Career Decision Self-Efficacy pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Indonesia: Kajian Sistemik
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2583Keywords:
Efikasi diri dalam keputusan karier, Peserta didik tingkat SMPAbstract
Artikel ini memuat hasil kajian yang dikaji secara sistematik, terkait artikel-artikel yang terbit antara tahun 2014 sampai dengan tahun 2024, yang secara khusus mengkaji carrer decision self-efficacy pada peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi carrer decision self-efficacy pada peserta didik jenjang sekolah menengah pertama di Indonesia. Peneliti menggunakan pangkalan data PubMed untuk menghimpun artikel-artikel internasional, serta pangkatan data GARUDA (Garba Rujukan Digital) untuk menghimpun artikel-artikel nasional. Artikel dari berbagai pangkalan data tersebut dipilih menggunakan pendekatan PRISMA yang merupakan akronim dari Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis. Peneliti menemukan lima faktor yang memengaruhi career decision self-efficacy peserta didik SMP yang meliputi dukungan orang tua, pemahaman karier, jenis kelamin, proactive personality yang diiringi dengan planned happenstance, dan keterlibatan orang tua dengan mediator keterbukaan. Keempat faktor tersebut, terkecuali jenis kelamin dapat ditingkatkan dengan bantuan dari orang tua dan guru BK dalam meningkatkan career decision self-efficacy. Tidak hanya itu, studi ini memberikan saran mengenai penelitian masa depan tentang studi career decision self-efficacy untuk peserta didik tingkat menengah.
References
Agoes Salim, R. M., Istiasih, M. R., Rumalutur, N. A., & Biondi Situmorang, D. D. (2023). The role of career decision self-efficacy as a mediator of peer support on students’ career adaptability. Heliyon, 9(4), e14911. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14911 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14911
Akhsania, K. N., Basuki, T., Sugiharto, D. Y. P., & Japar, M. (2020). Students’ Career Understanding and Career Decision Making Self-Efficacy in Junior High School. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.950 DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.950
Amini, D. S., & Salim, R. M. A. (2020). Dukungan Orang Tua, Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier, dan Planned Happenstance Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.24854/jpu102
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. In Psychological Review (Vol. 84, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.1037//0033-295X.84.2.191
Bandura, A. (2010). Self-Efficacy in Changing Societies. . Cambridge University Press.
Betz, N. E., Klein, K. L., & Taylor, K. M. (1996). Evaluation of A Short Form Of The Career Decision-Making Self-Efficacy Scale. In Journal of Career Assessment (Vol. 4, Issue 1, pp. 47–57). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/106907279600400103 DOI: https://doi.org/10.1177/106907279600400103
Dara, S. A., & Salim, R. M. A. (2020). Dukungan Orang Tua, Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier, dan Planned Happenstance Pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(1), 2580–1228. https://doi.org/10.24854/jpu02020-294 DOI: https://doi.org/10.24854/jpu102
Darmasaputro, A., & Gunawan, W. (2018). Hubungan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier dan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.5004 DOI: https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.5004
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.
Hsieh, H. H., & Huang, J. T. (2014). The Effects of Socioeconomic Status and Proactive personality on Career decision self-efficacy. Career Development Quarterly, 62(1), 29–43. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2014.00068.x DOI: https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2014.00068.x
Mayarani, L., Chita, A., & Harahap, P. (2023). Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas VII MTS Al-Jam’iyatul Washliyah. In Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia (Vol. 8). DOI: https://doi.org/10.26737/jbki.v8i2.4402
Metheny, J., & McWhirter, E. H. (2013). Contributions of Social Status and Family Support to College Students’ Career decision self-efficacy and Outcome Expectations. Journal of Career Assessment, 21(3), 378–394. https://doi.org/10.1177/1069072712475164 DOI: https://doi.org/10.1177/1069072712475164
Prasetyo, A. A., & Kustanti, E. R. (2022). Hubungan Antara Kelekatan Aman dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Kelas XII SMA Kesatrian 2 Semarang. In Jurnal Empati, 11(3), 89-95. https://doi.org/10.14710/empati.2022.34466 DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2022.34466
PRISMA. (2015). Welcome to the preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses (PRISMA) website.
Situmorang, D. D. B., & Salim, R. M. A. (2021). Perceived parenting styles, thinking styles, and gender on the career decision self-efficacy of adolescents: how & why? Heliyon, 7(3), e06430. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06430 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06430
Super, E. S. (1976). Career education and the meanings of work. U.S. Department of Health, Education, and Welfare, Office of Education.
Taylor, K. M., & Betz, N. E. (1983). Applications of Self-Efficacy Theory to the Understanding and Treatment of Career Indecision. In Journal of Vocational Behavior, 22(1), 63-81. https://psycnet.apa.org/doi/10.1016/0001-8791(83)90006-4 DOI: https://doi.org/10.1016/0001-8791(83)90006-4
Widyaningrum, D., & Hastjarjo, T. D. (2016). Pengaruh bimbingan karier terhadap efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier pada siswa. Journal of Psychology, 2(2), 86–100. http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.33093 DOI: https://doi.org/10.22146/gamajop.33093
Wolf, A. G., Auerswald, S., Seinsche, A., Saul, I., & Klocke, H. (2021). German student teachers’ decision process of becoming a teacher: The relationship among career exploration and decision-making self-efficacy, teacher motivation and early field experience. Teaching and Teacher Education, 105, 103350. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103350 fficacy pada peserta didik DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103350