Total Quality Management di Rumah Sakit: Tinjauan Literatur tentang Metodologi dan Pendekatan Terkait
DOI:
https://doi.org/10.47134/mpk.v1i2.2945Keywords:
Total Quality Management, Rumah Sakit, Kualitas PelayananAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai metode dari Total Quality Managemet (TQM) sebagai sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan guna perbaikan yang berkesinambungan kaitannya dengan Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk menggali berbagai sumber akademis dan praktis yang membahas tentang penerapan TQM di Rumah Sakit. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan yang lebih beragam dan dalam tentang aspek-aspek penting yang diharapkan dapat diterapkan di Rumah Sakit sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien melalui kualitas pelayan yang lebih baik.
References
Adrásar, F., Suri, S. Taj Murry, E.S. (2019). Peneliti dan klinik serta perusahaan farmasi di Semarang. Jurnal Kedokteran Indonesia, 2(1), 90-98.
Agivajuanto, F., Oktaviasuni, S. dan Fajri, Mun (2019). Penilaian tersebut dilakukan dalam rangka program Total Quality Management (TQM) dan pada tahun 2018 terhadap seluruh pelayanan preventif dan rumah sakit (JKN) serta di RS Kendal. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 7(3), 171-180. DOI: https://doi.org/10.14710/jmki.7.3.2019.15-24
Akin, E. P., Taj Kubla, K. (2024) Tahun 2024. Penilaian dan pengendalian serta kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan: Peran dan perspektif baru dalam pemasaran dan kepuasan pelanggan. Tinjauan Manajemen, 1(1), 26-41.
Arfi, I. Taj Setanigramm, A. (2023). Pertimbangkan peran Total Quality Management (TQM) dalam praktik kedokteran gigi di Jakarta. JMC (Jurnal Keuangan, Manajemen dan Statistik), 9(1), 125-131. DOI: https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i1.918
Ávaluðini, Ái, Ámádi, H. (2023). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (MPPKI), 6(2), 367-372.
Baktia, A. (2022) 2022. Pelayanan keperawatan dan keperawatan komprehensif di RS Bintaro dan Mitra Kilur. Penulisan: Bahasa Indonesia, 7 (8).
Boone, AT Taj Mustafa, E.M. (2013). Dampak model umum terhadap kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi kontemporer: Tinjauan literatur dan evaluasi beberapa kerangka teoritis terkini. Pembelajaran Bahasa Inggris, 53, 516-529.
Buka R.E. (2020). Melihat kerangka konseptual, dampak manajemen kualitas total (TQM) dapat diperiksa dalam konteks rumah sakit di Ghana: lihat kasus Rumah Sakit Umum Accra (GARH). Ubah, 19(1), 29-41.
Desvíta, K., Suðírmann, H. Taj Widodo, S. (2021). Analisis dan pengembangan skenario Denmark dan desain dan implementasi rencana bisnis serta implementasi dan implementasi manajemen kualitas total (TQM) dan di Bolnica
Erigan, I. Taj Unal, M. (2022) 2022. Pemrosesan terbuka dan manajemen mutu yang fleksibel di Denmark. Jurnal Penelitian Pemasaran Bisnis dan Pendidikan, 9(4), 197-205.
Guru, NE (2022). Analisis dan pengukuran mutu dan kualitas pelayanan menggunakan o ServQual taj i Total Quality Management System. Rekonsiliasi: Intelektual, 35-44.
Kuria, I., Hartono, B., Lita, L., Mahkota Unita, J. (2022). Ruang klinis dan administrasi dan medis dan rawat inap dan gawat darurat dan di distrik Dumay di Bolnica. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 481-488.
Lole SB, Dala R. S. Dampak manajemen mutu pada industri manufaktur dan farmasi di India. Ande: Laporan Konferensi Qatar dan Program Infrastruktur, D.A., Bangladesh. 2010.
Massinambo, RG dan Carantu, MM (2019). Pengakuan dan arahan serta kepemimpinan dan manajemen secara keseluruhan sehubungan dengan Nasval dan Salome Games. Jurnal EMBA: Ekonomi, Manajemen, Matematika Akuntansi, 7 (1).
Pamana, A., Puriba, HH Taj Vaðameiri, N.D.; (2021). Tinjau pendekatan sistematis dan literatur tentang penerapan dan penerapan manajemen kualitas total (TQM) dalam organisasi. Jurnal Internasional Manajemen dan Rekayasa Manufaktur, 9(1), 25-36.
Summayo, PJF, Kindagen, Ptaj Yang, AH. (2018). Survei pelayanan dan pelayanan di RS Maria Velinda dan Miramas sebelah utara Manahasas. Jurnal EMBA: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 6 (3).
Tejangar, F.C.H., Kosasih, F.G. Taj Safariningsih, R.T.H. (2022). Penerapan manajemen kualitas total (TQM) akan meningkatkan kualitas pelayanan dan pelayanan pasien. Tinjauan Internasional SIAM, 1 (01).
Zink K, Wobb V. 'Model EFQM baru tidak bekerja dengan baik di pendidikan tinggi. Laporan Qatar dan Konferensi TQM tentang Sekolah dan Pendidikan: Maj Uśhi Education dan Puśhimata di Sasto Sistomo, Verona. 1999. hlm.241–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Manajemen Pelayanan Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.