Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Lawe Sigala Gala-Suka Dame dengan Analisis Sensitivitas
DOI:
https://doi.org/10.47134/scbmej.v1i3.2507Keywords:
Kelayakan Ekonomi, Producer Surplus, Analisis SensitivitasAbstract
Analisis sensitivitas adalah sebuah analisis yang dilakukan untuk mengetahui perubahan dalam dasar-dasar perhitungan biaya dan manfaat pada sebuah proyek, yang meliputi kenaikan biaya-biaya, seperti biaya konstruksi, biaya bahan baku, biaya produksi, penurunan produktivitas, mundurnya jadwal pelaksanaan proyek, Analisa Producer Surplus merupakan parameter evaluasi kelayakan proyek, dalam hal ini keuntungan (benefit) yang digunakan adalah semua surplus yang dinikmati oleh produsen barang dan jasa yang dijual dalam daerah pengaruh proyek. Dengan melakukan analisis Producer Surplus maka akibat yang mungkin terjadi dari perubahan-perubahan produksi hasil tanam pada lokasi proyek atau akibat dari pembangunan ruas jalan baru tersebut dapat diketahui. Dalam menganalisis kelayakan ekonomi dilakukan analisa cash flow dari masing-masing kriteria kelayakan ekonomi. Kriteria ekonomi dengan discount rate yang dihitung adalah 10%, 12% dan 15%, Untuk itu perlu dilihat sejauh mana manfaat kelayakan ekonomi, peningkatan produksi akibat pembangunan proyek dan perubahan terhadap parameter BCR, NPV dan EIRR akibat analisis sensitivitas dengan melakukan skenario kondisi awal (normal); skenario komponen biaya + 10% & komponen manfaat tetap; skenario komponen biaya + 15% & komponen manfaat tetap; skenario komponen biaya + 20% & komponen manfaat tetap; skenario komponen biaya tetap & komponen manfaat – 10%; skenario komponen biaya tetap & komponen manfaat – 15%; skenario komponen biaya tetap & komponen manfaat – 20%; skenario komponen biaya + 10% & komponen manfaat – 10%; skenario komponen biaya + 15% & komponen manfaat – 15%; skenario komponen biaya + 20% & komponen manfaat –20%. pada pembangunan jalan Lawe Sigala Gala – Suka Dame (with project).
References
Badan Pusat Statistik. (2023). Aceh Tenggara Dalam Angka. Kutacane, Aceh Tenggara, Propinsi Aceh;
Badan Pusat Statistik. (2023). PDRB ( Produk Domestik Regional Bruto Untuk Kabupaten Aceh Tenggara. Kutacane, Aceh Tenggara, Propinsi Aceh;
Bukhari R. A., and Sofyan M. Saleh. 2002. Rekayasa Lalu Lintas I, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.;
David A. Hensher, Frank W. Milthorpe, Nariida C. Smith, and Peter O. Barnard. (1988). Urban Tolled Roads and The Value of Travel Time Savings. Sydney: Graduate School of Business, University of Sydney;
Departemen PU. (2005). Pedoman Konstruksi Dan Bangunan Tentang Pra Studi Kelayakan Proyek Jalan Dan Jembatan. PU Jakarta;
Dinas Bina Marga Aceh Tenggara. (2018). Gambar Rencana Pembangunan Jalan Lawe Sigala – Suka Dame. PU. Bina Marga Aceh Tenggara;
Dinas Bina Marga Aceh Tenggara. (2018). Peta Jaringan Jalan Kabupaten Aceh Tenggara. PU. Bina Marga Aceh Tenggara;
Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara. (2022). Pertumbuhan Pertanian Dan Perkebunan Kecamatan Lawe Sigala - Gala. Kutacane, Aceh Tenggara, Propinsi Aceh;
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Marga. Direktorat Jenderal Bina Marga;
Hensher D.A,. et al. (1988) Urban Tolled Roads and The Value of Travel Time Savings, Institute of Transpot Study Working Paper No. 47 Graduate School of Business, University of Sydney;
J Harja et al (2020) IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 933 012048, The feasibility construction of Alas-Pedesi bridge in Kuta Cane Southeast Aceh district based on the analysis of the transportation economic value, The 2nd Aceh International Symposium on Civil Engineering (AISCE) DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/933/1/012048
Jetno Harja, (2023), Feasibility Study Of Road Construction Lawe Sigala Gala – Suka Dame With Producer Surplus Analysis, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 3 Tahun 2023 Page 4116-4128 E-ISSN2807-4238andP-ISSN2807-4246 Website:https://jinnovative.org/index.php/Innovative
MKJI, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
PCI. 2000. Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan.;
PU, Balitbang. (2006). Pedoman Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan, Pd T- 15-2005-B.;
PU, Departemen. (2005). Pedoman Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan Bagian I: Biaya Tidak Tetap (Running Cost), Departemen PU Jakarta.;
Suryaningsih. 2010. “Kajian Ekonomi Relokasi Jalan Dan Jembatan Pada Ruas Jalan Tabanan – Antosari” ,Tesis;
Soekartawi, (2002), Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, PT. Raja Grafindo Persada, 2002, Jakarta;
Setijowarno & Frazila (2001 : 262), Pengantar Sistem Transportasi, Universitas Katolik Soegijopranata, Semarang.;
Soedirjo, (2002), Karaketristik Dasar Lalu Lintas, Jakarta.;
Tamin, Ofyar Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan Dan Rekayasa Transportasi, ITB, Bandung. Bandung: ITB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jetno Harja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.