Hubungan antara School Well Being dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMKN Prigen

Authors

  • Ananda Kekasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ghozali Rusyid Affandi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2552

Keywords:

School Well-Being., Motivasi Berprestasi,, Siswa SMK

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan salah satu hal yang penting bagi siswa dalam menunjang pembelajaran yang dilakukan di sekolah guna memperoleh tujuan yang di harapkan, Motivasi berprestasi juga bisa muncul karena adanya kondisi lingkungan belajar yang baik oleh sebab itu sekolah yang baik adalah sekolah yang menerapkan school well-being dilingkungannya, Sejatinya school well-being merupakan suatu kondisi sekolah yang menyebabkan individu dapat tercukupi kebutuhan dasarnya, antara lain having, loving, being, dan health. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hubungan antara school well-being dengan motivasi berprestasi dari Siswa SMKN Prigen. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, populasi dari penelitian ini sejumlah 135 orang. Jumlah sampel ditentukan menggunakan table krejcie morgan dan didapatkan jumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil dari uji analisa pearson correlation product moment menggambarkan hubungan yang positif serta signifikan antara school well-being dengan motivasi berprestasi dengan nilai korelasi r= 0,382 dan p<0,001. Artinya menandakan bahwa semakin tinggi tingkat dari school well being siswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat motivasi berprestasi dari siswa tersebut. Penelitian ini bermanfaat bagi pihak sekolah menengah kejuruan untuk mengetahui motivasi berprestasi dengan school well- being, sehingga pihak sekolah mampu meningkatkan dari segi aspek sarana dan prasarana dan juga kualitas pelayanan kepada siswa yang pada akhirnya menjadikan sekolah tersebut menjadi sekolah yang nyaman dan tentram bagi siswa.

References

A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 1707–1715, 2022.

N. Tasya and A. P. Abadi, “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa,” Sesiomedika, pp. 660–662, 2019.

S. Suradi, “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 2, no. 4, p. 522, 2017, doi: 10.28926/briliant.v2i4.104. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104

S. Lase, “Hubungan antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP,” J. War. Ed., vol. 56, no. April, 2018.

V. Gopalan, J. A. A. Bakar, A. N. Zulkifli, A. Alwi, and R. C. Mat, “A Review of the Motivation Theories in Learning,” AIP Conf. Proc., vol. 1891, 2017, doi: 10.1063/1.5005376. DOI: https://doi.org/10.1063/1.5005376

Sujarwo, “Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran,” Jurnal.Uny.Ac.Id, pp. 1–9, 2011, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/6858/5891

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masy. 5.0, no. November, pp. 289–302, 2021.

B. Winarno, “Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta,” J. Skripsi, 2012.

H. A’yunina and Abdurrohim, “Hubungan Antara Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang,” Pros. Konf. Ilm. Mhs. Unissula, vol. 2, no. 2, pp. 889–897, 2019.

A. R. Siregar, “Motivasi Berprestasi Mahasiswa ditinjau dari Pola Asuh,” 2006.

C. N. Putrizaen, “Hubungan School Well-Being dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kekas V Sekolah Dasar,” UIN Syarif Hidayatullah, 2021.

L. Izzah, W. Kurniawan, H. R. Damra, U. Hersa Putri, L. Adewila Putri, and D. Susilawati, “Pengaruh Intervensi Pendidikan ‘Kesehatan Mental’ Dalam Meningkatkan School Well-Being Pada Remaja Di Ma Muhammadiyah Pekanbaru,” Nathiqiyyah, vol. 3, no. 1, pp. 68–85, 2020, doi: 10.46781/nathiqiyyah.v3i1.307. DOI: https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.307

Muniroh, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan School Well-Being pada Siswa,” Universitas Islam Riau Pekanbaru, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

J. W. Creswell and J. David Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 2018.

U. Karyani et al., “The Dimensions Of Student Well-Being,” Semin. Psikol. Kemanus., pp. 413–419, 2015, [Online]. Available: https://mpsi.umm.ac.id/files/file/413-419 Umi karyani.pdf

Y. Bahmi, “Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP Menggunakan Regresi Linier Berganda,” Skripsi, Fak. Mat. Dan Ilmu Pengetah. Alam Univ. Negeri Padang, 2011.

D. Kumalasari, “Teacher Versus Classmate Support: Which One Is More Important to School Well-Being of Senior High-School Students?,” vol. 399, no. Icepp 2019, pp. 61–64, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200130.081. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.081

H. Khatimah, “Gambaran School Well-Being pada Siswa Program Kelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta,” PSIKOPEDAGOGIA J. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 1, p. 20, 2015, doi: 10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485. DOI: https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485

A. Dariyo, “Peran School Well Being dan Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Psikogenes., vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.24854/jps.v5i1.490. DOI: https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.490

Ahmad, J. N. (2010). Penggunaan School Well-being Pada Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional Sebagai Barometer Evaluasi Sekolah. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora. Vol. 1.

Buchori, S., Kartadinata, S., Yusuf, S., Ilfiandra, I., Fakhri, N., & Adiputra, S. (2021). Developing A Framework Peace Education for Primary School Teachers in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(8). DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.20.8.14

Muhid, A., & Ferdiyanto, F. (2020). Stres akademik pada siswa: Menguji peranan iklim kelas dan school well-being. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 140–156. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3523 DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3523

Effendi, A. S., & Siswanti. (2016). Hubungan antara school well-being dengan intensi delinkuensi pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Semarang. Jurnal Empati, 5(April), 195– 199.

Palupi. Retno, “Pengaruh School Well-Being Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang ”Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Skripsi, 2020.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Kekasih , A., & Affandi, G. R. (2024). Hubungan antara School Well Being dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMKN Prigen. Intelektualitas Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2552

Issue

Section

Articles