enterprises. Business Strategy and the Environment, 32(1), 408–429. https://doi.org/10.1002/bse.3138 DOI: https://doi.org/10.1002/bse.3138

Hikmat, H. (2019). Strategi Pemberdayaan Masyarakat (Edisi Revisi). Humaniora Utama Press.

Hlungwani, P., Masuku, S., & Magidi, M. (2021). Mainstreaming youth policy in Zimbabwe – what role for rural youth? Cogent Social Sciences, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1893907 DOI: https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1893907

Kriyantono, R. (2015). Public Relations Issue and Crisis Management. Prenanda Media Group.

Maluleke, M. (2019). Using code-switching as an empowerment strategy in teaching mathematics to learners with limited proficiency in English in South African schools. South African Journal of Education, 39(3). https://doi.org/10.15700/saje.v39n3a1528 DOI: https://doi.org/10.15700/saje.v39n3a1528

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta.

Morgan, H., Parker, A., & Marturano, N. (2021). Evoking hope in marginalised youth populations through non-formal education: critical pedagogy in sports-based interventions. British Journal of Sociology of Education, 42(3), 307–322. https://doi.org/10.1080/01425692.2021.1894547 DOI: https://doi.org/10.1080/01425692.2021.1894547

Mulyawan, R. (2016). Masyarakat, Wilayah, dan Pembangunan. UNPAD Press.

Nguyen, D. A. (2019). Life-Cycle Contract Management Strategies in US Highway Public-Private Partnerships: Public Control or Concessionaire Empowerment? Journal of Management in Engineering, 35(4). https://doi.org/10.1061/(ASCE)ME.1943-5479.0000687 DOI: https://doi.org/10.1061/(ASCE)ME.1943-5479.0000687

Nurhamni, I. (2020). Pemberdayaan Pemuda Desa: Motivasi Pemerintah Ululere Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali. Jurnal Administrator, 1(1), 58–68.

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Ilmu Pengantar Pariwisata. CV Andi Offset.

Rahmawati, M., Mulyono, S. E., & Siswanto, Y. (2023). Program Desa Wisata Pasar Bahulak Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Pemberdayaan Masyarakat, 2, 2023–2129. https://doi.org/10.21831/diklus.v7i2.65921

Shifa, L. N. I., & Ilyas. (2020). Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pls, 5(2). DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v5i2.2705

Sugiama, A. G., Nurhikmah, W., Rini, R. O. P., & Wigati, E. (2023). Investigating the Essence of Recreational Accessibility and Its Effects on Satisfaction, Memories, and Loyalty of City Park Visitors. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 12(4), 1524–1541. https://doi.org/10.46222/ajhtl.19770720.447

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Refika Aditama.

Suminar, T., Raharjo, T. J., Siswanto, Y., Aslikhah, A., Markhamah, L., Azizah, W., & Saputri, A. N. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Home Industry Ramah Lingkungan pada Wisata Kampung Jawi Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 283(2). https://doi.org/10.37905/dikmas.3.2.283-290.2023

Sumodiningrat, G. (2002). Membangun Perekonomian Rakyat. Pustaka Pelajar.

Wijayatika, I., & Malik, A. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Soft Skill di UPT BLK Kabupaten Rembang. Lifelong Education Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59935/lej.v2i1.41 DOI: https://doi.org/10.59935/lej.v2i1.41

Wulandari, A. (2020). Komunikasi Pemangku Kepentingan (Stakeholder Communication). Sedayu Sukses Makmur.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Lidiani, D. N., & Ilyas, I. (2024). Strategi Pemberdayaan Pemuda melalui Pengelolaan Objek Wisata Kampoeng Lawas di Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Social Development, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/jsd.v1i4.2357

Issue

Section

Articles