Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa BPI

Authors

  • Jihan Fahrial Fabelita Putri Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Adhwaa Afrilya Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Halimatussa'diyah M. Ramba Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fitriani Tri Wulan Dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dhiya Khansa Zhafira Suharyo Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4309

Keywords:

Konformitas, Teman Sebaya, Gaya Hidup, Mahasiswa, Bimbingan, Penyuluhan Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh konformitas teman sebaya terhadap pola hidup mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan desain korelasional, penelitian ini melibatkan 30 partisipan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dengan kriteria memiliki tingkat interaksi tinggi dengan teman sebaya dan terpapar pada tren sosial yang ada. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup mahasiswa. Nilai R Square sebesar 0,624 menunjukkan bahwa 62,4% variasi dalam gaya hidup mahasiswa dapat dijelaskan oleh konformitas dengan teman sebaya, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini. Uji ANOVA menunjukkan bahwa model regresi adalah signifikan, dengan nilai F sebesar 110,997 dan signifikansi p = 0,000. Koefisien regresi yang mencapai 0,420 dengan nilai signifikansi p = 0,000 mengindikasikan adanya hubungan positif antara konformitas dan gaya hidup, di mana semakin tinggi tingkat konformitas, semakin besar kemungkinan mahasiswa menyesuaikan gaya hidup mereka dengan kelompok sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa tekanan sosial dari teman sebaya, baik melalui interaksi langsung maupun di media sosial, berperan penting dalam membentuk pola hidup mahasiswa BPI. Keadaan ini menunjukkan perlunya perhatian lebih dari lembaga pendidikan untuk membina karakter mahasiswa agar mereka dapat menyeimbangkan tuntutan sosial dengan nilai-nilai Islam yang dianut. Penguatan identitas diri, pemahaman akan nilai, serta pembinaan lingkungan sosial yang sehat adalah langkah penting untuk mendukung mahasiswa agar tetap berpegang pada prinsip hidup Islami di tengah pengaruh konformitas yang kuat.

References

Anggraeni, N. H., & Istiqomah. (2022). Fenomena konformitas normatif pada generasi Z: Antara tren media sosial dan identitas diri. Buletin KPIN https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1724

Asch, S. E. (1951). Effects of group pressure upon the modification and distortion of judgments. In H. Guetzkow (Ed.), Groups, leadership and men (pp. 177–190). Carnegie Press.

Brown, B. B. (2004). Adolescents’ relationships with peers. In R. M. Lerner & L. Steinberg (Eds.), Handbook of adolescent psychology (2nd ed., pp. 363–394). Wiley.

Capuano, A., & Chekroun, P. (2024). Virtual conformity in the digital era: The role of online majority pressure in behavioral decisions. Journal of Social Psychology and Media Behavior, 12(1).

Cialdini, R. B., & Goldstein, N. J. (2004). Social influence: Compliance and conformity. Annual Review of Psychology, 55, 591–621. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.55.090902.142015

Deutsch, M., & Gerard, H. B. (1955). A study of normative and informational social influences upon individual judgment. The Journal of Abnormal and Social Psychology, 51(3), 629–636. https://doi.org/10.1037/h0046408

Djamarah, S. B., & Sabri, M. (2006). Psikologi perkembangan. Rineka Cipta.

Farihah, S., & Istiqomah. (2025). Peran konformitas dalam pembentukan gaya hidup remaja. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 22–30. https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/view/2543/3140

Featherstone, M. (2010). Consumer culture and postmodernism (2nd ed.). Sage Publications.

Hiriyanti, H., & Nugraha, J. A. (2024). Pengaruh media sosial, konformitas teman sebaya, dan lifestyle terhadap berperilaku konsumtif pada mahasiswa. La Zhulma: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 17–25.

Hwang, Y., & Lee, H. (2022). Peer influence and social media exposure in shaping college students’ lifestyle choices. Journal of Youth and Adolescence, 51(2), 410–425.

Kelman, H. C. (1958). Compliance, identification, and internalization: Three processes of attitude change. Journal of Conflict Resolution, 2(1), 51–60.

Natawijaya, D. (2022). Pengaruh media sosial dan konformitas terhadap gaya hidup dan perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Siliwangi [Skripsi, Universitas Siliwangi].

Nuryami, E., Supriyadi, A., & Latifah, R. (2024). Metodologi penelitian: Menguasai pemilihan dan penggunaan metode. CV Adanu Abimata.

Rahayu, P. D. (2021). Pengaruh konformitas terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa di era digital [Skripsi, Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/4927/

Robbins, S. P. (2017). Organizational behavior (17th ed.). Pearson.

Santrock, J. W. (2018). Adolescence (17th ed.). McGraw-Hill Education.

Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi UB PGRI. ECONBANK: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 140–150. https://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id/jurnal/index.php/econbank/article/view/42

Seneru, W., Fajriah, N., & Syahrani, I. (2014). Psikologi sosial: Teori dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kencana.

Setiawan, R., & Astuti, W. (2023). Konformitas teman sebaya dan perilaku konsumtif mahasiswa generasi Z di era digital. Jurnal Psikologi Sosial Indonesia, 8(1), 55–66.

Suci, A. M., & Fitriana, R. N. (2022). Konformitas terhadap teman sebaya dan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(2), 85–95. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/11190

Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep diri dan konformitas pada perilaku konsumtif remaja. Penerbit NEM.

Wirda Rahmatillah. (2023). Hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap sopan santun siswa terhadap guru di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi [Skripsi, Universitas Jambi].

Yusnita, A., & Kurniawati, D. (2021). Gaya hidup hedonis mahasiswa dan pengaruh lingkungan pertemanan. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 15(2), 88–95.

Yusuf, S. (2000). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Putri, J., Afrilya, A., Ramba, H., Dari, F., & Suharyo, D. (2025). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa BPI. Jurnal Psikologi, 2(4), 10. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4309

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.