Menata Ruang dan Teknologi: Memahami Peran Sarana dan Prasarana Kantor dalam Mendukung Efektivitas Kerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2600Keywords:
Sarana, Prasarana, Efektivitas KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana yang berada di CV. Teknik Sinar Perkasa, Sarana dan prasarana di CV. Teknik Sinar Perkasa terbilang cukup memadai didukung hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana permasalahan dan data yang ditemukan kemudian dianalisis. Subjek penelitian ini adalah pemilik perusahaan CV. Teknik Sinar Perkasa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas kerja yang baik karena adanya peran sarana dan prasarana yang menunjang pekerjaan di kantor. Pada perusahaan CV. Teknik Sinar Perkasa, sarana dan prasarana yang disediakan cukup memadai akan tetapi kurangnya pemeliharaan dan perawatan sarana menjadi hal yang harus perusahaan perhatikan. Sarana dan prasarana di kantor dibutuhkan oleh karyawan untuk proses penyelesaian tugas dan pekerjaan kantor. Sarana dan prasarana kantor yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan karyawan dapat mendukung efektivitas kerja karyawan.
References
Amaliah, Herlina Noer. "Sarana Prasarana Kantor Sebagai Penunjang Produktivitas Kantor yang Efektif dan Efisien." Jurnal Manajemen Kantor (2019): 1-14.
Armansyah, K. (2018). Hubungan Sarana Pra Sarana Dan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Ruang Rawat Inaprsud Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Aslim, A. D. A., Mahsyar, A., & Arfah, S. R. (2022). Efektivitas Pengembangan Sarana Dan Prasarana Pelayanan Di Kantor Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(6), 1696-1707.
Chaniago, H. (2016). Manajemen Kantor Kontemporer. Bandung: Akbar Limas Perkasa.
Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Karyawan pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office/Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450 DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450
Hadiatna, D. R. (2018). Urgensi penataan layout kantor dalam upaya meningkatkan efektivitas kerja karyawan. Jurnal Manajemen Kantor, 12(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v14i1.16475
Hakim, I., Enas, E., & Herman, F. (2022). Dampak Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Pengguna Pada Kantor Bea Cukai Tasikmalaya. Journal of Management Review, 6(1), 743-747.
Lisdawati, V., & Hasugian, A. R. (2016). Peran Standar Operasional Prosedur Penanganan Spesimen untuk Implementasi Keselamatan Biologik (Biosafety) di Laboratorium Klinik Mandiri. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 26(1), 20753. DOI: https://doi.org/10.22435/mpk.v26i1.4898.1-8
Mulfhiani, D. W., Idris, M., & Maryadi, M. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana, Keterampilan, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja ASN Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bantaeng. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(3), 483-494.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw
Praktisi. Bandung. Pustaka Setia
Priansa. (2015). Administrasi dan Operasional Perkantoran. Bandung. Alfabeta
Puspitasari, K., & Hendriani, W. (2020). Tim virtual: faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 4(2), 195-211.
Rahman, A., Rajindra, R., & Mayangsari, N. S. (2020). Analisis efektivitas kerja karyawan pada dinas lingkungan hidup provinsi sulawesi tengah. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1098 DOI: https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1098
Revida, E., Tanjung, R., Sari, D. P., Simarmata, H. M. P., Purba, D. S., Gandasari, D., ... & Tjiptadi, D. D. (2021). Manajemen Perkantoran. Yayasan Kita Menulis.
Rismawati, Mita, and Said Achmad Kabiru Rafiie. "Analisis Sarana dan Prasarana Dalam Efektivitas Kerja Pegawai Pada kantor Kecamatan Johan Pahlawan." Journal of Public Service 2.1 (2022): 67-70. DOI: https://doi.org/10.35308/jps.v2i1.5176
Tan, C.K., T, R., Teoh, A.P. & Cheah, J.H. (2019). Factors influencing virtual team performance in Malaysia. Kybernetes, 48(9), 2065-2092. doi: 10.1108/K-01-2018-0031. DOI: https://doi.org/10.1108/K-01-2018-0031
Tanujaya, L. R. (2015). Pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja pada kinerja karyawan departemen produksi PT Coronet Crown. Agora, 3(1), 1-7.
Umam. (2014). Manajemen Perkantoran Referensi untuk Para Akademisi dan
Ariza-Montes, A. (2021). Workplace bullying and presenteeism in the cruise industry: Evaluating the effect of social support. International Journal of Hospitality Management, 94. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102863 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102863
Bergmann, R. (2023). Meeting (the) Pandemic: Videoconferencing Fatigue and Evolving Tensions of Sociality in Enterprise Video Meetings During COVID-19. Computer Supported Cooperative Work: CSCW: An International Journal, 32(2), 347–383. https://doi.org/10.1007/s10606-022-09451-6 DOI: https://doi.org/10.1007/s10606-022-09451-6
Gashi, A. (2022). E-work evaluation through work–life balance, job effectiveness, organizational trust and flexibility: evidence from Kosovo during COVID-19. Employee Relations, 44(2), 371–385. https://doi.org/10.1108/ER-04-2021-0136 DOI: https://doi.org/10.1108/ER-04-2021-0136
Hartwell, C. (2020). Getting social in selection: How social networking website content is perceived and used in hiring. International Journal of Selection and Assessment, 28(1), 1–16. https://doi.org/10.1111/ijsa.12273 DOI: https://doi.org/10.1111/ijsa.12273
Kaluza, A. J. (2021). When and how health-oriented leadership relates to employee well-being—The role of expectations, self-care, and LMX. Journal of Applied Social Psychology, 51(4), 404–424. https://doi.org/10.1111/jasp.12744 DOI: https://doi.org/10.1111/jasp.12744
Luqman, A. (2022). Explore the mechanism for seafarers to reconnect with work after post-pandemic psychological distress (PAPIST19): The moderating role of health-supporting climate. Ocean and Coastal Management, 223. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2022.106153 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2022.106153
Mazzetti, G. (2022). The impact of engaging leadership on employee engagement and team effectiveness: A longitudinal, multi-level study on the mediating role of personal- and team resources. PLoS ONE, 17(6). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0269433 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0269433
Popa, B. (2019). Intentions to engage in forest law enforcement in Romania: An application of the theory of planned behavior. Forest Policy and Economics, 100, 33–43. https://doi.org/10.1016/j.forpol.2018.11.005 DOI: https://doi.org/10.1016/j.forpol.2018.11.005
Rojek, I. (2021). Intelligent system supporting technological process planning for machining and 3D printing. Bulletin of the Polish Academy of Sciences: Technical Sciences, 69(2). https://doi.org/10.24425/bpasts.2021.136722 DOI: https://doi.org/10.24425/bpasts.2021.136722
Tsang, Y. P. (2023). Bridging the gap: Building environmental, social and governance capabilities in small and medium logistics companies. Journal of Environmental Management, 338. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2023.117758 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2023.117758
Waples, E. P. (2021). Not Your Parents’ Organization? Human Resource Development Practices for Sustainable Flex Work Environments. Advances in Developing Human Resources, 23(2), 153–170. https://doi.org/10.1177/1523422320982933 DOI: https://doi.org/10.1177/1523422320982933