Efektivitas Teknik To-Do List terhadap Time Management Mahasiswa Psikologi UIN Malang dalam Belajar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3136Keywords:
Time Management, To-do List, Teknik BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik to-do list terhadap time management mahasiswa psikologi UIN Malang. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas D jurusan psikologi UIN Malang yang dipilih dengan menggunakan kuesioner time management sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala manajemen waktu. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Paired Samples Test dari data pretest dan posttest dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari perlakuan yang telah diberikan dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) skor pretest dan posttest (0.001 krg dr 0.05) yang membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari perlakuan menggunakan teknik to-do list dilihat dari perbandingan pretest dan posttest.
References
Andryani, N., Aspin, & Silondae, D. P. (2022). Manajemen waktu dengan self-regulated learning. Jurnal Sublimapsi, 3(2), 141–149.
Balaka, Y. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Penerbit Widina.
Daft, R. L. (2010). Era baru manajemen (E. Tanujaya, Ed., 9th ed.).
Dimas, A. (2023). The effect of self-regulated learning on critical thinking skills and learning outcomes: Pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. SOLIDARITY: Journal of Social Studies, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.35719/solidarity.v3i1.82 DOI: https://doi.org/10.35719/solidarity.v3i1.82
Ghimby, A. D. (2022). Pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091-2104.
Juniar, N. (2024). Studi literatur: Pengaruh self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Jendela: Jurnal Pendidikan Elaborasi Athirah, 1(1), 17-24.
Lubis, R. (n.d.). Psikologi eksperimen. Universitas Medan Area.
Mulyani, M. D. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1).
Novitasari, K. (2017). Pengaruh self efficacy dan time management terhadap prokrastinasi akademik pada musyrif/ah Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Fakultas Psikologi UIN Malang.
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8, 738–749. https://doi.org/10.30872/psikoborneo DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578
Pratama, F. W. (2017). Peran self-regulated learning dalam memoderatori pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p99-108 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p99-108
Putri, T. N., & Nurmina, N. (2024). Perbedaan self-regulated learning kepada mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Kota Padang ditinjau dari jenis kelamin dan prestasi akademik. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 8942-8950.
Rahman, K. N., Fedira, R., & Setiawan, A. R. D. (n.d.). Implementasi to do list dalam manajemen waktu mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (n.d.). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia.
Susanti, R. (2013). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Yanti, A. D., Ulhaq, F., & Jamaluddin, M. (2023). Efektivitas to do list terhadap perilaku disiplin mahasiswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1(1).