Analisis Co-Branding Identitas Visual dalam Penataan Interior Restoran RamenYa X SushiYa di Summarecon Bandung
DOI:
https://doi.org/10.47134/dkv.v2i2.3922Keywords:
Co-Branding, Identitas Visual, Desain Interior, Restoran JepangAbstract
Fenomena co-branding dalam industri restoran semakin berkembang sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. Salah satu contoh implementasi co-branding adalah restoran RamenYa x SushiYa di Summarecon, Bandung. yang menggabungkan dua identitas visual brand dalam satu ruang Restoran. Penggabungan ini memberikan tantangan dalam merancang elemen interior yang mampu merepresentasikan kedua brand tanpa menghilangkan karakteristik masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan co-branding identitas visual pada elemen interior restoran RamenYa x SushiYa. khususnya bagaimana desain interior dapat menciptakan keseimbangan antara kedua brand tanpa kehilangan keselarasan estetika dan fungsionalitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi lapangan, dokumentasi visual, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen interior, seperti warna, material, pencahayaan, dan tata ruang, memiliki peran penting dalam menjaga konsep co-branding restoran. Desain interior yang tepat dapat mendukung integrasi kedua identitas brand tanpa mengurangi pengalaman pelanggan terhadap masing-masing konsep. Keselarasan desain menjadi faktor kunci dalam memastikan bahwa co-branding tidak hanya berfungsi secara strategis tetapi juga secara visual dalam menciptakan atmosfer restoran.
References
Aaker, D. (2003). Branding and Advertising (F. Hansen & L. B. Christensen, Eds.). Copenhagen Business School Press.
Balmer, J., & Greyser Stephen. (2003). Revealing the Corporation: Perspectives on Identity, Image, Reputation, Corporate Branding, and Corporate-level Marketing (1st ed.).
Balmer, J. M. T. (2008). Identity based views of the corporation: Insights from corporate identity, organisational identity, social identity, visual identity, corporate brand identity and corporate image. European Journal of Marketing, 42(9–10), 879–906. https://doi.org/10.1108/03090560810891055
Bitner, & Marry, J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57–71. https://doi.org/10.1177/002224299205600205
Darmaprawira, S. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya (2nd ed.). Penerbit ITB.
Kapferer, J. N. (2012). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic
Thinking (5th ed.). Kogan Page Limited.
Kotler, P. K. K. B. M. G. M. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Kurniawan, M. R. (2025). KAJIAN APLIKASI BRAND IDENTITY PADA ELEMEN DESAIN INTERIOR SPARKLE COFFEE BANDUNG. Jurnal Anala, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.46650/anala.13.1.1625.10-18
Nugrahani Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Nurcholis, M., & Hakimah, E. N. (2022). Studi Fenomenologi: Efektifitas Co-Branding dan Fanatisme sebagai Strategi Pemasaran McDonald’s pada BTS Meals. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 490–494. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2254
Raja, M. T. M., Salva, I. S., Salva Sutyaningsih, I., & Dwi Oktaviani, M. (2022). Identifikasi Persepsi Masyarakat Terhadap Penerapan Identitas Visual pada Elemen Interior Coworking Space Digital Valley. ARCADE, 129–134.
Raja, T. M. (2020). Kajian Aplikasi Brand Identity pada Elemen Desain Interior Gourmet Cafe Petitenget. Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(2), 186. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i2.451
Schmitt, B. (2012). The consumer psychology of brands. Journal of Consumer Psychology,
22(1), 7–17. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2011.09.005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohd Ridho Kurniawan, Fayzamalta Ade Finela, Lysna Esteria Natalie, Michelle Gracia Christy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.