Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film “Dua Hati Biru”
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3552Keywords:
film, Analisis Konten, semiotika, pesan moralAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kehidupan rumah tangga. Film tersebut mengajarkan pelajaran penting tentang pentingnya komunikasi dalam hubungan dan pengaruh orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Film ini juga membantu masyarakat untuk tidak terburu-buru menikah sebelum benar-benar siap memulai kehidupan berumah tangga. Metode kualitatif menggunakan teknik analisis isi. Analisis isi adalah studi yang melibatkan diskusi mendalam tentang konten informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Harold D. Lasswell, seorang pelopor dalam analisis teknik pengkodean simbolis, secara sistematis mencatat simbol dan pesan. Namun, dalam penelitian ini, fokusnya adalah pada ide makna dua tahap, yaitu konotatif dan denotatif. Makna konotatif dalam penelitian ini adalah perjuangan Bima dan Dara di usia muda untuk menjadi orang tua, menemukan warna dalam hidup mereka, serta bertanggung jawab atas tindakan yang telah mereka ambil. Sedangkan makna denotatif adalah masalah rumah tangga yang berasal dari dalam dan luar, serta ego masing-masing pihak. Mikrostruktur mengungkapkan penggunaan bahasa yang memperjelas dan memperkuat pesan film. Makna tema film didukung oleh kata-kata, frasa, dan gambar visual yang digunakan oleh sutradara. Analisis cerita dalam film ini mencakup pengetahuan sosial yang disampaikan melalui kisahnya, yaitu konflik pernikahan dini, perbedaan dalam pengasuhan anak, kesetaraan gender, serta pentingnya keluarga dan teman. Dalam konteks sosial, analisis ini membahas bagaimana makna dari sebuah film dapat dialami oleh penonton.
References
Alfikri, Muhammad, Dan Muhammad Banu Haritsa. 2022. “Analisis Semiotika Pesan Moral Pada Film Layangan Putus (Model Roland Barthes).” Journal Analytica Islamica 11 (2): 200.
Diputra, Ryan, Dan Yeni Nuraeni. 2022. “Analisis Semiotika Dan Pesan Moral Pada Film Imperfect 2019 Karya Ernest Prakasa” 3 (2): 111–25.
Lestari, Emilika Budi. 2019. “Konsep Naratif Dalam Film Dokumenter Pekak Kukuruyuk.” Jurnal Nawala Visual 1 (1): 9–17.
Milyane, Tita Melia, Hesti Umiyati, Depi Putri, Juliastuti, Syubhan Akib, Rosy F. Daud, Dawami, Dkk. 2022. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Widina.
Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 (2).
Putra, Reza Ade. 2019. “Tantangan Media Massa Dalam Menghadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi.” Jusifo 5 (1): 1–6.
Sitasari, Novendawati Wahyu. 2022. “Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif” 19 (1): 77–84.
Brown, A. (2020). Gender equality and leadership development: The role of education. Journal of Women’s Studies, 35(2), 112-128. https://doi.org/10.1080/xxxxxx
Carter, N., & Silva, C. (2021). Women in leadership: The impact of mentorship programs on career advancement. Harvard Business Review, 42(3), 90-105. https://doi.org/10.1234/hbr.2021
Dawson, J., & Lee, K. (2022). Empowering women through education: A global perspective on leadership training. International Journal of Social Research, 29(1), 55-73. https://doi.org/10.5678/ijrs.2022
Ely, R., & Padavic, I. (2021). Rethinking leadership pathways for women: The role of higher education institutions. Academy of Management Review, 46(1), 99-120. https://doi.org/10.5465/amr.2021
Glick, P., & Fiske, S. T. (2023). Breaking barriers: Gender bias in leadership and the impact of educational interventions. Journal of Organizational Behavior, 38(4), 205-221. https://doi.org/10.7890/job.2023
Hesse-Biber, S. N. (2020). Gender equity in higher education: Challenges and solutions for leadership development. Educational Leadership Journal, 12(3), 148-165. https://doi.org/10.2345/elj.2020
Madsen, S. R. (2021). Developing female leaders: The role of education and mentorship programs in bridging the gender gap. Women and Leadership Journal, 15(2), 80-98. https://doi.org/10.4321/wlj.2021
Meyer, J. W. (2022). Educational policies and gender leadership: A comparative analysis between developing and developed nations. Global Education Review, 17(1), 42-60. https://doi.org/10.6543/ger.2022
Northouse, P. G. (2023). Leadership: Theory and practice (10th ed.). Sage Publications.
Rhode, D. L., & Kellerman, B. (2020). Women and leadership: Strategies for change in a male-dominated world. Harvard University Press.
Singh, V., & Terjesen, S. (2021). The impact of education on women’s leadership in entrepreneurship: Evidence from emerging economies. Entrepreneurship and Gender Studies, 8(3), 65-87. https://doi.org/10.7654/egs.2021
UNESCO. (2022). The role of education in promoting gender equality and women's empowerment: Global trends and case studies. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
World Economic Forum. (2023). Global Gender Gap Report 2023: The role of education in closing the leadership gap. World Economic Forum Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heru Heru, Repansyah Alifa Andanto, Wahyu Arbianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.