Efektivitas Teknik Pemberian Reward untuk mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang

Authors

  • Izza Afkarina Firnanda Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rohmi Hidayati Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Jamaluddin Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3710

Keywords:

Modifikasi Perilaku, Efektivitas, Prokrastinasi, Akademik, Eksperimen

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat efektivitas pemberian reward untuk mengurangi kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik yang banyak dialami oleh mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain experimental one group pre test-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dapat mempengaruhi dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil pengolahan data dan Uji hipotesis dengan menggunakan paired sample T- test untuk membandingkan rata-rata hasil dari pre test dan post test subjek, menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,009<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari hasil pre test dan post test yang artinya ada hubungan antara pemberian reward dengan perilaku prokrastinasi.

References

Azzahra, Dkk. (2022). Self Management untuk Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik: Studi Kepustakaan. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling 6(2), 92-103.

Diana Mutiah. (2016). Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10 (2).

Eko Setyanto ( 2013) Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi . Vol.3, No.1.

Ersa Indrianingrum (2020). Pengaruh Flow, Self-Compassion, dan Autonomy-Supportive Teaching Style Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Mata Kuliah Psikologi Kepribadian, Skripsi, Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah

Ghufron, M. Nur., & Risnawati, Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ARRUZZ Media

Kusnul Ika.S & M.As’ad Djalali (2013) Manajemen Waktu, Efikasi dan Prokrastinasi. Pesona Jurnal Psikologi Indonesia . Vol.2, No.3, hal 217-222.

Muhammad Syukur, A.Octamaya Tenri Awaru, & Megawati . (2020) Fenomena Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Neo Societal . Vol.5, No.4, hal. 374-380.

Sandra K.I, Djalali M.A. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2 (3), 217-222.

Suhardianto, Pratitis N. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak, dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP: Riset Aktual Psikologi, 10 (2), 204-223.

T. Dicky Hastjarjo. (2016). Meluruskan Konsep Kondisioning Operan. Buletin Psikologi. 19 (1), 38-43.

Westri, Prima (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmadu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling.

Yuliana Lu & Yenni Ana Hamu (2022) Teori Operant Conditioning Menurut Burrhusm Frederic Skinner. Jurnal Arrabona: Jurnal Teologi dan Misi. Vol.5, Nomor 1.

Yuliana Lu dan Yenni Ana Hamu. (2022). Teori Operant Conditioning Menurut Burrhus Frederic Skinner. Jurnal Arrabona: Jurnal Teologi dan Misi. Vol. 5. No. 1.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Firnanda, I. A., Hidayati, R., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Teknik Pemberian Reward untuk mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Jurnal Psikologi, 2(2), 10. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3710

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.