Analisis Kebutuhan Personil Apron Movement Control pada Event MotoGP di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok

Authors

  • Hilim Maula Isri Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Andi Syaputra Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjase.v1i4.2795

Keywords:

Trafik Penerbangan, Event MotoGP, Kebutuhan Personil

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana strategi dan implementasi dalam mengelola kebutuhan personil AMC pada saat terjadi peningkatan trafik operasi penerbangan seperti pada event MotoGP di Sirkuit Mandalika. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan dapat membantu peneliti dalam menggali informasi lebih dalam terkait topik penelitian yang akan diteliti. Dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya manusia yang tepat yang di lakukan oleh pengelola Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, dengan cara menambahkan 4 personil tambahan pada bagian operator aviobridge pada saat trafik operasional penerbangan tinggi, penambahan tersebut memiliki dampak yang signifikan dalam memaksimalkan kinerja para personil AMC, maupun setiap kontribusi ataupun pelayanan yang di berikan ketika jadwal kerja para personil AMC padat, yang di sebabkan oleh trafik operasi penerbangan pada saat event MotoGP yang di selenggarakan di sirkuit mandalika pada Bandar Udara Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Dengan adanya penambahan 4 personil apron movement control (AMC) dalam menangani peningkatan trafik operasi penerbangan pada keadaan khusus seperti event MotoGP dan hari-hari besar lainnya di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok dapat menciptakan efektivitas, kelancaran dan memaksimalkan pelayanan sehingga para personil AMC lebih leluasa dalam melakukan tugas operasional di kondisi jadwal kerja yang padat, oleh sebab itu personil AMC Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok sudah memenuhi standar SOP (Standart Operation Procedure) yang sudah di tetapkan pada AMC Manual tahun 2016 terkait tentang pemenuhan dan pemanfaatan sumberdaya manusia yang dibutuhkan.

References

Abbas, Salim. (2000). Manajemen Transportasi, Cetakan Pertama Edisi Kedua”. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Annex 14 – Aerodromes Volume 1. (2013). Aerodrome Design and Operation the Convention on International Civil Aviation (ICAO).

Disti, Ode, and Tamara.(2022) Analisis Peran Petugas Apron Movement Control (Amc) Dalam Menangani Pergerakan Pesawat Udara Di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Digilib.sttkd.ac.id, 2022, digilib.sttkd.ac.id/2715/. Accessed 25 Nov. 2023.

Krismawati, Dewi, dan Satria.(2022) Kondisi Perekonomian Nusa Tenggara Barat Pada Gelaran MotoGP Mandalika Dengan Pendekatan Big Data Di Sektor Pariwisata. Seminar Nasional Statistik Resmi , vol. 2022, tidak. 1, 1 November 2022, hlm. 609–620, https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1486. Diakses 17 Desember 2022. DOI: https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1486

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Setiani, Ani and Donni .(2015) Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saputra, Muhamad, and Ambarsari.(2022) Analisis Kinerja Petugas Apron Movement Control (Amc) Dalam Pengawasan Terhadap Ketertiban Ground Support Equipment (Gse) Di Area Apron Masa Pandemi Covid-19 Pada Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Digilib.sttkd.ac.id, 2022, digilib.sttkd.ac.id/2872/. Accessed 25 Nov. 2023.

SKEP/302/V/2011. Tentang Petunjuk dan Keselamatan Penerbangan Sipil Standard Operasi dan Prosedur AMC Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo Solo.

Sutrisno, Edy. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sandu Siyoto, Sodik, (2015). Dasar Metodologi Penelitian ( Cetakan 1, Vol. 7, Issue 2). Literasi Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.

Pebriani, Elin Prima, and Endrawijaya (2019). Kajian Uraian Tugas Unit Apron Movement Control Di Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, vol. 12, no. 3, 6 Oct. 2019, pp. 137–146,

Pribadi, Aby Gigih.(2020) Analisa Penerapan Pengawasan Personel Apron Movement Control (AMC) Terhadap Pelayanan Ground Service Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), vol. 4, 2020, ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/SNITP/article/view/659, https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.659. Accessed 25 Nov. 2023.

Wirangsane, Akbar. & Widodo, Edy. (2016). Decisien Rules pada Data On Time Performance Garuda Indonesia Menggunakan If-Than Rules dalam Metode 51 Rough Set Theory. Tugas Akhir. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Yoga Pratama, Alan, and Ginusti. (2021) Analisis Pelayanan Operasional Penerbangan Oleh Petugas Apron Movement Control Terhadap Maskapai Di Yogyakarta International Airport. Digilib.sttkd.ac.id, 2021, digilib.sttkd.ac.id/2111/. Accessed 25 Nov. 2023.

Yosef, Dewa Fortuna. (2022) Peranan Unit Apron Movement Control Dalam Melayani Pesawat Kargo Saat Keadaan Khusus Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Eprints.unram.ac.id, 2022, eprints.unram.ac.id/29874/. Accessed 31 Dec. 2023.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Isri, H. M., & Syaputra, A. (2024). Analisis Kebutuhan Personil Apron Movement Control pada Event MotoGP di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pjase.v1i4.2795

Issue

Section

Articles