Efektivitas Token Economy untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3071Keywords:
Mahasiswa, Keaktifan, Token EconomyAbstract
Banyak mahasiswa yang hingga saat ini kurang aktif di kelas karena beban akademis dan non akademis. Padahal, pendidikan tinggi yang bermutu juga sangat penting untuk membentuk masyarakat yang kompeten dan profesional. Maka, perlu adanya solusi untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa melalui token economy. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas sistem token economy sebagai intervensi untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan metode purposive sampling berjumlah 8 orang mahasiswa psikologi angkatan 2021. Metode analisis data menggunakan uji reliabilitas dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa token economy efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan belajar mahasiswa sebelum diberi perlakuan adalah sebesar 53,43%, sedangkan sesudah diberi perlakuan rata-rata keaktifan belajar mahasiswa adalah sebesar 81,25% dengan selisih sebesar 27,82%.
References
Agustina, P., & Mukarromah, T. T. (2021). Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Token Economy Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif …. https://core.ac.uk/download/pdf/599402882.pdf
Alam, A. (2010, October 7). Perpustakaan tempat belajar sepanjang hayat. Media Indonesia. p. 1, kol. 2.
Anggraini, S. I., Ma’mun, M. J., & Widodo, R. W. (2024). Efektivitas Metode AMT (Achievement Motivation Training) guna Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMP Muhammadiyah 04 Singosari. Advances In Social Humanities …. http://www.adshr.org/index.php/vo/article/view/174
Arsati, H. M., & Rahayu, E. (2023). Economic Token To Improve On-Task Behavior In Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Prosiding Seminar Nasional Sosial …. http://repository.unika.ac.id/33296/
Atseno, S. D., & Wahyuni, S. (2023). Perbandingan Efektifitas Pujian dan Penghargaan Sebagai Reinforcement Positif Terhadap Perubahan Perilaku pada Anak Prasekolah. ANTHOR: Education and Learning Journal. http://anthor.org/index.php/anthor/article/view/271
Febrianti, F., Rahmadhani, W., & ... (2021). The Effectiveness Of Picture-Story Books And Economic Token In The Success Of Toilet Training For Toddlers In The Age Of 1-3 Years Old. Prosiding University …. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1594
Fitri, R. D. (2024). PSIKOLOGI PRODUKTIVITAS MENGOPTIMALKAN KINERJA DAN KREATIVITAS. Circle Archive. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/157
Herdian, H., Na’imah, T., & ... (2019). IbM Bagi Kelompok Guru PAUD Aisyiyah dan PAUD Ibnu Kholdun Desa Bantarmangu, Kab. Cilacap. Prosiding University …. https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/455
Ikarani, A. (2024). KESEHATAN MENTAL DAN LINGKUNGAN SEKOLAH MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG AMAN DAN MENDUKUNG. Circle Archive. http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/view/71
Irianjani, N. D., & Rohmah, F. A. (2020). Applying token economy to improve attention of child with ADHD. Journal of Early Childhood …. https://pdfs.semanticscholar.org/6058/88898aa37c0409ac1339aa22a536c7cfb07e.pdf
Irvan, T., Iqbal, M., & Halamury. (2019). Teori behaviorisme. Universitas Negeri Makasar.
Khuzaimah. (2017). Efektivitas penggunaan teknik token ekonomi terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa program studi psikologi FKIK Universitas Jambi. Psycho Idea, 15(1), 32. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v15i1.2238
Maradona, M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. Basic Education, 5(17), 1–619.
Marwinda, T. D. N., Karso, K., & Kusnandi, K. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI …. Journal on Mathematics Education …. https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24570
Muhammad, F. (2022). Menimbang Perlunya Regulasi Yang Lebih Komprehensif Tentang Non-Fungible Tokens (NFT). Majalah Hukum Nasional. https://mhn.bphn.go.id/index.php/MHN/article/view/171
Ningsih, D. D. S., Achmad, D. H., Dewi, E. K., & ... (2022). Crypto Asset as a Transaction Tool in the Perspective of Economic Analysis of Law: Legal Consequences and Ius Constituendum. …. https://rechtsidee.umsida.ac.id/index.php/rechtsidee/article/view/787
Nuraisah, S., Yeni, R., & Rizqa, M. (2023). Effectiveness Of Reward And Punishment On Student Learning Discipline. LITERACY: International Scientific …. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/LITERACY/article/view/1064
Permendikbud Republik Indonesia. (2016). Permendikbud No. 60 tahun 2016.
https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/Permendikbud_No_60_Tahun_2016.pdf
Putra, A. (2024). Dampak peran orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Circle Archive. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/64
Putri, A. A., Nabila, N., & ... (2024). EFEKTIVITAS TOKEN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN MAHASISWA PSIKOLOGI UIN MALANG ANGKATAN 2021. … : Jurnal Psikologi Dan …. https://ejournal.warunayama.org/index.php/liberosis/article/view/4325
Rachmanti, R., Putri, A. S. T., Puspitarini, E. I., & ... (2022). The Effectiveness of Group Counseling in Overcoming Procrastination Behavior of Junior High School Students: A Systematic Literature Review (SLR). Social, Humanities …. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/59388
Ramadhani, J. S., & Aulia, P. (2020). Keunggulan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Antri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/574
Ristek Dikti. (2017). Pedoman penelitian dan pengabdian (Edisi XI). Jakarta: Ristek Dikti.
Riyadi, D. (2023). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Menjaga Kebersihan. Maddah: Jurnal Komunikasi Dan Konseling …. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/2699
Siswanto, A. H. (2024). PSIKOLOGI REMAJA TANTANGAN DAN DINAMIKA PERKEMBANGAN. Circle Archive. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/158
Sri Nugroho Jati, & Nurhasanah. (2020). Modifikasi perilaku token economy terhadap peningkatan perilaku asertif pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Eksistensi, 2(1), 10–18.
Subroto, E., Tensiska, & Indiarto, R. (2014). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya mendukung ketahanan pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya, 13(1), 1–4.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdikarya.
Suherman, E. (2007). Hakikat pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 4(2), 1–11.
Suwahyono, N. (2004). Pedoman penampilan majalah ilmiah Indonesia. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, LIPI.
Syukria, E., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk Pada Anak ADHD. MSI Transaction on Education. https://msirp.org/journal/index.php/mted/article/view/75
Utari, S. R. N., Amanah, S. K., & ... (2023). Evaluating Behavior Modification for Tantrums in Early Childhood: Approaches for Enhanced Management and Intervention. … Journal of Early …. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/ijecer/article/view/11489