Mengkaji Dampak Implementasi Aplikasi JAKI Terhadap Aksesibilitas Pelayanan Publik di Kota Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/jsd.v1i4.2801Keywords:
Aplikasi Jaki, Aksesibilitas Pelayanan Publik, DKI JakartaAbstract
Aplikasi JAKI diluncurkan Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik bagi warganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penerapan aplikasi JAKI terhadap aksesibilitas pelayanan publik di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui ulasan pengguna terhadap pengguna aplikasi JAKI, dan observasi penggunaan aplikasi JAKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi JAKI memberikan dampak positif terhadap aksesibilitas pelayanan publik ditandai dengan semakin banyak pengguna aplikasi JAKI, kemudahan dalam mengakses informasi dan layanan publik, serta efisiensi waktu dan biaya dalam mengelola berbagai kebutuhan. Namun penelitian ini juga menemukan beberapa kendala dalam implementasi aplikasi JAKI, seperti terbatasnya akses internet, rendahnya literasi digital, dan sosialisasi yang kurang optimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi JAKI merupakan salah satu upaya efektif untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik di DKI Jakarta. Namun perlu dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala yang ada, seperti peningkatan akses internet, peningkatan literasi digital, dan optimalisasi sosialisasi aplikasi JAKI.
References
Al-Adha, Y., & Atmojo, M. E. (2023). Efektivitas Program Jak Lingko Dalam Upaya Menurunkan Indeks Kemacetan Di Dki Jakarta. Demokrasi, 3(1), 63–81. https://doi.org/10.36269/dmkr.v3i1.1442 DOI: https://doi.org/10.36269/dmkr.v3i1.1442
Ammas, M. A. M., Alfianshah, A. F., Tarigan, A. E., Gunawan, A., & Idham, M. F. A. (2023). Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Kasus Implementasi Aplikasi Jaki). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(2), 140–149.
Barunea, P. P., Anastasya, M. P., Dalwiyanis R, N., & Wahyuni, O. S. (2023). Evaluasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Mewujudkan Jakarta Smart City (Kajian Pemanfaatan Layanan JakWifi ). Journal of Social Contemplativa, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.61183/jsc.v1i1.12 DOI: https://doi.org/10.61183/jsc.v1i1.12
Cepat Respon Masyarakat DKI Jakarta. (2024). No Title. https://crm.jakarta.go.id/
Fadhlurrahman, M. R. R., & Aknuranda, I. (2022). Evaluasi Usability pada Aplikasi JAKI menggunakan Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3857–3863. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11464
Fajar, A. R., & Fatkhuri. (2023). Tingkat Pemerintah Lokal Melalui Paradigma Nilai Publik : Studi Kasus Aplikasi Jakarta Kini ( Jaki ) Dki Jakarta. Journal Of Government : Manajemen Pemerintahan Dan Otonomi Daerah, 9(1), 53–70.
Hasibuan, A., & Sulaiman, O. K. (2019). Smart Cit, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. Buletin Utama Teknik, 14(2), 127–135. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1097
JDIH Provinsi DKI Jakarta. (2015). Instruksi Gubernur Nomor 223 Tahun 2015 tentang Penggunaan Aplikasi Jakarta Smart City diLingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. https://jdih.jakarta.go.id/dokumen/detail/10525
Kalihva, N. A., Yuwono, T., & Ghulam Manar, D. (2022). Implementasi Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima di DKI Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 12(3), 447–465.
Menpan. (2022). Inilah Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022! https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/inilah-top-inovasi-pelayanan-publik-terpuji-tahun-2022
Ramadhania, A., Muradi, & Sutisna, J. (2023). E-Government Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Melalui Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Tahun 2022. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan Penerapan, 5(1), 29–48. http://neorespublica.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/146%0Ahttp://neorespublica.uho.ac.id/index.php/journal/article/download/146/51
Sofiana, A. (2023). Analisis Implementasi Open Government Melalui Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) Pada Fitur Jak-Respon Dalam Penyebarluasan Informasi Publik. Journal of Social Contemplativa, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.61183/jsc.v1i1.10 DOI: https://doi.org/10.61183/jsc.v1i1.10
Solong, A., & Muliadi. (2021). Inovasi Pelayanan Publik. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, 10, 76–86. https://doi.org/10.47030/aq.v10i2.82 DOI: https://doi.org/10.47030/aq.v10i2.82
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101 DOI: https://doi.org/10.18196/jphk.1101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raihan Febri Subiyanto, Muhammad Afrilla Guffari, Aksel Ary Saputra, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.