Pengaruh Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto

Authors

  • Lailatul Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2551

Keywords:

Project Based Learning,, Kearifan Lokal,, Berpikir Kreatif.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design melalui replikasi dengan menggunakan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto sejumlah 217 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A, VIII-B dan kelas VIII-F sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa soal kemampuan berpikir kreatif dengan indikator berpikir lancar, luwes, originalitas, dan elaborasi. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning berbasis kearifan lokal mempengaruhi berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan pada kelas replikasi 2 bahwa nilai signifikan > taraf signifikan dan adanya peningkatan secara sedang dari diterapkannya model Project Based Learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa.

References

Sari, F., Putri, A. N., & Irawan, B. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MTs Negeri Tanjungpinang. Student Online Journal, 2(1), 377–387.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi.

Anggraini, N. F., Hindrasti, N. E. K., & Amelia, T. (2021). Identifikasi Kreativitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Student Online Journal, 2(1), 422–427.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Rindiantika, Y. (2021). Pentingnya Pengembangan Kreativitas dalam Keberhasilan Pembelajaran : Kajian Teoritik. Jurnal Intelegensia, 6(1), 53-63.

Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, S. T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5408

Agustin, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 239–244. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i2.850

Damanik, N. N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kreatif Tingkat Tinggi Pada Peserta Didik SMP. In Skripsi. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6193

Mirnawati. (2021). Analisis Keterlaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid. Skripsi.

Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Journal Of Banua Science Education, 1(1), 1–6. http://jbse.ulm.ac.id/index.php/JBSE DOI: https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.3

M, C. P. (2016). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Media Flip Chart dalam Pembelajaran IPS. Skripsi. http://repository.upi.edu/

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291 DOI: https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291

Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran)), 1(3), 192–201. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i3.192-201 DOI: https://doi.org/10.31604/ptk.v1i3.192-201

Sudirman, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Kalor Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa XI MAN Baraka. Skripsi.

Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JPM Online), 2(6), 541–552. http://e-jurnalmitrapendidikan.com DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10393

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 2(1), 48–55. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24 DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Sularso, P., & Maria, Y. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–12. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181 DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p039 DOI: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA

Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.604

Fauziah, T. R. (2018). Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Skripsi.

Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan Peringkat Pembelajaran Model Group Investigation dengan Advance Organizer untuk Meningkatkan hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian, 1(2), 83-90. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.53

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warda, A., & Sudibyo, E. (2018) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Model Discovery Learning Pada Sub Materi Pemanasan Global. E-Journal PENSA, 6(2), 238-242. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Suyidno., Susilowati, E., Arifuddin, M., Misbah., Sunarti, T., & Koranto, D. (2019). Increasing Students’ Responsibility and Scientific Creativity through Creative Responsibility Based Learning. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 9(2): 178-188. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n2.p147-157

Purwanti., Sunarno, W., Sukarmin., & Ratnasari, N. (2022). Studi Literatur Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif IPA SMP. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0.

Almuharomah, A. F., Mayasari, T., & Kurniadi E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Brpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630 DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 178-188. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1015

Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–11. Https://Ahlimediapress.Com/Index.Php?Route=Product/Product&Product_Id=232 DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.20754

Al-Mahasneh, R. (2018). The Role Of Teacher In Establishing An Attractive Environment To Develop The Creative Thinking Among Basic Stage Students In The Schools Of Tafilah Governorate According To Their Own Perspective. Journal Of Curriculum And Teaching, 7(1), 206 DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v7n1p206

Niman, M. E., & Wejang, H. E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal Berbasis Project-Based Learning. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 108-114. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i2.1378

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Azizah, L. N., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto . Intelektualitas Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2551

Issue

Section

Articles