Perancangan Aplikasi Marketplace Toko Tani Indonesia Center Berbasis Web

Authors

  • Rafel Ardinata Hermawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Azmuri Wahyu Azinar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3104

Keywords:

Perancangan Sistem, E-commers, Situs Web

Abstract

Dalam konteks digitalisasi perdagangan yang meningkat, perusahaan memerlukan sistem informasi yang kuat untuk meningkatkan pemasaran. Toko Tani Indonesia Center, yang populer karena beragam penawaran produk dan layanan prima, berupaya meningkatkan kualitas layanan melalui aplikasi marketplace berbasis web. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas produk, memfasilitasi akses pengguna, dan meningkatkan efisiensi transaksi. Penelitian sebelumnya menyoroti kekurangan fitur di marketplace yang ada, mendorong integrasi fungsi tambahan seperti riwayat transaksi, pelaporan penjualan dengan grafik, pilihan metode pembayaran, dan fitur obrolan WhatsApp dalam aplikasi baru. Metode Pengembangan Aplikasi Cepat (RAD) digunakan, melibatkan tahapan identifikasi pengguna, perencanaan kebutuhan, desain pengguna, pengembangan aplikasi, dan cutover. Hasilnya adalah aplikasi yang berpusat pada pengguna yang selaras dengan tujuan pusat, secara signifikan meningkatkan interaksi pengguna dan hasil penjualan, sehingga menunjukkan efektivitas menggabungkan umpan balik pengguna secara komprehensif dalam pengembangan aplikasi.

References

Akbar, W., Kurniawan, R., Tarantang, J., & ... (2022). Assistance and Utilization of The Marketplace In The Facebook Application As A Mean of Buying By Traders In Palangka Raya City. Jurnal Penyuluhan …. https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/article/view/45 DOI: https://doi.org/10.59066/jppm.v1i3.45

Akmala, S. (2019). Perkembangan Internet Pada Generasi Muda Di Indonesia Dengan Kaitan Undang-Undang Ite Yang Berlaku. Cyber Security Dan Forensik Digital, 1(2), 45–49. https://doi.org/10.14421/csecurity.2018.1.2.1371 DOI: https://doi.org/10.14421/csecurity.2018.1.2.1371

Atmaja, R. D., Faizah, N., & Kambry, M. A. (2023). Aplikasi E–Commerce Toko Sinar Bella dengan Metode Rapid Application Development (RAD) menggunakan Framework CodeIgniter 4. Design Journal, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.58477/dj.v1i1.26 DOI: https://doi.org/10.58477/dj.v1i1.26

Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329 DOI: https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). … Manajemen Pendidikan Dan …. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/867 DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Dewantara, R., Cakranegara, P. A., Wahidin, A. J., Muditomo, A., Gede, I., & Sudipa, I. (2022). Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Penentuan Jaringan Dan Pemanfaatan Internet Pada Provinsi Indonesia. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 6(2), 1226–1238. DOI: https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i2.495

Fiqri, M., Wahyuningsih, S., & ... (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace Terbaik Menggunakan Metode AHP pada Kelurahan Gunung Batu. Jurnal Pendidikan Sains …. https://jurnal.itscience.org/index.php/jpsk/article/view/1724 DOI: https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1724

Firdaus, F., & Bachtiar, L. (2020). Pengembangan Teknologi E-Marketplace Untuk Hasil Pertanian, Perkebunan Dan Perikanan Kecamatan Seranau. Journal of Information Sistem Research, 2(1), 109–115.

Fryonanda, H. (2023). Perancangan Sistem Informasi E-Commerce. 4(1), 43–51.

Haryani, P. (2021). Pelatihan Marketplace Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 78–83. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1085 DOI: https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1085

Herdiansah, D. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Sistem Informasi Administrasi Rukun Warga Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Media Online), 4(2), 730–739. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1213

Hutauruk. (2017). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android. Jurnal Methodika, 3(1), 242–246.

Isa, I. G. T., & Hartawan, G. P. (2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 139–151.

Luthfiana, N. D. S. P. H. (2019). 23683-48236-1-Sm. Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pembeli Di Marketplace Shopee). Diponegoro Journal Of Social And Politic., 1–7. DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.23767

Mahardhika, W. T., Fauzi, A., Supu, A. L. A., & ... (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop pada Marketplace Shopee (Studi Pustaka Manajemen Sekuriti). Jurnal Ilmu …. https://greenpub.org/JIM/article/view/239 DOI: https://doi.org/10.38035/jim.v2i1.239

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan …. https://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/204 DOI: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204

Nirad, D. W. S., Hadiguna, R. A., & ... (2023). Optimalisasi UMKM di Kepulauan Mentawai Melalui Marketplace dan Digitalisasi Logistik. Journal of Applied …. https://journal.isas.or.id/index.php/JACOST/article/view/467

Nst, C. J., Putri, N., & Lawita, N. F. (2021). Perancangan Basis Data (Emos Marketplace) Sebagai Transaksi PT. Primarintis Sejahtera. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1463

Purnawan, E., Brunori, G., & Prosperi, P. (2020). Small family farms; a perspective from indonesia, challenges and investment. No. Dec, December.

Setiajie Anugrah, I., Hestina, J., Suryani, E., & Wahyuni, S. (2022). KINERJA E-COMMERCE TOKO TANI INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN DISTRIBUSI PANGAN Performance of E-Commerce Toko Tani Indonesia in Food Distribution Development. Analisis Kebijakan Pertanian, 20(1), 49–71.

Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan digital marketing pada marketplace sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM pulo gadung jakarta timur pada masa new normal. Jurnal Abdimas Perbanas. https://journal.perbanas.id/index.php/jap/article/view/422 DOI: https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422

Susilo, B., Hanyokro Kusuma, G., Hayatul Fikri, M., Saputri, R., Aulia Putri, R., Rohimah, S., Luthfi Hamzah, M., & Sultan Syarif Kasim Riau, N. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada Kantor Lurah Kotabaru Reteh Dengan Metode Rapid Application Develovment (Rad). Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 17–28.

Vilano, N., & Budi, S. (2020). Penerapan Kansei Engineering dalam Perbandingan Desain Aplikasi Mobile Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem …. https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/2705 DOI: https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i2.2705

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433 DOI: https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433

Widiana, S. A., Sintaro, S., Arundaa, R., Alfonsius, E., & Lapihu, D. (2022). Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) dengan Formulasi Penyusunan Kode. Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), 1(1), 35–43. https://doi.org/10.58602/itsecs.v1i1.11 DOI: https://doi.org/10.58602/itsecs.v1i1.11

Yaputra, M. (2023). Peran User-Centered Design terhadap Perancangan User Experience Aplikasi Community Marketplace. JDMIS: Journal of Data Mining and Information …. https://journal.yp3a.org/index.php/jdmis/article/view/1525 DOI: https://doi.org/10.54259/jdmis.v1i1.1525

Zhafran, R. N., Fitri, A. S., & Kartika, D. S. Y. (2024). RANCANG BANGUN APLIKASI E-MARKETPLACE PET CARE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains …. http://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/2693

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Hermawan, R. A., & Azinar, A. W. (2024). Perancangan Aplikasi Marketplace Toko Tani Indonesia Center Berbasis Web. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(3), 20. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3104

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.