Technical Skill Pijat Shiatsu Dalam Persiapan Kerja Bagi Penyandang Sabilitas Netra (Studi Kasus Panti Sosial Bina Netra Cahaya Batin Cawang, Jakarta Timur)

Authors

  • Cantika Indira Yuri Fanti Universitas Binawan
  • Mahatir Muhammad Universitas Binawan
  • Hastin Trustisari Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.47134/jsd.v3i1.4078

Keywords:

Pekerja, Disabilitas Netra, Keterampilan Teknis

Abstract

Minimnya partisipasi pekerja disabilitas di Indonesia menunjukkan bahwa penyandang disabilitas masih menghadapi tantangan besar dalam memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk mandiri dan memiliki keterampilan khusus agar mampu bersaing. Salah satu keterampilan yang relevan, terutama bagi penyandang disabilitas netra, adalah keterampilan pijat. Salah satu jenis keterampilan pijat yang banyak diajarkan adalah pijat shiatsu, yang berasal dari Jepang dan mengandalkan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk meningkatkan kesehatan.Dengan mengikuti pelatihan keterampilan pijat, penyandang disabilitas netra dapat memperoleh keterampilan teknis berupa penggunaan keahlian khusus yang dibutuhkan dalam bekerja. Hal ini mencakup kemampuan dalam melaksanakan prosedur kerja secara tepat serta menangani berbagai gangguan dalam pekerjaan. Keterampilan tersebut sangat membantu mereka dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, baik secara mandiri maupun dalam lingkungan kerja profesional. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengkaji sejauh mana keterampilan teknis yang diperoleh dari pelatihan pijat shiatsu dapat membantu disabilitas netra dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai pentingnya pelatihan keterampilan pijat shiatsu di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Batin, Cawang, Jakarta Timur sebagai salah satu solusi pemberdayaan ekonomi bagi disabilitas

References

Alifah, S. (2019). Pengembangan bakat dan kemandirian siswa difabel di panti asuhan tunanetra aisyiah terpadu ponorogo. 76.

Ardianto, S. (2011). Pengaruh Keterampilan Teknis, Keterampilan Sosial, Keterampilan Konseptual, dan Keterampilan Manajeral terhadap kinerja kepala sekolah dasar Negeri di wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.2 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jmp.v2i1.2469

Azhar, N. (2020). Keterampilan Teknis, Keterampilan Non Teknis Dan Pengalaman Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Mecha Angga Cipta Di Purwakarta). http://elibrary.unikom.ac.id/

Fanny Dermawan. (2015). Proses Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra Di Upt. Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang. 1–10.

Fina, A. (2019). Pola Pembinaan Penyandang Tuna Netra terhadap Kesejahteraan di Panti Asuhan Tuna Netra Yukartuni Kota Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/18503

Goldberg, S.E. (2019). Promoting activity, Independence and stability in early dementia (PrAISED): A, multisite, randomised controlled, feasibility trial. BMC Geriatrics, 19(1), ISSN 1471-2318, https://doi.org/10.1186/s12877-019-1379-5

Hekmawati, S. . S. M. M. . & S. A. (2020). Mengurangi Rasa Sakit Persalinan dengan Shiatsu. https://www.researchgate.net/publication/341998934

Hidayat, L. (2020). Assiative Technology pada aplikasi android untuk tunanetra. Pendidikan Luar Biasa. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB

Hidayatullah, F., & Noer, K. U. (2021). Implementasi Kebijakan Rekrutmen Tenaga Kerja Disabilitas Tunanetra di BUMD DKI Jakarta. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 406–422. https://doi.org/10.30596/delegalata.v

Kaffa, fassilimi. (2022). Pemenuhan hak atas pekerjaan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Sleman. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31193

Khasanah, S. (2022). Manajemen Program Gerbang Penyandang Disabilitas Sukses (Gendis) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Produktivitas Penyandang Disabilitas di Kabupaten Banyumas. 83–86. http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17712

Lupton, D. (2021). The COVID-19 crisis: Social Perspectives. The COVID-19 Crisis: Social Perspectives, 1-226, https://doi.org/10.4324/9781003111344

Malay, D. (2020). Efektivitas Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Life Skill bagi Penyandang Tunanetra di PSBN Kota Padang. 21(1), 1–9.

Masykur, F., & & Abdul, G. (2019). Pendidikan Penyandang Disabilitas Dalam Al-Qur’an. Pemikiran Pendidikan Islam, vol2 no 2(https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/issue/view/13), 1–23.

Muhammad, I. (2020). Peran unit pelayanan teknis pelayanan sosial tunanetra dan tunadaksa Tebing tinggu dalam meningkat kan kretivitas tunanetra dan tuna daksa.Kecamatan Padang Hilir . 1–87. xiii

Necho, M. (2020). Depression, anxiety symptoms, Insomnia, and coping during the COVID-19 pandemic period among individuals living with disabilities in Ethiopia, 2020. PLoS ONE, 15(12), ISSN 1932-6203, https://doi.org/10.1371/journal.pone.0244530

Nurohmah, S. (2019). Peran Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin Dalam Pemberdayaan Kelompok Disabilitas Di Cawang Jakarta Timur. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47703

Poerwanti, S. D. (2017). Pengelolaan Tenaga Kerja Difabel untuk Mewujudkan Workplace Inclusion. Inklusi, 4(1), 1. https://doi.org/10.14421/ijds.040101

Rahman, A. (2019). Effectiveness of a brief group psychological intervention for women in a post-conflict setting in Pakistan: a single-blind, cluster, randomised controlled trial. The Lancet, 393(10182), 1733-1744, ISSN 0140-6736, https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)32343-2

salsabiila, K. (2019). Fungsi Smartphone Pada Mahasiswa Penyandang Tunanetra Di Kampus B Universitas Airlangga. In Universitas Airlangga. http://www.lib.unair.ac.id/

Sayyidah, A. N. (2015). Dinamika Penyesuaian Diri Penyandang Disabilitas di Tempat Magang Kerja: Studi Deskriptif di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Yogyakarta. Inklusi, 2(1), 63. https://doi.org/10.14421/ijds.020104

Sinaga, R., Amsyaruddin, A., & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pijat Shiatsu Malalui Tutor Sebaya bagi Penyandang Tunanetra. Jurnal Pendidikan …, III, 30–33. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/137

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial, oktober 1 (2019). www.peraturan.go.id

Utami, W., & Budiwanti, S. (2013). Pembuatan media pembelajaran berupa KIT percobaan Pegas bagi siswa tunanetra kelas XI semester 1. http://fisika.fkip.uns.ac.id

Widhawati, M. K., Santoso, M. B., & Apsari, N. C. (2020). Ruang Kerja Inklusif Bagi Tenaga Kerja Dengan Disabilitas Fisik. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(2), 126–138. https://doi.org/10.15408/empati.v8i2.8258

Zhou, B. (2019). Caregiver-Delivered Stroke Rehabilitation in Rural China: The RECOVER Randomized Controlled Trial. Stroke, 50(7), 1825-1830, ISSN 0039-2499, https://doi.org/10.1161/STROKEAHA.118.021558

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Indira Yuri Fanti, C., Mahatir Muhammad, & Hastin Trustisari. (2025). Technical Skill Pijat Shiatsu Dalam Persiapan Kerja Bagi Penyandang Sabilitas Netra (Studi Kasus Panti Sosial Bina Netra Cahaya Batin Cawang, Jakarta Timur). Indonesian Journal of Social Development, 3(1), 9. https://doi.org/10.47134/jsd.v3i1.4078

Issue

Section

Articles