Hubungan Kontrol Diri dan Perilaku Agresif Verbal pada Remaja Saat Bermain Games Online
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i2.2257Keywords:
Pengendalian diri, Agresif Verbal, Remaja, Game OnlineAbstract
Di zaman digital yang serba canggih ini, kegiatan bermain game online telah menjadi rutinitas bagi banyak remaja, seringkali diikuti dengan kecenderungan untuk bersikap agresif secara verbal yang menimbulkan kekhawatiran. Studi terkini ini menelusuri keterkaitan antara kemampuan mengendalikan diri dengan perilaku agresif verbal di kalangan remaja penggemar game online. Melalui metode kuantitatif dan survei yang dilakukan terhadap 201 remaja yang gemar bermain game, penelitian ini menilai sejauh mana pengendalian diri dengan menggunakan instrumen psikometrik yang teruji keabsahannya serta mengidentifikasi perilaku agresif verbal melalui kuesioner yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini. Hasil analisis statistik menyoroti adanya hubungan negatif yang berarti antara kemampuan pengendalian diri dan tingkah laku agresif verbal, mengindikasikan bahwa remaja dengan tingkat pengendalian diri yang lebih rendah lebih cenderung berperilaku agresif secara verbal ketika mereka bermain game online. Hasil ini menyoroti perlunya mengembangkan kemampuan pengendalian diri sebagai bagian dari upaya intervensi untuk meminimalisir perilaku agresif verbal di antara remaja yang bermain game online. Studi ini mengusulkan pentingnya meningkatkan pemahaman tentang efek negatif dari rendahnya pengendalian diri dan memasukkan program pengembangan pengendalian diri ke dalam aktivitas komunitas game sebagai cara efektif untuk menciptakan suasana bermain yang lebih positif dan mendukung.
References
Anderson, C. A., & Bushman, B. J. (2002). Human Aggression. Annual Review Of Psychology, 53(1), 27–51. DOI: https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135231
Auliya, M., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan Pengendalian diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1–6.
Baptista, J. (2020). Exploring the effects of playing formations on tactical behavior and external workload during football small-sided games. Journal of Strength and Conditioning Research, 34(7), 2024–2030. https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000002445 DOI: https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000002445
Cahyaning Migunani, H., & Amir, M. (2021). Hubungan Antara Pengendalian diri Dengan Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Game Online.
Columbus, S. (2020). Playing a different game: Situation perception mediates framing effects on cooperative behaviour. Journal of Experimental Social Psychology, 90. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2020.104006 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jesp.2020.104006
Cuyunda, I., Setia, Sri Maria Lestari, & Prambudi Rukmono. (2020). Pengendalian diri Dengan Perilaku Agresif Siswa Sma Negeri 1 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1). Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V11i1.234 DOI: https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.234
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Jppm), 2(1), 28–36. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679
Febriandari, D., Nauli, F. A., & Hd, S. R. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50–56.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Psychological Theories. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hastuti, L. W. (2018). Pengendalian diri Dan Agresi: Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 26(1), 42–53. DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.32805
Hsu, C. Y. (2019). Visual behavior and self-efficacy of game playing: an eye movement analysis. Interactive Learning Environments, 27(7), 942–952. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1504309 DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1504309
Khoir, A. M. (2019). Pengendalian diri Dengan Tingkat Agresivitas Remaja Yang Memiliki Orang Tua Tni Atau Polri. Cognicia, 7(2), 202–213. DOI: https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i2.9251
Lobel, A. (2019). Gaining a competitive edge: Longitudinal associations between children’s competitive video game playing, conduct problems, peer relations, and prosocial behavior. Psychology of Popular Media Culture, 8(1), 76–87. https://doi.org/10.1037/ppm0000159 DOI: https://doi.org/10.1037/ppm0000159
Moreira, P. E. D. (2020). Network analysis and tactical behaviour in soccer small-sided and conditioned games: influence of absolute and relative playing areas on different age categories. International Journal of Performance Analysis in Sport, 20(1), 64–77. https://doi.org/10.1080/24748668.2019.1705642 DOI: https://doi.org/10.1080/24748668.2019.1705642
Muhazir, R., Tahlil, T., & Syarif, H. (2023). Kecanduan Game Online Dan Identitas Diri, Interaksi Sosial Serta Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1621–1629. DOI: https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.4982
Ramadhani, A. (2013). Hubungan Motif Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresivitas Remaja Awal (Studi Kasus Di Warnet Zerowings, Kandela Dan Mutant Di Samarinda). Ejournal Ilmu Komunikasi, 1(1), 136–158.
Riadi, S., Prayoga, Y., & Halim, A. (2023). Utilizing Gadgets And Online Games As Means Of Self-Development Of Students/I Smp Negeri 3 Bilah Hulu In The Era Of The Industrial Revolution 4.0. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 627–633. DOI: https://doi.org/10.32832/abdidos.v7i2.1690
Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4(1), 35–44. DOI: https://doi.org/10.24252/kah.v4i1a3
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja Di Media Sosial. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 12(2), 98–111. DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Rondo, A. A. A., Wungouw, H. I., & Onibala, F. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Siswa Di Sma N 2 Ratahan. Jurnal Keperawatan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24324
Safitri, S., & Fikrie. (2022). Hubungan Antara Kecanduan Game Dengan Perilaku Agresif Verbal Pada User Game Online. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 28–33. DOI: https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4396
Shao, R., & Wang, Y. (2019). The Relation Of Violent Video Games To Adolescent Aggression: An Examination Of Moderated Mediation Effect. Frontiers In Psychology, 10, 384. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00384
Siddiqah, L. (2010). Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikologi, 37(1), 50–64.
Smirni, D. (2021). The playing brain. The impact of video games on cognition and behavior in pediatric age at the time of lockdown: A systematic review. Pediatric Reports, 13(3), 401–415. https://doi.org/10.3390/PEDIATRIC13030047 DOI: https://doi.org/10.3390/pediatric13030047
Sun, Y. (2021). How peer influence mediates the effects of video games playing on adolescents’ aggressive behavior. Children and Youth Services Review, 130. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106225 DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106225
Suyajid, C. I. P. (2022). The Relationship Of The Intensity Playing Online Games Contain Hardness With Verbal Aggressiveness In Junior High School Students.
Troncoso, P. (2021). Playing the long game: A multivariate multilevel non-linear growth curve model of long-term effects in a randomized trial of the Good Behavior Game. Journal of School Psychology, 88, 68–84. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.08.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.08.002
Welbel, B. (2008). Paryskie Przysmaki Na Polskich Mazurach. Kuchnia. Magazyn Dla Smakoszy, 07, 80–83.
Wicaksana, R. R., & Kristiana, N. (2021). Kampanye Sosial Stop Toxic Sebagai Upaya Membangun Sikap Positif Bermain Game. Barik, 2(2), 202–214.
Zhao, S. (2021). Player Behavior Modeling for Enhancing Role-Playing Game Engagement. IEEE Transactions on Computational Social Systems, 8(2), 464–474. https://doi.org/10.1109/TCSS.2021.3052261 DOI: https://doi.org/10.1109/TCSS.2021.3052261