Peran WhatsApp dalam Komunikasi Interpersonal Remaja Desa Soki

Authors

  • Erlinawati Erlinawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kukuh Sinduwiatmo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2515

Keywords:

WhatsApp, Komunikasi Kaum Muda, Teori Penetrasi Sosial, Media Baru, Keterlibatan Komunitas

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi berbagai manfaat WhatsApp sebagai media komunikasi di kalangan remaja di Desa Soki. Tujuan utama adalah untuk mengetahui bagaimana WhatsApp memfasilitasi berbagai kebutuhan komunikasi, termasuk interaksi pribadi, pendidikan, komunitas, dan pemasaran. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan literatur. Kerangka teori oleh Pierre Levy tentang media baru dan teori penetrasi sosial diterapkan. Temuan menunjukkan bahwa WhatsApp umumnya digunakan untuk pengungkapan diri, memungkinkan keterlibatan pendidikan, berfungsi sebagai platform media komunitas, dan mendukung upaya pemasaran. Remaja lebih memilih WhatsApp karena efektivitasnya dan umpan balik cepat yang disediakan. Studi ini menekankan peran signifikan WhatsApp dalam meningkatkan efisiensi dan kecepatan komunikasi di kalangan pemuda, menyarankan implikasi yang lebih luas untuk penggunaannya dalam pengaturan komunitas dan pendidikan.

References

Aestetika, N. M. (2018). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-13-3 DOI: https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-13-3

Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 12.

Astria, D., & Santi. (2021). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(2), 25. DOI: https://doi.org/10.36269/.v2i2.167

Ayamga, M. (2023). Developing Institutions and Inter-Organizational Synergies through Digitalization and Youth Engagement in African Agriculture: The Case of “Africa Goes Digital.” Land, 12(1). https://doi.org/10.3390/land12010199 DOI: https://doi.org/10.3390/land12010199

Chen, S. S. (2023). Youths’ attitudes toward open discussion of suicide, preferred contexts, and the impact of Internet use: An exploratory sequential mixed-methods study in Hong Kong. International Journal of Social Psychiatry, 69(3), 575–586. https://doi.org/10.1177/00207640221123394 DOI: https://doi.org/10.1177/00207640221123394

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075 DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 10. DOI: https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1397

Firmansyah, M. A. (2019). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Herna, H. (2022). Pemanfaatan Komunitas Virtual Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 12.

Kosasih, C. E. (2024). Comparing the effect of LINE-based and WhatsApp-based educational interventions on reproductive health knowledge, attitudes, and behaviors among Triad adolescents: A quasi-experimental study. Belitung Nursing Journal, 10(1), 87–95. https://doi.org/10.33546/bnj.3033 DOI: https://doi.org/10.33546/bnj.3033

Kustiawan, W., & others. (2022). Teori Penetrasi Sosial. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 10.

Oktaviani, A., Maulana, A., & Firmansyah, R. (2023). Peranan Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Di Era Digital. Mukasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 8. https://doi.org/10.54259/mukasi.v2i2.1592 DOI: https://doi.org/10.54259/mukasi.v2i2.1592

Olaimat, F. A. (2023). Ethical Considerations of WhatsApp Usage among Jordanian University Students: A Case Study of Mass Communication Colleges. Dirasat: Human and Social Sciences, 50(3), 344–362. https://doi.org/10.35516/hum.v50i3.5416 DOI: https://doi.org/10.35516/hum.v50i3.5416

Osei, O. E. (2023). Sustaining Ghanaian Transnational Parent–Child Relationships through WhatsApp: A Youth-Centric Perspective. Handbooks of Sociology and Social Research, 97–111. https://doi.org/10.1007/978-3-031-15278-8_7 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-031-15278-8_7

Oslé, J. E. T. (2023). Personal Exposure to Social Media and Variations by Gender among Cuban Youth. Psychology in Russia: State of the Art, 16(4), 72–89. https://doi.org/10.11621/PIR.2023.0405 DOI: https://doi.org/10.11621/PIR.2023.0405

Rakhmawati, Y. (2019). Komunikasi Antar Pribadi: Konsep dan Kajian Empiris. CV. Putra Media Nusantara (PMN).

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 147–159. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1134

Ratriyana, I. N. (2023). Why they do not care? Exploring young Indonesians’ low participation in proenvironmental activities. Asian Education and Development Studies, 12(4), 310–323. https://doi.org/10.1108/AEDS-03-2023-0029 DOI: https://doi.org/10.1108/AEDS-03-2023-0029

Riyana, C. (2020). Konsep Pembelajaran Online. Modul Pembelajaran Online, 1.

Rohmawati, L., & Sa’adah, J. (2021). Efektivitas Penerapan Media Sosial WhatsApp Terhadap Hasil Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII Mts Manbaul Bahri Dadap Indramayu). Efektivitas Penerapan Media, 7(1), 11. DOI: https://doi.org/10.37842/sinau.v7i1.58

Rubyanti, Y., & Rahma, W. (2012). Pengaruh Pelatihan Pengungkapan Diri Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Karyawan. Jurnal Psikologi, 16.

Sarmiati, & Roem, E. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. CV IRDH.

Schwartz, L. (2024). Generation WhatsApp: inter-brain synchrony during face-to-face and texting communication. Scientific Reports, 14(1). https://doi.org/10.1038/s41598-024-52587-2 DOI: https://doi.org/10.1038/s41598-024-52587-2

Toure, I. (2023). African youth movements put to the test of citizenship, democracy and development. E3S Web of Conferences, 418. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202341804003 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202341804003

Wahyuni, N. (2018). Peran Penggunaan Grup WhatsApp Dalam Proses Belajar Mengajar di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Mutakallimin; Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 8.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Erlinawati, E., & Sinduwiatmo, K. (2024). Peran WhatsApp dalam Komunikasi Interpersonal Remaja Desa Soki. Journal of Technology and System Information, 1(3), 13. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2515

Issue

Section

Articles