Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Authors

  • Khoirotun Nida’ Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rahmania Sri Untari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2553

Keywords:

Hasil Belajar, Open-STAD, SMK

Abstract

Sebagian besar siswa tidak dapat menghubungkan antara apa yang telah dipelajari dan cara mengaplikasikan informasi tersebut dalam situasi nyata. Mereka mampu mengingat informasi dengan baik, namun kurang memahami secara mendalam mata pelajaran yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-eksperimen, desain eksperimen One Group Pretest-Posttest satu kelas diberi perlakuan sebelum dan sesudah melakukan pretest-posttest, sehingga dapat dibandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan Desain Pembelajaran Open-STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ (Teknik Komunikasi Jaringan) SMK yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Desain Pembelajaran Open-STAD terhadap hasil belajar siswa SMK memiliki pengaruh yang signifikan dengan presentase ketuntasan nilai pre-test mendapatkan hasil sebesar 39%, sedangkan presentase ketuntasan nilai post-test mendapatkan hasil sebesar 75%. Hal tersebut juga dinyatakan berdasarkan nilai rata-rata pretest < posttest dan nilai signifikansi yang didapatkan 0,000 < 0,05. Direkomendasikan pada penelitian selanjutnya adalah menggunakan kelas pembanding untuk melihat seberapa efektif dari desain  pembelajaran Open-STAD.

References

S. A. Reni, H. Praherdiono, And Y. Soepriyanto, “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online” Vol. 4, No. 3, Pp. 270–279, 2021, Doi: 10.17977/Um038v4i32021p270. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

M. Hariyanto, A. Mukhadis, And Isnandar, “Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Interaksi dalam Proses dan Hasil Belajar Mengefrais Roda Gigi Lurus pada Siswa Smk,” Teknol. Dan Kejuruan., Vol. 35, No. 1, Pp. 37–46, 2020.

V. L. P. Sutrisno And B. T. Siswanto, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasi, Vol. 6, No. 1, P. 111, 2018, Doi: 10.21831/Jpv.V6i1.8118. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

M. K. Nasution, “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” No. 1989, Pp. 9–16, 2017.

C. Febriyanti And S. Seruni, “Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. Mipa, Vol. 4, No. 3, Pp. 245–254, 2015, Doi: 10.30998/Formatif.V4i3.161. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Syaiful Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Cet. 13. Bandung, Alfabeta, 2017.

Anita Lie, Cooperative Learning. Grasindo, 2002.

R. S. Untari, F. Su, And V. Liansari, “Open Project Based Learning ( OPJBL ) Pada Animasi Dasar 2D Menggunakan Pendekatan Polya,” Vol. 9, Pp. 281–291, 2020, [Online]. Available: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Janapati/Article/View/28018/Pdf DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v9i3.28018

U. Nugroho And S. S. Edi, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses,” Vol. 5, Pp. 108–112, 2019.

J. W. Creswell, Research Design : Qualitative And Quantitative Approaches. Sage Publications, 1994.

D. T. Campbell And J. C. Stanley, Experimental And Quasi-Experimental Designs For Research. 1963.

A. Ayusya Et Al., “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi,” Vol. 2, No. 2, 2021. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

N. Komang, A. Novianti, N. Desak, M. Sri, And L. Masdarini, “Pengaruh Model Pembelajaran ( STAD ) Student Team Achievement Divisions Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Mata Ajar Singaraja,” Vol. 10, Pp. 64–73, 2019. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpkk.v10i1.22126

A. Sumartini Et Al., “Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Diponegoro Karanganyar,” Pp. 127–132, 2020.

A. A. Budiarti And A. N. Fikrati, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) Pada Materi Lingkaran Di Kelas XI Persatuan Guru Republik Indonesia Jombang Agustus 2020,” 2020.

T. Atar, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Transmisi Tenaga Listrik Kelas XI di SMK N 2 Banda Aceh,” 2019.

A. B. Rompegading, M. Safitri, and R. Irfandi, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Student Teams Achievement Division,” BIOEDUSAINS J. Pendidik. Biol. dan Sains, vol. 4, pp. 205–211, 2021, doi: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2245. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2245

A. Suwondo, “Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Division ( STAD ) Masih Mampu Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas ?,” vol. 7, no. 1, pp. 45–50, 2023.

R. Ebe, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019,” J. Akad. FKIP UNIDAYAN, no. 124, pp. 21–31, 2019. DOI: https://doi.org/10.55340/fkip.v8i1.292

S. Karmila and Efrizon, “Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika”, J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 2181–2189, 2022.

Yendrita and N. Soprina, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Terhadap Hasil Belajar Biologi,” vol. 8, no. 1, pp. 156–163, 2021. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2576

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Nida’, K., & Untari , R. S. (2024). Desain Pembelajaran Open-STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Intelektualitas Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2553

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.