Pengaruh Persuasi pada Instagram @UMT.Indonesia terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Tangerang Tahun 2024/2025

Authors

  • Putri Wahyuni Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Risty Anjani Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hanifah Wahyu Fadilah Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dinda Mariyam Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Toddy Aditya Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3582

Keywords:

Instagram, Keputusan, Komunikasi, Pemilihan, Persuasif

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh komunikasi persuasif di Instagram @umt.indonesia terhadap proses pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di Kota Tangerang. Akun Instagram @umt.indonesia, milik Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), menjadi salah satu sarana utama untuk mempromosikan citra institusi, program studi, serta keunggulan kampus kepada calon mahasiswa di Kota Tangerang. Melalui konten yang informatif, persuasif, dan terstruktur, akun ini diharapkan dapat membangun daya tarik dan keyakinan calon mahasiswa untuk memilih UMT sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menganalisis data dari 350 responden. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara konten persuasif di Instagram dengan keputusan calon mahasiswa untuk mendaftar di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Faktor-faktor seperti pengaruh teman sebaya, reputasi universitas, dan kualitas program juga ditemukan mempengaruhi pilihan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi persuasif, terutama melalui platform media sosial seperti Instagram, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi siswa dan pada akhirnya keputusan pendaftaran mereka.

References

Abdul Akbar Al Qowiyu. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kelompok ReferensiTerhadap Keputusan Mahasiswa Memilih JurusanPendidikan Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakar. 1–80.

Adolph, R. (2019). Bab II Kajian Teori. 1–23.

Aisyah, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Hotel Whize Prime Hasanuddin di Kota Makassar. Marketing Strategy, 1(1), 1–15.

Amaliya, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Jurnal Education and Economic, 8, 37–43. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3473%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3473/2240

Amin, A. M., & Hendra. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Anisa, & Murtadlo, N. (2022). Pengaruh Gaya Bahasa Pada Iklan Promosi “Shopee Cod.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 12–20. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.127

Arafat. (2020). Strategi Komunikasi Humas Iain Palu dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru Pasca Bencana Palu, Sigi, dan Donggala.

Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102

Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran : Konsep dan Aplikasi Era Digital.

Arline, D. H. (2020). Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pasar Cinangsi Gandrungmangu). Skripsi IAIN Purwokerto.

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479

Basit, A. (2022). Penelitian Tentang Instagram, Referensi Penelitian Relevan (Terdahulu) Proposal, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Jurnal Ilmiah. Wislah.Com. https://wislah.com/penelitian-tentang-instagram/

Bisnis, D. A. N., Katolik, U., & Thomas, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Baru Ta 2023/2024 Memilih Program Studi Manajemen Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan. 24(1), 145–152.

Dahuri, D. (2022). Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Alami Pertumbuhan Pesat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/512257/universitas-muhammadiyah-tangerang-umt-alami-pertumbuhan-pesat

Desi Damayani Pohan, U. S. F. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Dwi, A. (2023). Faktor, Strategi dan Contoh Komunikasi Persuasif. UMSU. https://fisip.umsu.ac.id/faktor-strategi-dan-contoh-komunikasi-persuasif/

Dwiyana, L., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.47467/mk.v21i1.875

Evi Septiana, W. (2022). Penerapan Komunikasi Persuasif Pada Kawasan Bebas Asap Rokok Universitas Muhammadiyah Makassar. 4, 29.

Fahruji, D., & Fahrudin, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus tentang Akun Media Sosial Partai Politik dan Politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118–132. https://doi.org/10.31949/jika.v6i2.6675

Fauzi, A. I. (2019). Yuk Kuliah Di UMT, Berikut Berbagai Keunggulan. Tangerangnews.Com. https://www.tangerangnews.com/kota-tangerang/read/31875/Yuk-Kuliah-di-UMT-Berikut-Berbagai-Keunggulannya

Fitria, N., & Arifudin, O. (2020). Analisis Faktor-faktor terhadap penganbilan keputusan calon mahasiswa untuk memilih jurusan pendidikan agama islam. Jurnal Al-Amar, 1(2), 120–127.

Fudsyi, M. (2020). Pengaruh Audit Pemasaran terhadap Efisiensi dan Efektivitas Fungsi Pemasaran pada Politeknik LP31 Bandung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 8(September), 22–47.

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18

Hoerunisa, H., Rambe, H., Marchilaz, F., & Rosa, D. (2024). Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Integrated Marketing Communication pada Penjualan Braidwood.id. 02(01), 38–44. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/index

Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea

Itasari, A. A. (2024). Pengantar Komunikasi Persuasif (Sihabuddin (ed.); Pertama). UNISRI Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5i4wEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=Adapun+hal-hal+yang+harus+diperhatikan+dalam+komunikasi+persuasif+

JASMINE, K. (2014). Pengaruh Faktor Identifikasi Pengaruh Faktor Identifikasi Organisasi, Reputasi, Biaya, dan Infrastruktur Terhadap Kepuasan Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi Swasta SKRIPSI NamaOrganisasi, Reputasi, Biaya, dan Infrastruktur Terhadap Kepuasan Mahasiswa B. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.

Kanada, R. (2019). Trend Promosi Perguruan Tinggi yang Ampuh dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru ( Studi Kasus Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Journal of Islamic Education Managemen, 5(1), 81–92. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/5355

Kasmirada, I. G. K. S., & Wahyuni, I. I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Brand AUM Apparel pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 7(2), 177–195. https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.710

Kurnia. (2022). Analisis Strategi Pemasaran PT Indra Langgeng Jaya. Jurnal AKMAMI (Akuntansi …, 3(2), 158–168. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/619%0Ahttp://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/download/619/670

Kurnia, D., & Deviyantoro. (2023). Analisis Faktor-Faktor Pada Perguruan Tinggi Yang Diminati Masyarakat. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30656/jakmen.v2i1.6683

Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategis Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(3), 294–307. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i3.772

Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 294–307. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Muh Ilyas. (2010). Komunikasi Persuasif Menurut Al-Qur’an. Journal Al Tajdid, 11(1), 51.

Muhridha, A. (2020). Strategi Persuasif Dalam Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Swasta Lingkup Lldikti Ix Di Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Nurul Islah Watajdid, A. L., & Fitroh, D. S. A. (2020). Systematic Literature Review : Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 20(2), 108–118. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179

Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital.

Paranita, R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Puspitasari, I. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 10(02), 21–39.

Putri, A. (2024). Strategi Komunikasi Mudabbirah dalam Pembinaan Ibadah Mahasantri Strategi Komunikasi Mudabbirah dalam Pembinaan Ibadah Mahasantri. 13, 195–210.

Putri, S., & Amelia. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif : Komunitas Bikers Subuhan Pangkalpinang dalam Mewujudkan Visi Organisasi. Komunikasia, 2(2), 1–16.

Rabbani, D. B., Diwyarthi, N. D. M. S., Muliyati, A, M. U., Hadawiah, Sari, Y. P., Sukrin, Haryanti, I., Santoso, M. H., Ardani, W., & Salehan. (2022). Konsep Dasar Komunikasi Pemasaran (M. S. Dr. Drs. Marto Silalahi (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Ranishya, R. (2024). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/rayyaranishya

Reza, F., & Silalahi, I. V. (2023). Peran Sosial Media dalam Perkembangan Pemasaran Digital : A Systematic Literature Review. Jurnal Dimamu, 3(1), 97–111. https://doi.org/10.32627/dimamu.v3i1.868

Rosikin, A. N. (2024). Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tribunnews. https://www.tribunnewswiki.com/2020/08/05/universitas-muhammadiyah-tangerang

Sa’adah, Z., & Susilo, R. K. D. (2023). Studi Evaluasi Tentang Efektivitas Kelompok Pemberdayaan Sadar Wisata Mangrove Center Tuban (MCT). JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 131. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9828

Salsabilla, N., & Rahman, S. (2023). Perencanaan Strategi Komunikasi Persuasif Oleh Petugas Pemasyarakatan Dalam Mencapai Efektivitas Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Metro. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(6), 88–98.

Setiawan, H. (2024). Mengapa Pendidikan itu Penting bagi Manusia: Mengulik Signifikansi yang Tersembunyi. TambahPinter.Com. https://tambahpinter.com/mengapa-pendidikan-itu-penting-bagi-manusia/

Sidiq, A., & Rohman, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Bangunan Bapak Fairus Modung Bangkalan Dalam Perspektif Skb. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888

Sulistyastuti, I. A. A. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Gojek Dalam Menarik Minat Pelanggan. Skripsi.

Ummah, M. S. (2019). Analisis Strategi Pengelolaan Ma’Had Al-Jami"Ah Lain Curup. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Violita Saffira, G. H. M. E. P. (2020). Analisis Komunikasi Persuasif Pada Akun Instagram Frelynshop Dalam Meningkatkan Brand Image. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 227–240. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.788

Winarto, A., Mahmud, E., & Muadin, A. (2023). Manajemen Humas dalam Membangun Citra Lembaga: Studi Multisitus di STAI Sangatta dan STIPER Sangatta Kutai Timur. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 159–169. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3355

Windy Talitha Iswari. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image PT Tokopedia. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 15(1), 24–34. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.978

Zakiya, D. P. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Akun Tiktok@ Hiyung_Agam Sebagai Media Berdakwah. Skripsi.

Zilfania Rizal, V. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 75–87.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Wahyuni, P., Anjani, R., Fadilah, H. W., Mariyam, D., & Aditya, T. (2025). Pengaruh Persuasi pada Instagram @UMT.Indonesia terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Tangerang Tahun 2024/2025. Interaction Communication Studies Journal, 1(4), 20. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3582

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.