Penerimaan Pengguna Aplikasi Tokopedia sebagai Platform Promosi Convenience Store

Authors

  • Alvin Putra Dwi Cahyo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2852

Keywords:

Pasar online, Tokopedia, Analisis penerimaan, Ritel bahan makanan, Alat pemasaran.

Abstract

Studi deskriptif kualitatif ini menerapkan teori analisis penerimaan Stuart Hall untuk menginterpretasikan tujuan dan pesan yang disampaikan oleh aplikasi Tokopedia, yang berfungsi sebagai platform pemasaran untuk pengecer barang dagangan. Melalui analisis, dua posisi muncul: kode/posisi dominan-hegemonik dan kode/posisi dinegosiasikan. Ketidakhadiran kode/posisi oposisional menunjukkan kesepakatan bulat di antara informan mengenai kegunaan Tokopedia. Pesan promosi aplikasi menekankan kemudahan dan kenyamanan dalam interaksi produsen-konsumen, transaksi online, dan metode pembayaran. Studi ini menyoroti efektivitas Tokopedia sebagai medium pemasaran barang dagangan dan menyoroti implikasi untuk memahami perilaku konsumen di pasar online.

, Tokopedia, , 

References

A. Y. Apriadi, D. Saputra, "E-commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian," *J. RESTI Lubuklinggau STMIK Bina Nusant. Jaya*, vol. 1, no. 1, 2015.

D. Indonesia.id, "Jumlah Toko Retail Indonesia mencapai 3,61 Juta pada tahun 2021," Jul. 20, 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/jumlah-toko-retail-indonesia-mencapai-361-juta-pada-2021. [Accessed: May 09, 2023].

D. Suryadi, *Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas*. Jakarta: PT. Suka Buku, 2011.

E. Setiawan, "Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang Interprestasi," *Kbbi Online*. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/interpretasi. [Accessed: Jun. 16, 2023].

Emzir, *Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data*, 2nd ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

F. Hidayat, "Industri E-Commerce Raup Untung di Masa Pandemi," *Beritasatu.com*, Feb. 2, 2021. [Online]. Available: https://www.beritasatu.com/ekonomi/727253/industri-ecommerce-raup-untung-di-masa-pandemi. [Accessed: Apr. 07, 2023].

Febrian, "Analisis Resepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang terhadap Tayangan Iklan Televisi Layanan SMS Premium Versi Ramalan Paranormal," *The Messenger*, vol. 4, pp. 50–59, 2012.

G. Burton, *Pengantar untuk Memahami: Media dan Budaya Populer*. Yogyakarta: Jalasutra, 1999.

H. M. Andreas and M. Kaplan, "Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media," *Business Horizons*, vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010.

H. Sadili, *Ensiklopedia Indonesia*. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hove, 1984.

I. G. N. A. Lesmana, "Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL Axiata)," bachelor's thesis, Universitas Indonesia, Jakarta, 2012.

I. S. I. Pesan et al., "NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial," vol. 9, no. 2, pp. 822–827, 2022.

I.-S. & A. Strategist, "15 Marketplace Online Terbesar di Indonesia (Update 2022)," Dec. 12, 2022. [Online]. Available: https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/. [Accessed: Apr. 09, 2023].

J. C. Laudon and K. P. Laudon, *Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital*. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

L. J. Meleong, *Metodologi Penelitian Kualitatif*. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

M. Ariani, "Perkembangan dan Dampak Positif dan Negatif E-Commerce bagi UMKM Sektor Furnitur dan Konsumen," vol. 9, no. 2, 2021.

R. B. A. R. Satria, "Resepsi Mahasiswa Umsida Terhadap ‘Instagram Umsida1912’ Sebagai Media Informasi Kegiatan Mahasiswa Umsida," *Acad. Open*, vol. 5, 2021.

R. I. Prasetyo and I. B. Prasetyo, "Pemanfaatan Platform E-commerce melalui Marketplace sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang)," *J. Penelit. Manaj. Terap. (PENATARAN)*, vol. 6, no. 2, 2021.

R. J. A. Lismula, "Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat," *J. Financ. Bussiness Digit.*, vol. 1, no. 1, 2018.

S. Hall, "Encoding/Decoding" in Stuart Hall, Dorothy Hobson, Andrew Lowe, and Paul Willis (eds), *Budaya Media Bahasa: Teks Utama Pencanangan Cultural Studies 1972-1979*. Terjemahan Saleh Rahmana. Yogyakarta: Jalasutra, 2011.

Sfr, "Tokopedia Jadi Jawara e-Commerce RI Kuartal I 2022," *CNN Indonesia*. [Online]. Available: https://app.cnnindonesia.com/. [Accessed: Apr. 14, 2023].

G. Ernestivita, "Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model," vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2020.

Sumanto, *Psikologi Umum*. Yogyakarta: CAPS, 2014.

A. Rahman, *Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam*. Jakarta: Kencana, 2004.

D. Mulyana, *Ilmu Komunikasi*. Bandung: PT Rosda Karya Offset, 2015.

I. Agung et al., "Jurnal Inovasi Penelitian," vol. 1, no. 2, 2020.

S. Kasus, D. I. Pasar, T. Cikurubuk, and K. E. C. Mangkubumi, "Analisis Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan di Kota Tasikmalaya," *Ammar Aiman*, Universitas Padjadjaran, Email: [email protected].

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Dwi Cahyo, A. P., & Rochmaniah, A. (2024). Penerimaan Pengguna Aplikasi Tokopedia sebagai Platform Promosi Convenience Store . CONVERSE Journal Communication Science, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2852

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.