Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Pakaian Thrift (akun @spezialmbois)

Authors

  • Belqis Destinola Maritza Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2534

Keywords:

Instagram, pakaian bekas, pemasaran digital, media sosial,, keterlibatan.

Abstract

Abstrak : Studi kualitatif ini meneliti efektivitas Instagram sebagai alat pemasaran digital untuk bisnis pakaian bekas, dengan menggunakan Model Lingkaran Beberapa Teori sebagai kerangka analisis. Melalui analisis yang teliti terhadap aspek Berbagi, Mengelola, Berinteraksi, dan Mengoptimalkan, penelitian ini mengungkap bagaimana bisnis tersebut secara efektif memanfaatkan Instagram untuk menyebarkan konten visual yang menarik, mengoptimalkan penyebaran informasi melalui fitur bio, dan mengelola akun melalui dasbor profesional. Selain itu, strategi keterlibatan seperti penawaran produk dan giveaway pada Instagram stories meningkatkan interaksi konsumen. Temuan tersebut menegaskan efektivitas Instagram sebagai platform untuk pemasaran fashion, menawarkan wawasan berharga bagi bisnis yang ingin memanfaatkan media sosial untuk promosi merek dan keterlibatan pelanggan.

References

R. Afad, B. Pradana, and B. Ayodya, "Seminar Nasional 2022 'Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi,'" vol. 1, no. 1, 2022.

S. Efrida and A. Diniati, "Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017," *Jurnal Kajian Komunikasi*, vol. 8, no. 1, 2020. [Online]. Available: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365 DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365

Lestari and S. Petri, "Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Produk," *Jurnal Interaksi*, vol. 4, no. 2, pp. 139–147, 2015.

V. Valiant, "Instagram sebagai Media Eksistensi Diri," *Universitas Persada Indonesia*, vol. 1, no. 1, pp. 1–79, 2020.

P. M. Aji, V. Nadila, and L. Sanny, "Effect of Social Media Marketing on Instagram Toward Purchase Intention: Evidence from Indonesia's ready to drink tea industry," *International Journal of Data and Network Science*, pp. 91–104, 2020. DOI: https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002

R. L. Saputro, "Thrift Store Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mempertahankan Eksistensi Pakaian Bekas Sebagai Budaya Populer di Surabaya)," *AntroUnairdotNet*, vol. VII, no. 3, pp. 335, 2018.

G. S. Virgina, "Surabaya," *Jurusan Ilmu Sosial Program Studi Sosiologi*, Januari 2022.

Tim, "Impor pakaian bekas bikin Jokowi Kesal, Apa Sih Bahayanya?," *CNN Indonesia*, March 16, 2023. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230316064931-92-925675/impor-pakaian-bekas-bikin-jokowi-kesal-apa-sih-bahayanya

D. Getz, "Event Management and Event Tourism," University of Calgary, Canada, 1997.

F. Kurniadi and D. Hariyanto, "Trategi Komunikasi Pemasaran Medical Representative," *KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi*, vol. 1, no. 2, 2016. [Online]. Available: https://doi.org/10.21070/kanal.v1i2.337 DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v1i2.337

D. Hariyanto, *Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi*, Umsida Press, pp. 1-119, 2021. [Online]. Available: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7 DOI: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7

P. Kotler and K. Keller, *Manajemen Pemasaran Jilid 2*, Erlangga Jakarta, 2008.

F. Tjiptono, *Strategi Pemasaran*, Andi Ofset, Yogyakarta, 2001.

T. Fadillah, N. Nurprapti, and A. Nesia, "Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Papistar Melalui Media Sosial Instagram," *Lainnya thesis*, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2018.

G. Luttrell, "The Circular Model of Some for Social Communication," January 5, 2015. [Online]. Available: https://ginaluttrellphd.com/the-circular-model-of-some-for-social-communication/

Sugiyono, *Memahami Penelitian Kualitatif*, CV Alfabeta, Bandung, 2009.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Maritza, B. D., & Hariyanto, D. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Pakaian Thrift (akun @spezialmbois). Interaction Communication Studies Journal, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2534

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.