Efektivitas Token Economy terhadap Kedisiplinan Waktu pada Mahasiswa: Studi SSR

Authors

  • Ishomudin Al Aziz Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Shelin Tians Nawansih Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Muhammad Jamaluddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4327

Keywords:

Kedisiplinan , Disiplin Waktu, Token Economy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari pemberian token ekonomi terhadap kedisiplinan waktu pada mahasiswa. Kedisiplinan waktu merupakan salah satu bentuk sikap yang dapat dibentuk melalui pembiasaan dan penguatan. Penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research dengan model A-B pada satu subjek dengan kecenderungan terlambat masuk kelas. Fase baseline dilakukan selama 5 hari tanpa intervensi dan fase intervensi selama 5 hari dengan token ekonomi. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan konsep pre dan post. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan berdasarkan skor kedisiplinan fase baseline dan intervensi. Meskipun perubahan belum stabil, hasil ini menunjukkan indikasi intervensi yang berdampak positif terhadap perilaku disiplin subjek.

References

Agustina. (2018). “Pengaruh Teknik Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santriwati” (Skripsi-UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2018.

Akbar, R., Siroj, R. A., Afgani, M. W., & Weriana. (2023). Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474.

Aulia, D., Yulianti, N., & Saputri, S. W. D. (2022). Pengaruh Penerapan Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 104- 110. https://doi.org/10.29210/021585jpgi0005

Febriani, N., Widodo, P. B., & Kristiana, I. F. (2013). Hubungan Antara Kualitas Kehidupan Sekolah Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas Berpindah Pada Kelas XII SMAN 3 Semarang. Jurnal Psikologi, 12(2), 152–163. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/8834

Fitri, A., Rahim, R., Nurhayati, Aziz, Pagiling, S. L., Natsir, I., Munfarikhatin, A., Simanjuntak, D. N., HUatgaol, K., & Anugrah, N. E. (2023). Dasar-dasar Statistika untuk Penelitian. Yayasan Kita Menulis. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4882/1/Anisa %2C Buku Dasar-dasar Statistika untuk Penelitian.pdf

Mamonto, S., Wahidin, D., Laila, I. N., Pratama, I. P. D. M., Junaedi, A. T., Saimima, M. S., Khotim, N. S., Gojali, J. A., Sudarmo, Renaldo, N., & Adityawati, I. A. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. In Sustainability (Switzerland) (1 ed., Vol. 11, Nomor 1). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y

Maradona, M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. Basic Education, 5(17), 1–619.

Misriadi. (2021). Pembentukan Karakter Disiplin Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah Batusangkar. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Neuman, S. B., & McCormick, S. (1995). What is single-subject experimental research?In Single-Subject Experimental Research: Applications for Literacy

Nourbakhsh, M., & Ottenbacher, K. (1994). The statisticalanalysisofsinglesubjectdata:a comparativee examination. Phys Ther 74;768-76.

Purwanto, N., Budiyanto, & Suhermin. (2022). Theory of Planned Behavior: Implementasi Perilaku Electronic Word of Mouth pada Konsumen Marketplace (1 ed.). CV. Literasi Nusantara.

Putri, A. A., Nabila, N., & Muhammad, J. (2024). Efektivitas Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Mahasiswa Psikologi Uin Malang Angkatan 021. Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 4(1).

Qoriah, V. F. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Di Mi Al Islam Kartasura Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Radjah, C. L., Utami, N. W., Simon, I. M., & Rachmawati, I. (2021). Bentuk-Bentuk Reinforcement dan Punishment untuk Pembentukan Perilaku Siswa di Kabupaten Malang. Jurnal KARINOV, 4(2), 94–100. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/19582

Ramadhan, B. M. (2020). Pengaruh Konseling Sebaya dengan Teknik Token Economy Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anggota UKM Resimen Mahasiswa Angkatan 202 Harimau Sumatera UIN Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Riadi, M. (2022). Token economy (Pengertian, prinsip, dan tahapan pelaksanaan). Kajian Pustaka.https://www.kajianpustaka.com/2022/06/token-economy.html

Risma, S. W., & Arifyanto, A. T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal BENING, 4, 87–98.

Riyadi, D. (2023). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Menjaga Kebersihan. Maddah: Jurnal Komunikasi Dan Konseling .... https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/2699

Rizki, T. M. & Muhidin, S. A. (2017). Dampak disiplin belajar dan konsep diri dalam prestasi belajar kognitif sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1).

Senen, A. (2024). “Penggunaan ‘ Metode Token Ekonomi ’ Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa Kelas III” 8 (6): 2073–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6400.

Setyawan, D. A. (2021). Hipotesis Dan Variabel Penelitian. In Tahta Media Group.

Sugiharjo, A. (2014). Meningkatkan Disiplin Waktu Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 16.

Suntoro, C. K. (2024). Memaknai Perilaku Manusia dan Lingkungannya Melalui Teori Behavioristik. https://ikom.fisipol.unesa.ac.id/post/memaknai-perilaku-manusia-danlingkungannya-melalui-teori-behavioristik

Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia.

Trosclair‐Lasserre, N. M., Lerman, D. C., Call, N. A., Addison, L. R., & Kodak, T. (2008). Reinforcement Magnitude: an Evaluation of Preference and Reinforcer Efficacy. Journal of Applied Behavior Analysis, 41(2), 203–220. https://doi.org/10.1901/jaba.2008.41-203

Utomo, M., & Kartiko, D. C. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Kelas SMA Negeri 1 Soko). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2), 434–442.

Yumni, A. (2019). Keteladanan Nilai Pendidikan Islam yang Teraplikasikan. IX(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Al Aziz, I., Nawansih, S., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Token Economy terhadap Kedisiplinan Waktu pada Mahasiswa: Studi SSR . Jurnal Psikologi, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4327

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.