Analisis Penanganan Bagasi Outgoing oleh Petugas PT Gapura Angkasa pada Maskapai Penerbangan Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjase.v1i3.2625Keywords:
Penanganan Bagasi, Bagasi Outgoing, Make Up AreaAbstract
Bandara Internasional Juanda Surabaya adalah bandara internasional yang terletak di Sidoarjo Jawa Timur. Penanganan Bagasi merupakan proses penanganan bagasi tercatat yang dilakukan pada saat sebelum keberangkatan (pre flight service) dan setelah keberangkatan (post flight service) pada suatu penerbangan. Latar belakang penelitian ini yaitu terjadi penyimpangan-penyimpangan saat penanganan bagasi outgoing seperti bagasi rusak saat sudah di bagian make up area, Yang artinya penumpang tidak mengetahui kalau bagasi miliknya mengalami kerusakan saat sudah tiba di Make Up Area. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penanganan bagasi outgoing dan apa saja kendala yang dihadapi oleh petugas PT Gapura Angkasa Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data dari penelitian ini yaitu Data primer wawancara, observasi, dokumentasi dan data sekunder berupa dokumen foto-foto pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa petugas sudah melaksanakan prosedur yang ada baik di bagian check-in counter maupun di make up area, namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh petugas salah satunya penumpang yang tidak memberitahu petugas bahwa bagasi tercatat miliknya sudah mengalami kerusakan. Upaya petugas untuk mencegah terjadinya hal serupa dengan bertanya dan memastikan kepada penumpang pada saat pelaporan bagasi.
References
Aditya, P. (2022). Penanganan Bagasi Rusak Pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak Pada Masa Pandemi COVID-19.
Anisa, S. N. (2022). Penanganan Bagasi Penumpang Maskapai Citilink di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng.
Ditjen Perhubungan Udara. (2018). Pengertian Bandar Udara.
Evi, S. (2022). Upaya Meminimalisir Terjadinya Kehilangan Bagasi Oleh Staff Ground Handling PT. Gapura Angkasa Pada Maskapai Citilink Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.
Fahland, D. (2021). Inferring Unobserved Events in Systems with Shared Resources and Queues. Fundamenta Informaticae, 183(3), 203–242. https://doi.org/10.3233/FI-2021-2087 DOI: https://doi.org/10.3233/FI-2021-2087
Gupta, V. (2023). Predictive maintenance of baggage handling conveyors using IoT. Computers and Industrial Engineering, 177. https://doi.org/10.1016/j.cie.2023.109033 DOI: https://doi.org/10.1016/j.cie.2023.109033
Inayati, F. R. (2021). Analisis Penanganan Bagasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali.
Kayalvizhi, R. (2022). Raw data processing techniques for material classification of objects in dual energy X-ray baggage inspection systems. Radiation Physics and Chemistry, 193. https://doi.org/10.1016/j.radphyschem.2021.109512 DOI: https://doi.org/10.1016/j.radphyschem.2021.109512
Liu, D. (2022). Handling occlusion in prohibited item detection from X-ray images. Neural Computing and Applications, 34(22), 20285–20298. https://doi.org/10.1007/s00521-022-07578-7 DOI: https://doi.org/10.1007/s00521-022-07578-7
Lodewijks, G. (2021). Reducing CO Emissions of an Airport Baggage Handling Transport System Using a Particle Swarm Optimization Algorithm. IEEE Access, 9, 121894–121905. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3109286 DOI: https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3109286
Manerikar, A. (2021). DEBISim: A simulation pipeline for dual energy CT-based baggage inspection systems. Journal of X-Ray Science and Technology, 29(2), 259–285. https://doi.org/10.3233/XST-200808 DOI: https://doi.org/10.3233/XST-200808
Mrňa, D. (2021). Internet of things as an optimization tool for smart airport concept. European Transport - Trasporti Europei, 82. https://doi.org/10.48295/ET.2021.82.6 DOI: https://doi.org/10.48295/ET.2021.82.6
Nilasari, S. D. (2022). Analisis Penanganan Bagasi Penumpang Rusak Atau Hilang Pada PT. Gapura Angkasa Di Bandar Udara Internasional Jendral Ahmad Yani Semarang.
Noviantoro, T. (2022). Investigating airline passenger satisfaction: Data mining method. Research in Transportation Business and Management, 43. https://doi.org/10.1016/j.rtbm.2021.100726 DOI: https://doi.org/10.1016/j.rtbm.2021.100726
Putra, W. A. (2022). Analisis Penanganan Unit Lost and Found Dalam Kasus Damage Baggage Pada Saat Tiba di Arrival Station Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya Periode Agustus-Oktober 2021.
Saputra, F. D. O. (2020). Analisis Kinerja Pelayanan Petugas Make Up Area PT. Jasa Angkasa Semesta Terhadap Penanganan Bagasi Break Down di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta.
Saputri, R. D. (2023). Pengaruh Penanganan Sweeping Bagasi Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Citilink Indonesia Di Yogyakarta International Airport. Student Research Journal (e-Journal), 1(4). DOI: https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1092
Sigurdsson, V. (2021). Social media: Where customers air their troubles—How to respond to them? Journal of Innovation and Knowledge, 6(4), 257–267. https://doi.org/10.1016/j.jik.2021.07.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jik.2021.07.001
Sihombing, R. J. H. (2017). Pelaksanaan Standart Operational Prosedur Penanganan Bagasi PT. Garuda Indonesia Region Sumatera.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Uzun-Per, M. (2021). An approach to recommendation systems using scalable association mining algorithms on big data processing platforms: A case study in airline industry. 2021 International Conference on INnovations in Intelligent SysTems and Applications, INISTA 2021 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/INISTA52262.2021.9548413 DOI: https://doi.org/10.1109/INISTA52262.2021.9548413
Uzun-Per, M. (2022). Scalable recommendation systems based on finding similar items and sequences. Concurrency and Computation: Practice and Experience, 34(20). https://doi.org/10.1002/cpe.6841 DOI: https://doi.org/10.1002/cpe.6841
Valarmathy, S. (2023). Intelligent Baggage Management in Airports: A Cognitive IoT Approach for Real-Time Tracking, Optimization, and Passenger Engagement. 7th International Conference on Electronics, Communication and Aerospace Technology, ICECA 2023 - Proceedings, 1876–1880. https://doi.org/10.1109/ICECA58529.2023.10395201 DOI: https://doi.org/10.1109/ICECA58529.2023.10395201
Wang, J. (2022). IRDA: Incremental Reinforcement Learning for Dynamic Resource Allocation. IEEE Transactions on Big Data, 8(3), 770–783. https://doi.org/10.1109/TBDATA.2020.2988273 DOI: https://doi.org/10.1109/TBDATA.2020.2988273
Wang, S. (2021). Accurate Tracking, Collision Detection, and Optimal Scheduling of Airport Ground Support Equipment. IEEE Internet of Things Journal, 8(1), 572–584. https://doi.org/10.1109/JIOT.2020.3004874 DOI: https://doi.org/10.1109/JIOT.2020.3004874
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reihan Andromeda, Rahimudin Rahimudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.