Penanggulangan Tindakan Bullying dan Body Shaming di Yayasan Pendidikan: Persfektif Hukum dan Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/lawstudies.v2i3.3365Keywords:
School Bullying, Body Shaming, Legal Perspective, Sociological ApproachAbstract
Bullying dan body shaming merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di lingkungan pendidikan, dengan dampak negatif yang dapat dirasakan oleh korban baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah penanggulangan bullying dan body shaming dari sudut pandang hukum dan sosiologi, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, memanfaatkan berbagai sumber ilmiah seperti jurnal dan artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan hukum dalam menangani bullying dan body shaming masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti kesadaran masyarakat yang masih rendah dan implementasi kebijakan yang belum optimal. Dari sudut pandang sosiologi, faktor-faktor seperti norma kelompok, pengaruh teman sebaya, dan budaya di lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam mendorong perilaku tersebut. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang aman dan inklusif bagi siswa. Selain itu, diperlukan kampanye publik dan peningkatan edukasi hukum untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif bullying dan body shaming, sekaligus mengurangi frekuensi kasus tersebut. Penerapan kebijakan yang dilengkapi sarana pengaduan yang aman dan penyediaan layanan konseling bagi peserta didik diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dan komprehensif dalam menangani permasalahan ini.
References
Adinda Putri Maharani. (2024). Bullying Di Dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Sosiologi Pendidikan Dan Resiko Kematian Siswa. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(2), 162–175. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i2.3432
Adriyanti, F. S., Herlianto, G. D., Norifansyah, Zakiya, N. N., & Aulia, N. T. (2023). Pandangan Mahasiswa terhadap Bullying di Sekolah Dan Kaitannya dalam Perspektif Islam. Jurnal Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(1), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/religion.v1i1.41
Amin, A. N., Supartini, Y., Tambunan, E. S., Sulastri, T., Ningsih, R., & Hapsari, D. C. (2024). Analysis of Factors That Influence Bullying Behavior in Adolescents in Public Middle School in East Jakarta Region. JKEP, 9(2), 282–293. https://doi.org/10.32668/jkep.v9i2.1678
Aminah, A., & Nurdiannah, F. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–10. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Andita Anastasya, Y., Cinta Ira Pratiwi, M. Fadillah Syahputra, Reyvalina Perbina Br Sbr, Fika Annisa Thayyibati, Rafli Alfachroni, Annisatun Raihan, Diva Az Zahra, Emninta Rehulina Br Sbr, Suhaibatul Aslamiyah, Widya Putri Maharani, & Dini Fitria Putri. (2024). PENERAPAN NILAI ISLAM DALAM PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA DAN SISWI DI SMP NEGERI 2 DEWANTARA. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(6), 1882–1891. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i6.1517
Angraeni Rusli, Wiwie Heryani, & Hijrah Adhyanti Mirzana. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Penghinaan Citra Tubuh (Body Shaming). Jurnal Konstruksi Hukum, 6(3), 1–23. https://doi.org/10.22225/jkh.2.3.3638.537-541
Aprilianto, A., & Fatikh, A. (2024). Implikasi Teori Operant Conditioning terhadap Perundungan di Sekolah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 77–88. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1332
Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment Program (Tep) Di Sekolah. In Fisip Ui. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123656-SK 006 09 Ari p - Pelaksanaan program-HA.pdf
Arisa, A., & Latifah. (2024). Video Animasi Kartun: Pencegahan Kasus Perundungan Anak Belia Di MAN 3 Banjarmasin. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 130–137. http://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/723%0Ahttp://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/download/723/605
Cahyani, M. D., Pratama, D., Mu’arifuddin, M. A., & Mardikaningsih, A. (2024). Penyuluhan Dan Edukasi Tentang Bahaya Bullying Di Lingkungan Sekolah SMP Raden Fatah Batu. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(8), 810–814. https://doi.org/10.59837/52c16390
Ere, H., Haskas, Y., Nani Hasanuddin, S., Perintis Kemerdekaan VIII, J., & Makassar, K. (2024). Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar Smp Negeri 12 Makassar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 4, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i2.1445
Field, E. M. (2007). Bully blocking six secrets to help children.
Firmansyah moch. fahmi. (2023). Tindakan Cyberbullying Dalam Kajian Hukum Pidana. Journal of Islamic Law and Yurisprudance, 5(19), 48–57.
Gusti Randhy Mukhtar. (2023). Pelindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Body Shaming di Media Sosial. 5, 1–91.
Halek, D. H. (2019). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi. Jurnal Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 1. https://doi.org/10.32663/georaf.v3i2.567
Hikmah, N. (2024). Analisis Pemahaman Kebijakan Hukum Terhadap Bullying Dalam Pendidikan Di Sekolah Menengan Pertama. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2664–2669.
Jimerson, S. R., Swearer, S. M., & Espelage, D. L. (2009). Handbook of Bullying in Schools: an International Perspective. In Handbook of Bullying in Schools: An International Perspective. https://doi.org/10.4324/9780203864968
Karyanti, M. P., & Aminudin, S. P. (2019). Cyberbullying & body shaming. K-Media.
Khairun, A. A., Equatora, M. A., Zulyadi, T., & Saputra, H. (2023). Penyuluhan Body Shaming di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 5–8. https://doi.org/10.47540/ijcs.v2i1.802
Marasaoly, S., & Umra, sri indriyani. (2022). Pencegahan Perundungan (Bullying) Terhadap Siswa Sd Dan Smp Dalam Implementasi Kota Peduli Ham Di Kota Ternate. Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, IX(II), 94–112.
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466
Niswah, K., & Sassi, K. (2024). Meminimalisir Dampak Perundungan Melalui Penerapan Pembelajaran Reflektif : Studi Pada Madrasah Tsanawiyah Al- Mu ’ aawanah Sembadak Pemulutan Ogan Ilir. 3(6), 6647–6659. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jceki.v3i6.5538
Noer, K. U., Putra, S., Ghozi, A., Madewanti, N. L. G., & Widiyowati, T. (2024). Analisis Efektivitas Program Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Sekolah Dan Madrasah. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 4(1), 119–142. https://doi.org/Doi : 10.53363/bureau.v4i1.391
Nuraini, N., & Gunawan, I. M. S. (2021). Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan yang Terjadi Pada Siswa di Sekolah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.573
Palani, V., & Mani, S. (2016). Exploratory Factor Analysis: Development of Perceived Peer Pressure Scale. International Journal of Information Science and Computing, 3(1), 31. https://doi.org/10.5958/2454-9533.2016.00004.1
Perdana, O. W., & Handoko, S. (2020). Peranan Yayasan Lembaga Perlindungan Anak Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Kasus Bullying Ditinjau Dari Undang-Undangnomor 35 Tahun 2014. Jurnal Kewarganegaraan, 4(2), 130–141. https://doi.org/10.31316/jk.v4i2.1175
Pradana, C. D. E. (2024). Pengertian Tindakan Bullying, Penyebab, Efek, Pencegahan dan Solusi. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 884–898. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1071
Putri, D., 1, Y., Safitri, M., Adiba, S., Riskiyah, F., Agustin, A., Faricha, D., & Karimah, N. (2024). Urgensi Penanaman Nilai Agama dan Moral Sejak Dini untuk Mencegah Kasus Bullying. Jcr, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.21107/njcr.v1i2.55
Putri, Y. M. A., Azahra, P. F., Sinaga, E. M., & Prawitri, A. L. (2023). Cyberbullying Di Media Sosial Tiktok Terhadap Remaja Smp. Jurnal Common, 7(1), 33–44. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9150
Rahmawati, R. F. (2016). Kaderisasi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 147–166.
Rika Setyorini, Raharjo, Kriswahyudi, A., & Wulandari, D. (2017). Jurnal PPKN ISSN 2303-9412. Jurnal PPKn Vol. 5 No. 2 Juli 2017, 5(2), 1–92. https://doi.org/10.1515/9783035617047-038
Rohimin Saman Huda Nur, Pahlevi, M. S., & Andyan, A. (2024). Implementasi Program Anti Bullying Di Lingkungan Sekolah SMK Muhamamdiyah 6 Gemolong. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 148–156.
Santoso, T. S. E., Yulianto, H., Febrianty, Y., & ... (2023). Penegakan Hukum Terhadap Perlindungan Anak Dari Kekerasan Fisik dan Non-Fisik Atau Perudungan (Bullying) di Indonesia Dalam Perspektif Sosiologi Hukum. Advanced In Social …, 1(9), 1177–1185.
Siti Annisa Jumarnis, Jehan Chantika Anugerah, & Yulvani Juniawati Sinaga. (2023). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103–1117. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400
Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. Jkep, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710
Susanti, M. H., Rachman, M., & Ananda, A. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD Ummul Quro Kota Semarang. Integralistik, 32(1), 52–60. https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26880
Taunaumang, H., Umboh, J., Ante, R., & Paendong, K. (2023). Perlindungan Hukum terhadap Korban Body Shaming: Analisis terhadap Respons Hukum dan Kebijakan Perlindungan Korban. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5416–5424.
Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak Di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. Populika, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316
Widianingtyas, S. I., & P, I. F. (2023). Faktor Kedekatan Teman Sebaya Dengan Perilaku Bulying Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 12(2), 8–17. https://doi.org/10.47560/kep.v12i2.536
Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children From School Bullying, Terjemahan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repository.iainkudus.ac.id/3776/5/5. BAB II.pdf
Yuliyanti, S., & Eliska Juliangkary. (2023). Bullying di Lingkungan Pendidikan : Analisis Filsafat Pendidikan. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 230–242.
Yusra, A., Sarman, F., & Amalianita, B. (2024). Membangun kesadaran akan pentingnya manajemen diri mengatasi prilaku bullying smp negeri 53 kerinci. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 2(3), 88–94.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Delis Nadiyana, Mia Amalia, Aji Mulyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.