Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Makalah Mahasiswa Jurusan Ekonomi

Authors

  • Anella Roveriana Sitanggang Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ananda Yohana Lumban Tobing Universitas Negeri Medan
  • Dahlia Siregar Universitas Negeri Medan
  • Feffiola Destiana Margaretha Pakpahan Universitas Negeri Medan
  • Marwinda Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Wisman Hadi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2573

Keywords:

Kesalahan Bahasa, Bahasa Indonesia, Makalah Ekonomi

Abstract

Dalam menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia sering ditemukan dalam makalah mahasiswa jurusan Ekonomi. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan bahasa yang ditemukan, penyebab kesalahan tersebut, serta perbaikan sebagaimana yang semestinya digunakan. peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini menganalisis mengenai kesalahan berbahasa Indonesia yang terdapat pada makalah Mahasiswa Jurusan Ekonomi.Terdapat beberapa kesalahan pada penulisan makalah tersebut baik dari segi peletakan tanda baca, penulisan huruf kapital, penulisan huruf miring, peletakan kata depan, dan ketidakbakuan suatu kataUntuk mengatasi kesalahan berbahasa Indonesia, diperlukan kesadaran akan pentingnya menggunakan bahasa yang benar dan berkomunikasi dengan cara yang efektif. Dengan memahami aturan bahasa dan berlatih berbahasa secara teratur, kita dapat mengurangi kesalahan berbahasa dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

 

References

Adiningsih, Y., Kandiswara, M., Putri, R. M., Novana, N. N. A., Iskandar, A., Wulandari, L., & Komara, N. (2023). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada penulisan caption di media sosial Facebook. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(02). https://doi.org/10.54626/fascho.v12i02.278

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia pada generasi milenial di era industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247-251.

Eko, K. P., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada status dan komentar di Facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 1(1), 96-109. DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2605

Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia: Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.

Hafid, A., & Asriadi, M. (2023). Analisis kesalahan morfologi dalam menulis narasi siswa. pp. 7-16.

Hartati, S. (2022). Bahasaku Cheker: Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada papan iklan dan cara meminimalisir kesalahan tersebut. pp. 1-8.

Hasan, J. S. (2022). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada teks karangan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2021/2022. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics, 8(2), 179. https://doi.org/10.30872/calls.v8i2.7536 DOI: https://doi.org/10.30872/calls.v8i2.7536

Hefer, M. S., & Merlin, M. M. (2022). Kajian genolinguistik dalam analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa tulis di media sosial Facebook. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 681-692. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.173

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Hikmawati, F., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2023). Analisis kesulitan keterampilan menulis parafrase puisi ke prosa siswa kelas VI sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 10-17. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7726 DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7726

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis kesalahan berbahasa bidang semantik pada karangan teks deskripsi siswa kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1-9.

Iftinan, Q. T., & Sabardila, A. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada status dan komentar di media sosial Twitter: Analysis of language errors on status and comments on Twitter. Jurnal Bastrindo, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.29303/jb.v2i1.141 DOI: https://doi.org/10.29303/jb.v2i1.141

Jannah, M. (2020). Afiksasi (prefiks dan sufiks) dalam kolom ekonomi bisnis di koran Jawa Pos edisi Kamis 14 November 2019. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 18-25. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.874 DOI: https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.874

Kemendikbud. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kholifah, U., & Sabardila, A. (2020). Analisis kesalahan gaya berbahasa pada sosial media Instagram dalam caption dan komentar. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(3), 352-364. https://doi.org/10.14710/nusa.15.3.352-364 DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.15.3.352-364

Kusnandar, V. B. (2022). 10 negara Asia dengan pengguna terbanyak (Juli 2022). Diakses pada tanggal 26 Desember 2022, dari situs Databoks Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/06/10-negara-asia-dengan-pengguna-facebook-terbanyak-indonesia-juara-dua

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhamad, I. (2018). Pengaruh media sosial (Facebook) terhadap pola kebahasaan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun. DOI: https://doi.org/10.33387/hjp.v9i2.908

Nasution, W. A., & Mimi, R. (2023). Analisis kesalahan berbahasa referensi bahasa iklan: Kajian wacana. Jurnal Wacana, 8(2), 340-350.

Palupi, M. E. (2018). Kesalahan penulisan kata bahasa Indonesia pada kain rentang dan papan iklan di tempat umum. Jakarta: Akademi Bahasa Asing BSI. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3810

Pujiati, R. E. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada iklan politik caleg 2019 di Bojonegoro relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Bojonegoro: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro.

Rezgina, I. N. (2023). Analisis kesalahan gaya berbahasa pada sosial media Instagram dalam caption dan komentar. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 137-149. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.166

Setyawati, N. (2017). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: Teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syahputra, E., & Alvindi, A. (2022). Berlakunya perubahan ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 160-166. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3923

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada makalah karya mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 35-43. DOI: https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp35-43

Ulhaq, D., et.al. Analisis kesalahan bahasa iklan di Kota Jakarta Utara dan relevansinya sebagai bahan ajar SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pp. 376-385.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Wasmana, S. P. (2011). Penulisan karya ilmiah.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Fungsi bimbingan pengajar pendidikan agama Islam dalam membantu peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Zaidan, & Tasai. (2019). Pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Sitanggang, A. R., Tobing, A. Y. L., Siregar, D., Pakpahan, F. D. M., Silalahi, M., & Hadi, W. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Makalah Mahasiswa Jurusan Ekonomi. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2573

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)