Interaksi Guru-Murid dalam Belajar Drum di Erudite Music Course Pandaan
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2993Keywords:
pelajaran drum, komunikasi interpersonal, metode monitor telinga, pendidikan musik, penelitian kualitatif.Abstract
Studi ini mengevaluasi efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam pelajaran drum menggunakan metode monitor telinga. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan satu guru dan tiga siswa, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan menyoroti peran penting interaksi interpersonal yang efektif, seperti keterlibatan bersama, dukungan timbal balik, dan umpan balik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode monitor telinga dicatat karena efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan mengajar dan hasil pembelajaran. Wawasan ini sangat penting bagi praktisi pendidikan musik dan pembuat kebijakan yang bertujuan untuk menyempurnakan metode pengajaran alat musik untuk efisiensi dan dampak yang lebih besar.
References
A. K. Sukandar and I. W. Astika, "Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Anak dengan Pembelajaran Berbasis Kreativitas," vol. 2, no. 5, pp. 805–814, 2020.
A. Suzy and N. Khotimah, "Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak 'Melati' Bengkulu," Pekommas, vol. 18, no. 3, pp. 213–224, 2011.
E. Guanabara and K. Ltda, "Pola Komunikasi Guru dan Murid dalam Proses Pembentukan Karakter Anak di PAUD Pancaaran Berkat Baturiti Tabanan Bali," no publisher, year unknown.
E. S. Anggraini, "Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain," J. Bunga Rampai Usia Emas, vol. 7, no. 1, p. 27, 2021, doi: 10.24114/jbrue.v7i1.25783.
F. Oktavia, "Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT. Bukit Borneo Sejahtera dengan Masyarakat Desa Long Lunuk," Ilmu Komun., vol. 4, no. 1, pp. 239–253, 2016. [Online]. Available: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/03/Jurnal Fenny Oktavian (03-02-16-08-53-37).pdf
F. P. Utomo and N. W. R. Amina, "Pola Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa Group Nusa Oktav Orkestra SMA NU 1 Gresik," vol. 2, no. 3, 2022.
G. Y. Putri, "Peran Pelatih Musik pada Kegiatan Ekstrakurikuler Ansambel Musik di SDK Kolese Santo Yusup 3 Malang," Proceeding Senjuk Conf. UNESA, vol. 1, no. 1, pp. 279–291, 2019. [Online]. Available: http://proceeding.senjuk.conference.unesa.ac.id/index.php/senjuk3/article/view/25
H. Cangara, "Pengantar Ilmu Komunikasi," Pengantar Ilmu Komun., p. 242, 2006.
I. Agusta, "Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif," Pus. Penelit. Sos. Ekon. Litbang Pertanian, Bogor, vol. 02, no. 1, p. 59, 2003.
I. dkk Wekke Suardi, "Metode Penelitan Sosial," no publisher, 2019.
I. P. Sareong and T. Supartini, "Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar," J. Ilmu Teol. dan Pendidik. Agama Kristen, vol. 1, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.25278/jitpk.v1i1.466.
J. C. Ratzinger, "Musik dalam Pembelajaran," فصلنامه پژوهشهاي اقتصادي, vol. 3, no. September, pp. 773–787, 1981.
P. Software et al., "Penggunaan Software Musik Fruity Loops dalam," no journal or publisher, 2020.
R. Kadarsih, "Uk Yang," Dakwah, vol. X, no. 1, p. 65, 2009.
R. Pratama, E. Nuraeni, and R. Respati, "Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik," J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 4, pp. 1037–1044, 2021.
W. P. Pontoh, "Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di TK Santa Lucia Tuminting)," J. Komun., vol. 21, no. 2, p. 318, 2013. [Online]. Available: https://doaj.org