Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Hambatan Samping Jalan
DOI:
https://doi.org/10.47134/scbmej.v1i4.3149Keywords:
Hambatan Samping, Kecepatan Kendaraan, Kendaraan Keluar-masuk, Kinerja Ruas JalanAbstract
Tata guna lahan dengan arus lalu lintas yang cukup tinggi seringkali menyebabkan kepadatan arus lalu lintas terutama pada jam – jam sibuk. Pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Kapten Mulyadi Kota Surakarta dan mencari hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan pada saat weekdays dan weekends. Data yang digunakan yaitu geometri jalan, arus lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan kinerja lalu lintas menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) dan dilakukan analisis regresi linier untuk mengetahui hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis kinerja ruas Jalan Kapten Mulyadi menggunakan PKJI 2023 menunjukkan kinerja yang masih baik, dengan nilai derajat kejenuhan tidak lebih dari 0,83. Berdasarkan hasil analisis regresi, pada hasil nilai p didapatkan hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan pada jalan Kapten Mulyadi yaitu kendaraan keluar-masuk.
References
Aldeen, A. S. (2023). Safety Comparison of Simple and Spiral Horizontal Curves Based on Side Friction Factor Dynamic Modeling. Journal of Advanced Transportation, 2023. https://doi.org/10.1155/2023/7954346 DOI: https://doi.org/10.1155/2023/7954346
Anonim (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
Arsyi, Janity. 2018, Analisis Pengaruh Aktivitas Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Desa Kapur, JeLAST, vol.1, no.1, hlm. 10-12.
Botes, W. (2023). Real-time lateral stability and steering characteristic control using non-linear model predictive control. Vehicle System Dynamics, 61(4), 1063–1085. https://doi.org/10.1080/00423114.2022.2057334 DOI: https://doi.org/10.1080/00423114.2022.2057334
Chen, Y. (2022). Setting the speed limit for highway horizontal curves: A revision of inferred design speed based on vehicle system dynamics. Safety Science, 151. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105729 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105729
Departemen Pekerjaan Umum. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Hidayat, Adib Wahyu. 2020, Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Depan Pasar Mayong Jepara). INERSIA, Vol. 16, no.2, hlm. 171–178. DOI: https://doi.org/10.21831/inersia.v16i2.36902
Lee, H. (2022). Development of Collision Avoidance System in Slippery Road Conditions. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 23(10), 19544–19556. https://doi.org/10.1109/TITS.2022.3168668 DOI: https://doi.org/10.1109/TITS.2022.3168668
Lenzo, B. (2021). Yaw Rate and Sideslip Angle Control through Single Input Single Output Direct Yaw Moment Control. IEEE Transactions on Control Systems Technology, 29(1), 124–139. https://doi.org/10.1109/TCST.2019.2949539 DOI: https://doi.org/10.1109/TCST.2019.2949539
Li, Z. (2022). Integrated Longitudinal and Lateral Vehicle Stability Control for Extreme Conditions With Safety Dynamic Requirements Analysis. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 23(10), 19285–19298. https://doi.org/10.1109/TITS.2022.3152485 DOI: https://doi.org/10.1109/TITS.2022.3152485
Marunsenge, Gallant Sodakh. 2015, Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja pada ruas jalan panjaitan. Jurnal Sipil Statik, Vol. 03 (No. 8), 571 - 582.
McShane, W.R., Roess, R.P., and Prassas, E.S. (2004). Traffic Engineering (3rd ed). Prentice Hall, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.
Nangaro, Militya Christi. 2022, Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan, Jurnal Sipil Statik, Vol. 10 (No. 1), 13-28
Ord, J.K., & Fildes, R. (2012). Principles of Business Forecasting (2nd ed). South-Western Cengage Learning.
Parrung, Ariel Risa. 2023, Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Dr. Ratulangi Kota Makassar, Jurnal Teknik Sipil UKIPaulus-Makassar, Vol. 5 Issue 3 DOI: https://doi.org/10.52722/pcej.v5i3.721
Rauf, Herman. 2015, Analisis kinerja lalu lintas akibat besarnya hambatan samping terhadap kecepatan menggunakan regresi linier. Jurnal Sipil Statik, Vol. 03 (No.10), 669 - 684.
Sivaramakrishnan, P. (2023). Methods to introduce floating bridge motion and wind excitation on a model for the investigation of heavy vehicle dynamics. Applied Mathematical Modelling, 117, 118–141. https://doi.org/10.1016/j.apm.2022.11.038 DOI: https://doi.org/10.1016/j.apm.2022.11.038
Song, R. (2022). Estimation of Vehicle Sideslip Angle based on Modified Sliding Mode Observer and Recurrent Neural Network. 2022 7th Asia-Pacific Conference on Intelligent Robot Systems, ACIRS 2022, 135–139. https://doi.org/10.1109/ACIRS55390.2022.9845624 DOI: https://doi.org/10.1109/ACIRS55390.2022.9845624
Tamin O.Z. 1991, Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas, Jurnal Teknik Sipil, , Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Tamin, O. Z. 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi : Contoh Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung.
Tamin, O. Z. 2008. Pemodelan Transportasi Teori dan Praktek. Bandung: Institut Teknologi Bandung
Winayati. 2016, Analisis pengaruh kecepatan dan hambatan samping terhadap kapasitas jalan. Universitas Lancang Kuning, 114 – 124.Suwahyono, N. (2004). Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, LIPI.
Zhang, Z. (2022). An estimation scheme of road friction coefficient based on novel tyre model and improved SCKF. Vehicle System Dynamics, 60(8), 2775–2804. https://doi.org/10.1080/00423114.2021.1928247 DOI: https://doi.org/10.1080/00423114.2021.1928247
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chaerunnisa Tita Amanda, Tuti Agustin, Amirotul Musthofiah Hidayah Mahmudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.