Pengaruh Persuasi pada Instagram @UMT.Indonesia terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Tangerang Tahun 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3582Keywords:
Instagram, Keputusan, Komunikasi, Pemilihan, PersuasifAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh komunikasi persuasif di Instagram @umt.indonesia terhadap proses pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di Kota Tangerang. Akun Instagram @umt.indonesia, milik Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), menjadi salah satu sarana utama untuk mempromosikan citra institusi, program studi, serta keunggulan kampus kepada calon mahasiswa di Kota Tangerang. Melalui konten yang informatif, persuasif, dan terstruktur, akun ini diharapkan dapat membangun daya tarik dan keyakinan calon mahasiswa untuk memilih UMT sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menganalisis data dari 350 responden. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara konten persuasif di Instagram dengan keputusan calon mahasiswa untuk mendaftar di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Faktor-faktor seperti pengaruh teman sebaya, reputasi universitas, dan kualitas program juga ditemukan mempengaruhi pilihan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi persuasif, terutama melalui platform media sosial seperti Instagram, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi siswa dan pada akhirnya keputusan pendaftaran mereka.
References
Abdul Akbar Al Qowiyu. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kelompok ReferensiTerhadap Keputusan Mahasiswa Memilih JurusanPendidikan Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakar. 1–80.
Adolph, R. (2019). Bab II Kajian Teori. 1–23.
Aisyah, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Hotel Whize Prime Hasanuddin di Kota Makassar. Marketing Strategy, 1(1), 1–15.
Amaliya, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Jurnal Education and Economic, 8, 37–43. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3473%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3473/2240
Amin, A. M., & Hendra. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Anisa, & Murtadlo, N. (2022). Pengaruh Gaya Bahasa Pada Iklan Promosi “Shopee Cod.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 12–20. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.127
Arafat. (2020). Strategi Komunikasi Humas Iain Palu dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru Pasca Bencana Palu, Sigi, dan Donggala.
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran : Konsep dan Aplikasi Era Digital.
Arline, D. H. (2020). Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pasar Cinangsi Gandrungmangu). Skripsi IAIN Purwokerto.
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479
Basit, A. (2022). Penelitian Tentang Instagram, Referensi Penelitian Relevan (Terdahulu) Proposal, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Jurnal Ilmiah. Wislah.Com. https://wislah.com/penelitian-tentang-instagram/
Bisnis, D. A. N., Katolik, U., & Thomas, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Baru Ta 2023/2024 Memilih Program Studi Manajemen Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan. 24(1), 145–152.
Dahuri, D. (2022). Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Alami Pertumbuhan Pesat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/512257/universitas-muhammadiyah-tangerang-umt-alami-pertumbuhan-pesat
Desi Damayani Pohan, U. S. F. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Dwi, A. (2023). Faktor, Strategi dan Contoh Komunikasi Persuasif. UMSU. https://fisip.umsu.ac.id/faktor-strategi-dan-contoh-komunikasi-persuasif/
Dwiyana, L., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.47467/mk.v21i1.875
Evi Septiana, W. (2022). Penerapan Komunikasi Persuasif Pada Kawasan Bebas Asap Rokok Universitas Muhammadiyah Makassar. 4, 29.
Fahruji, D., & Fahrudin, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus tentang Akun Media Sosial Partai Politik dan Politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118–132. https://doi.org/10.31949/jika.v6i2.6675
Fauzi, A. I. (2019). Yuk Kuliah Di UMT, Berikut Berbagai Keunggulan. Tangerangnews.Com. https://www.tangerangnews.com/kota-tangerang/read/31875/Yuk-Kuliah-di-UMT-Berikut-Berbagai-Keunggulannya
Fitria, N., & Arifudin, O. (2020). Analisis Faktor-faktor terhadap penganbilan keputusan calon mahasiswa untuk memilih jurusan pendidikan agama islam. Jurnal Al-Amar, 1(2), 120–127.
Fudsyi, M. (2020). Pengaruh Audit Pemasaran terhadap Efisiensi dan Efektivitas Fungsi Pemasaran pada Politeknik LP31 Bandung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 8(September), 22–47.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18
Hoerunisa, H., Rambe, H., Marchilaz, F., & Rosa, D. (2024). Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Integrated Marketing Communication pada Penjualan Braidwood.id. 02(01), 38–44. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/index
Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea
Itasari, A. A. (2024). Pengantar Komunikasi Persuasif (Sihabuddin (ed.); Pertama). UNISRI Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5i4wEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=Adapun+hal-hal+yang+harus+diperhatikan+dalam+komunikasi+persuasif+
JASMINE, K. (2014). Pengaruh Faktor Identifikasi Pengaruh Faktor Identifikasi Organisasi, Reputasi, Biaya, dan Infrastruktur Terhadap Kepuasan Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi Swasta SKRIPSI NamaOrganisasi, Reputasi, Biaya, dan Infrastruktur Terhadap Kepuasan Mahasiswa B. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Kanada, R. (2019). Trend Promosi Perguruan Tinggi yang Ampuh dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru ( Studi Kasus Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Journal of Islamic Education Managemen, 5(1), 81–92. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/5355
Kasmirada, I. G. K. S., & Wahyuni, I. I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Brand AUM Apparel pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 7(2), 177–195. https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.710
Kurnia. (2022). Analisis Strategi Pemasaran PT Indra Langgeng Jaya. Jurnal AKMAMI (Akuntansi …, 3(2), 158–168. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/619%0Ahttp://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/download/619/670
Kurnia, D., & Deviyantoro. (2023). Analisis Faktor-Faktor Pada Perguruan Tinggi Yang Diminati Masyarakat. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30656/jakmen.v2i1.6683
Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategis Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(3), 294–307. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i3.772
Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 294–307. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247
Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).
Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Muh Ilyas. (2010). Komunikasi Persuasif Menurut Al-Qur’an. Journal Al Tajdid, 11(1), 51.
Muhridha, A. (2020). Strategi Persuasif Dalam Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Swasta Lingkup Lldikti Ix Di Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Nurul Islah Watajdid, A. L., & Fitroh, D. S. A. (2020). Systematic Literature Review : Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 20(2), 108–118. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179
Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital.
Paranita, R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Puspitasari, I. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 10(02), 21–39.
Putri, A. (2024). Strategi Komunikasi Mudabbirah dalam Pembinaan Ibadah Mahasantri Strategi Komunikasi Mudabbirah dalam Pembinaan Ibadah Mahasantri. 13, 195–210.
Putri, S., & Amelia. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif : Komunitas Bikers Subuhan Pangkalpinang dalam Mewujudkan Visi Organisasi. Komunikasia, 2(2), 1–16.
Rabbani, D. B., Diwyarthi, N. D. M. S., Muliyati, A, M. U., Hadawiah, Sari, Y. P., Sukrin, Haryanti, I., Santoso, M. H., Ardani, W., & Salehan. (2022). Konsep Dasar Komunikasi Pemasaran (M. S. Dr. Drs. Marto Silalahi (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Ranishya, R. (2024). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/rayyaranishya
Reza, F., & Silalahi, I. V. (2023). Peran Sosial Media dalam Perkembangan Pemasaran Digital : A Systematic Literature Review. Jurnal Dimamu, 3(1), 97–111. https://doi.org/10.32627/dimamu.v3i1.868
Rosikin, A. N. (2024). Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tribunnews. https://www.tribunnewswiki.com/2020/08/05/universitas-muhammadiyah-tangerang
Sa’adah, Z., & Susilo, R. K. D. (2023). Studi Evaluasi Tentang Efektivitas Kelompok Pemberdayaan Sadar Wisata Mangrove Center Tuban (MCT). JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 131. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9828
Salsabilla, N., & Rahman, S. (2023). Perencanaan Strategi Komunikasi Persuasif Oleh Petugas Pemasyarakatan Dalam Mencapai Efektivitas Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Metro. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(6), 88–98.
Setiawan, H. (2024). Mengapa Pendidikan itu Penting bagi Manusia: Mengulik Signifikansi yang Tersembunyi. TambahPinter.Com. https://tambahpinter.com/mengapa-pendidikan-itu-penting-bagi-manusia/
Sidiq, A., & Rohman, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Bangunan Bapak Fairus Modung Bangkalan Dalam Perspektif Skb. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888
Sulistyastuti, I. A. A. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Gojek Dalam Menarik Minat Pelanggan. Skripsi.
Ummah, M. S. (2019). Analisis Strategi Pengelolaan Ma’Had Al-Jami"Ah Lain Curup. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Violita Saffira, G. H. M. E. P. (2020). Analisis Komunikasi Persuasif Pada Akun Instagram Frelynshop Dalam Meningkatkan Brand Image. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 227–240. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.788
Winarto, A., Mahmud, E., & Muadin, A. (2023). Manajemen Humas dalam Membangun Citra Lembaga: Studi Multisitus di STAI Sangatta dan STIPER Sangatta Kutai Timur. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 159–169. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3355
Windy Talitha Iswari. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image PT Tokopedia. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 15(1), 24–34. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.978
Zakiya, D. P. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Akun Tiktok@ Hiyung_Agam Sebagai Media Berdakwah. Skripsi.
Zilfania Rizal, V. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 75–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Wahyuni, Risty Anjani, Hanifah Wahyu Fadilah, Dinda Mariyam, Toddy Aditya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.