Penerapan Teknologi Augemented Reality Sebagai Media Promosi
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.3051Keywords:
Android, Augmented Reality, Brosur, Media Promosi, Objek 3DAbstract
Pemasaran merupakan cara untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi serta mengajak target sehingga produk dapat diterima pembeli, membeli dan meningkatkan kebutuhan produk yang dipasarkan. Pemasaran produk membutuhkan inovasi sebagai media promosi. Teknologi Augmented Reality dapat membantu dalam memilih produk yang diinginkan melalui scan objek 3D yang ada di brosur atau media cetak yang serupa. Realitas berimbuh atau biasa disebut Augmented Reality merupakan elemen nyata dan maya di lingkungan yang nyata yang bisa dieksekusi secara langsung dan interaktif. Penggabungan ini dapat dimungkinkan mealui perangkat input tertentu dan integrasi yang memerlukan implementasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Augmented Reality sebagai media promosi di PT Delisari Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan observasi, wawancara dan kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah PT Delisari Nusantara. Hasil dari wawancara, observasi dan kepustakaan menyatakan bahwa teknologi Augmented Reality mampu diterapkan untuk meningkatkan minat beli calon pembeli sebagai media promosi di PT Delisari Nusantara. Dimana mengurangi biaya dalam penawaran produk dan memberikan sensasi berbeda sehingga pembeli tertarik dengan produk tersebut.
References
Ababil, Y., & Tanti, L. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Promosi Penjualan Hp Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. … Technology and Cyber Crime …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3328412&val=29177&title=Rancang%20Bangun%20Aplikasi%20Promosi%20Penjualan%20Hp%20Menggunakan%20Augmented%20Reality%20Berbasis%20Android
Abadiya, S. D., & Fatmaningtyas, I. D. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Promosi Fasilitas SMP Bhakti Mulia Jakarta Timur. … For Educators And …. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/1549 DOI: https://doi.org/10.51211/itbi.v5i2.1549
Abdullah, D., Sani, A., & Hasan, A. (2019). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality pada media pengenalan bangunan bersejarah rumah kediaman Bung Karno Bengkulu berbasis Android. Pseudocode. https://ejournal.unib.ac.id/pseudocode/article/view/7236 DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.1.21-29
Ansari, A. (2017). Universitas Sumatera Utara.
Arista, P. D. (2016). No Title.
Armia, & Ardian, Z. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Informatics and Computer Science, 7(1), 10–16.
Dijaya, R., Bintara, W. S., & Fitrani, A. S. (2021). Wisata Alam Digital Di Kota Kediri Menggunakan Augmented Reality. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 293–304. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2001 DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2001
Dijaya, R., Wardana, R. B., & Suprianto, S. (2021). Interactive Digital Catalog for Canopy Workshop Using Augmented Reality. Jurnal Online Informatika, 6(2), 188. https://doi.org/10.15575/join.v6i2.761 DOI: https://doi.org/10.15575/join.v6i2.761
Fachruddin, M., Dijaya, R., & Rosid, M. A. (2023). Replication of the Climbing Post on Mount Arjuno Using Augmented Reality (AR) with the Open Asset Import Library Method. Procedia of Engineering and Life Science, 4(June). https://doi.org/10.21070/pels.v4i0.1428 DOI: https://doi.org/10.21070/pels.v4i0.1428
Fakhresi, A. A., & Dijaya, R. (2022). Interactive Augmented Reality Web for Introduction to Plants in the Sukolelo Prigen Herbal Village. Procedia of Engineering and Life Science, 3(December). https://doi.org/10.21070/pels.v3i0.1314 DOI: https://doi.org/10.21070/pels.v3i0.1314
Gozali, I. (2019). Augmented Reality Untuk Media Promosi Penjualan Gantungan Kunci Digital Monster (Digimon) Di Toko Ananda. UNIVERSITAS SEMARANG. http://transit.ftik.usm.ac.id/uploads/article/VOL7-NO4-APRIL-2019/110%20%C3%94%C3%87%C3%B4%20115%20(Imam%20Gozali).pdf
Kebun, E., Sebagai, J., & Pembelajaran, M. (2023). Aplikasi ekplorasi 3d dan visualisasi objek wisata edukasi kebun jeruk sebagai media pembelajaran berbasis android augmented reality. 8(3), 971–984. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4019
Lubis, I., Wulaningrum, H., & Andriana, S. D. (2022). Augmented Reality Pengenalan Lingkungan Kampus II Universitas Harapan Medan Dengan Metode Markerless. Jurnal Krisnadana. https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/jkdn/article/view/232 DOI: https://doi.org/10.58982/krisnadana.v2i1.232
Maulana, S. W., Dijaya, R., Taurusta, C., & Astutik, I. R. I. (2023). Penerapan Augmented Reality Dalam Replikasi Tata Letak Studio Foto. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(2), 404. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i2.6003 DOI: https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i2.6003
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (n.d.). AUGMENTED REALITY. 36–48.
Nawir, F., & Hamdat, A. (2021). Penerapan augmented reality sebagai media digital marketing di masa pandemi Covid 19 pada pengusaha penginapan di Malino. TEKMULOGI J. Pengabdi …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3529912&val=30878&title=Penerapan%20augmented%20reality%20sebagai%20media%20digital%20marketing%20di%20masa%20Pandemi%20Covid%2019%20pada%20pengusaha%20penginapan%20di%20Malino
Ningsih, M. F., & Dijaya, R. (2022). Buku Saku Digital Untuk Rumah Adat Berbasis Augmented Reality. Prosiding SEMNAS INOTEK …, 76–81.
No, V., Yulianto, B. D., Dijaya, R., & Rosid, M. A. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran IPA Untuk MI Berbasis Augmented Reality DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v6i2.12496
Pendahuluan merupakan di wilayah Kecamatan Jabon , Kabupaten Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Sidoarjo . Yang proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) masih menggunakan salah satu . 6(2).
Prasetyo, O., & Aedi, W. G. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Rumah Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Studi Kasus CV. Tomsland). Jurnal Informatika MULTI. https://jurnal.publikasitecno.id/index.php/multi/article/view/56
Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163 DOI: https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163
Rachmanto, A. D., & Noval, M. S. (2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROMOSI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG MENGGUNAKAN UNITY 3D. IX(1).
Reza, F., Fitriyatno, A., Hidayat, A. N., & ... (2021). Aplikasi Portal Jelajah Destinasi Wisata Indonesia Dengan Augmented Reality (AR) dan Video 360 Berbasis Android Sebagai Media Promosi Dan Hiburan. Smart Comp …. http://ejournal.poltekharber.ac.id/index.php/smartcomp/article/view/2166 DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v10i1.2166
Rhomadiniyah, D., Dijaya, R., & Rahmawati, Y. (2023). The Digital City Tour Guide Using Augmented Reality on the Pasupati Bridge City Tour Guide Digital Menggunakan Augmented Reality Pada Jembatan Pasupati. 4(June). DOI: https://doi.org/10.21070/pels.v4i0.1431
Ryas Hakim, M., & Dijaya, R. (2023). Augmented Reality Application Design for 3 Dimensional Model Visualization Product Packaging Design [Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Visualisasi Model 3 Dimensi Design Packaging Produk]. Umsida, 8(3), 1–12. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4017
Santoso, M., Sari, C. R., & Jalal, S. (2021). Promosi Kampus Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 105–110. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.43496 DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.43496
Saputra, R. A., & Mulyanto, E. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Promosi Berbasis Android. Techno Creative. http://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/technocreative/article/view/1384 DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v1i1.1384
Setiawan, I., & Hijriana, N. (2019). Implementasi Teknologi 3D Augmented Reality Untuk Pemetaan Kampus Uniska MAB. Technologia: Jurnal Ilmiah. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/2551 DOI: https://doi.org/10.31602/tji.v10i4.2551
Sulaeman, F. S., & Putri, N. D. (2019). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality Interior dan Eksterior mobil sebagai media promosi pada mobil Honda. IKRA-ITH Informatika: Jurnal …. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/299
Sutedi, A., Tresnawati, D., & Faiz, R. (2022). Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Algoritma, 19(1), 210–218. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1051 DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1051
Tafakkur, B. O., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., & ... (2023). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Lesehan Kalisari Dengan Metode Based Marker Tracker. … Dan Multimedia. https://www.journal.sekawan-org.id/index.php/jtim/article/download/331/207 DOI: https://doi.org/10.35746/jtim.v5i1.331
Utomo, F. M., & Dijaya, R. (2023). Katalog Digital Untuk Promosi Tas Wanita Berbasis Augmented Reality. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2), 268–277. https://doi.org/10.29408/jit.v6i2.12275 DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v6i2.12275
Wijaya, R. F., & Utomo, R. B. (2023). Pengenalan Augmented Reality Di SMK Al-Bukhary Labuhan Batu Sebagai Media Untuk Mempromosikan Industri Pariwisata. Jurnal Pengabdian Masyarakat. http://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/1102 DOI: https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Setyo Budi, Rohman Dijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.