Persepsi Mahasiswa pada Flash Sale 12.12 Shopee
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2853Keywords:
Flash Sale,, E-commerce, Persepsi, Mahasiswa UMSIDA, Studi KualitatifAbstract
Studi kualitatif ini menggunakan Teori Persepsi Konstruktif untuk menganalisis persepsi mahasiswa UMSIDA terhadap acara Flash Sale 12.12 di sebuah platform e-commerce populer. Melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data dikumpulkan dan dianalisis mengikuti model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil menunjukkan persepsi yang secara umum positif di antara partisipan, dengan menyoroti daya tarik berbagai promosi, diskon, dan sistem pembayaran yang nyaman yang ditawarkan selama acara tersebut. Studi ini berkontribusi pada pemahaman perilaku konsumen dan implikasi untuk strategi pemasaran e-commerce.
References
A. Hidayat, "Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial," Fenomena, vol. 10, no. 1, pp. 1–22, 2018.
A. M. I. Taufik, "Pengaruh Persepsi Harga, Keterlibatan Produk, dan Tekanan Waktu terhadap Minat Beli Flash Sale di Shopee," in Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, Aug. 26-27, 2020.
A. Setiadi, "Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi," pp. 1–7, 2016.
B. Saidani, L. M. Lusiana, and S. Aditya, "Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee," Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, vol. 10, no. 2, pp. 425–444, 2019.
D. A. Harahap, "Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus," JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, vol. 9, no. 2, pp. 193–213, 2018.
D. R. S. N. Londa and G. Waleleleng, "Persepsi Mahasiswa Pada Jasa Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi)," pp. 1–13, 2019.
F. S. Noviandi, "Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keinginan Menggunakan E-Commerce Dalam Bertransaksi Online," Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2021..
Farandy, "Persepsi Konsumen Belanja Online Di Surabaya Terhadap Situs Belanja Online 'Toko Bagus' Di Internet (Studi Deskriptif Persepsi Konsumen Belanja Online Di Surabaya Terhadap Situs Belanja Online Toko Bagus Di Internet)," Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, 2012.
I. R. Servanda, P. Reno, K. Sari, and N. A. Ananda, "Peran Ulasan Produk dan Foto Produk yang Ditampilkan Penjual pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria dan Wanita The Role of Product Reviews and Product Photos Displayed by Sellers at Shopee Marketplace Against Men ’ s and Women ’ s Purchase Inter," Journal Manajemen Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 69–79, 2019.
I. Y. Fauzia, "Pemanfaatan E-Commerce dan M-Commerce dalam Bisnis di Kalangan Wirausahawan Perempuan," Journal of Business & Banking, vol. 5, no. 2, pp. 1–20, 2016.
L. Schiffman and L. L. Kanuk, "Perilaku Konsumen," Edisi Ketujuh, PT. Indeks, Jakarta, 2008.
R. M. Hadi, "Analisis Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Konsumen Dalam Belanja Online," pp. 1–6, 2021.
"5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023," Databoks, May 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023.
"Shopee Rayakan 12.12 Birthday Sale, Peningkatan Kunjungan 6 Kali Lipat pada 12 Desember," Jurnal Palopo, Dec. 2023. [Online]. Available: https://jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-433226497/shopee-rayakan-1212-birthday-sale-peningkatan-kunjungan-6-kali-lipat-pada-12-desember.
"Shopee," Shopee Indonesia, [Online]. Available: https://shopee.co.id/?gclid=CjwKCAjw67ajBhAVEiwA2g_jEEtBmst222SA8LPUz_f0kgJYDDy6rbm_pRDhayTrk-BpQC3DLxopYxoC-DgQAvD_BwE.