Strategi Komunikasi Pemasaran pada Instagram (@value.consult) dalam Membangun Brand Awareness

Authors

  • Ananda Shaseria Universitas Bina Sarana Informatika
  • Maya May Syarah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Herman Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4413

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Kesadaran Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Value Consult dalam membangun brand awarenss melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam dengan informan dari pihak perusahaan, observasi terhadap aktivitas konten Instagram Value Consult dan dokumentasi berbagai konten yang diunggah pada akun Instagram Value Consult. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Value Consult menerapkan lima elemen dari teori Integrated Marketing Communication (IMC), yaitu advertising, sales promotion, public relations, interactive marketing dan event and experiences. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens serta memperkuat citra merek melalui elemen brand recognition dan brand recall. Konsistensi visual, konten edukatif, dan interaksi yang aktif menjadi faktor pendukung utama dalam membangun brand awareness di platform digital tersebut.

References

Annisa, N. Z., & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee.Ca Bouquet Sidoarjo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi, 6(4), 31–40.

Aurellia, S., & Oktavianti, R. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Brand Awareness Pembeli di Perusahaan Retail. Kiwari, 3.

Cresswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campura. Pustaka Pelajar.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV Penerbit Qiara Media.

Herlina, Rino Febrianno Boer, Nova Saha Fasadena, Adrian Kede, Muhammad Al-Muizul Kahfi, Leila Mona Ganiem, Synthia Sumartini Putri, Nelson Hasibuan, Nur Subchan, & Adzan Desar Deryansyah. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Basya Media Utama.

Jonathan, R., & Oktavianti, R. (2023). Komunikasi Pemasaran dan Brand Awareness Makanan Ringan (Studi Kasus Pada Perusahaan Tem.Peh). Prologia, 8(1).

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., Salmiah, Halim, F., Wirapraja, A., Napitupulu, D., & Simarmata Janner. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi . Yayasan Kita Menulis.

Littlejohn. (2021). Teori Komunikasi. Salemba Humanika.

Marsudin, L. O., & Marbun, S. (2023). Pengaruh Top Of Mind, Brand Recall, Dan Brand Recognition Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Sayurbox Bali. Journal Research of Management, 5(1), 83–101.

Morissan. (2021). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenamedia Group.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instargram. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1).

Mulyana, D. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi (21st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Nirwana, T. R. B., Hamidah, & Muslimin. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran MS Glow Kepada Konsumen Melalui Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 4, 1–14. https://digital-science.pubmedia.id/index.php/pssh

Rahma, V. N. (2023). Penerapan Integrated Marketing Communication Toko Kopi Padma Dalam Menarik Pelanggan. The Commercium, 7(1), 10–23.

Rohmatulloh, M. A. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Branding Awareness Poskopizio Jombang. UIN Sunan Ampel.

Riyanto, A. D. (2025). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2025.

Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). ANALISIS BRAND AWARENESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUYING DECISION MOBIL TOYOTA CALYA DI MAKASSAR. Journal of Business Administration, 1(1), 37–48.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta .

Suhada, R. R. A., & Norhabiba, F. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Brand Awareness Clasmild. Commercium, 9(1).

Sukoco, S. A., Mayasiana, N. A., & Aprilia, J. W. (2024). Pendayagunaan Media Sosial : Peralihan Strategi Pemasaran Menuju Model Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2861–2869. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3308

Tasnim, Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N ., Tanjung, R., Mistriani, N., Setiawan, Y. B., Simatupang, S., Sari, O. H., Saragih, L., Purba, B., Sari, M., & Dewi, I. K. (2021). Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Tejakusuma, S. P., & Sudarno. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatan Penjualan PT Utama Media Cemerlang. Jurnal Event Bisnis, 5(20), 104–114.

Veranita, M., Rini, S., & Ramayani, Y. (2021). Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku). Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 17(3).

Wardhana, A. (2021). Brand Management in The Digital Era (M. Pradana, Ed.). Eureka Media Aksara.

Widagdhaprasana, M., & Dahana, A. S. B. (2024). Transformasi Model Bisnis Media Di Era Digital: Dari Konvergensi ke Digitalisasi. JIKA, 11(2).

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Shaseria, A., May Syarah, M., & Herman, H. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran pada Instagram (@value.consult) dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(4), 13. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4413

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.