Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Personal Branding AL15PHOTO di Media Sosial Instagram

Authors

  • Dwi Agustira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nuraida Nuraida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/dkv.v2i3.4082

Keywords:

komunikasi pemasaran, personal branding, instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan personal branding al15photo di media sosial instagram. Masalah yang dikaji meliputi bagaimana strategi komunikasi yang dapat digunakan oleh AL15Photo dalam membangun personal branding?. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara, observasi konten instagram, analisis strategi komunikasi pemasaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Al15photo dalam membangun personal branding dengan memanfaatkan instagram sangatlah efektif untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis melalui postingan konten visual yang menarik, penggunaan postingan feeds, stories, reels, serta promosi berbayar. Penelitian ini menggunakan teori integrated marketing communication. Teori imc membantu bahwa strategi ini dapat membantu meningkatkan engagement pengguna dan mendorong konsumen berinteraksi lebih aktif dengan pengguna akun. Penelitian ini menyumpulkan bahwa instagram merupakan media pemasaran / promosi yang efektif dalam bidang industri kreative.

References

Akbar, M. Fikri, Yuli Evadianti, and Immawati Asniar. Public Relations. Edited by Anna Gustina Zainal. 1st ed. Penerbit Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY Perum Puspa Indah Blok J-14, Bangunjiwo, Kasihan, Kab. Bantul DIY 55184, 2021.

Ariska, Yuli. “Peran Dan Fungsi Public Relation Dalam Sebuah Organisasi Jurnal Public Relation 6 Desember 2023 Peran Dan Fungsi Public Relation Dalam Sebuah Organisasi.” Journal Public Relation, no. December (2023).

Chrismardani, Yustina. “KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM.” Jurnal NeO-Bis 4, no. 1 (2020): 82–94. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101.

Datang, Esterilief, Elvira Alci Pandagitan, Jesicha Putri Tatibas, and Aprilin Syane Tumbale. “Strategi Misi Bagi Generasi Milenial Dalam Budaya Masamper Di Kepulauan Sangihe.” Kajian Ilmiah Interdisiplinier 9, no. 1 (2025): 37–43.

Frianda, Ventarika, Hairunnisa Hairunnisa, and Ghufron Ghufron. “Strategi Komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Memungut Sehelai Sampah (LSM GMSS) Dalam Mengkampanyekan Larangan Membuang Sampah Di Sungai Karang Mumus Samarinda.” EJournal Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (2020): 43–57.

Haki, Ubay, Eka Danik Prahastiwi, and Universitas Tapanuli Selatan. “Strategi Pengumpulan Dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan 3, no. 1 (2024): 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67.

Hariyanto, Didik, and M. Anang Firmansyah. Komunikasi Pemasaran. Edited by Qiara Media. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pertama. Vol. 6. Media, Qiara, 2020.

Helmon, Ferdianus, Syamsu Rizal, and Nur Alim Djalil. “Personal Branding Mario David Melalui Media Sosial ( Studi Kasus Anggota DPRD Kota Makassar).” Journals of Social, Science, and Engineering 3, no. 1 (2024): 159–68. https://journal.unifa.ac.id/index.php/jsse/article/view/699/520.

Hermawati, Agustin. “Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital 1, no. 1 (2023): 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18.

Manajemen, Jurnal Sinergi, M Wildan Gustiansyah, and Rahadyan Tajuddien. “Pengembangan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SOAR Pada W&G Shoes.” Jurnal Sinergi Manajemen 1, no. 1 (2024): 27–34. https://bmabersama.or.id/index.php/jsm/indexhttps://bmabersama.or.id/index.php/jsm/index.

Pertiwi, Femilia, and Irwansyah Irwansyah. “Personal Branding Ria Ricis Pada Media Sosial Instagram.” Jurnal Penelitian Komunikasi 23, no. 1 (2020): 15–30. https://doi.org/10.20422/jpk.v23i1.631.

Qadir, Abdul, and M. Ramli. “MEDIA SOSIAL (DEFINISI, SEJARAH DAN JENIS-JENISNYA).” Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 16, no. 1 (2022): 1–23.

Rafiq, A. “DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT.” Jurnal Global Komunikasi 3, no. 1 (2020): 18–29. https://doi.org/10.34081/270033.

Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2022): 213–23. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853.

Rosyidah, Lu’lu Nur, Lailatul Rohmah, Dinna Yunitasari, Dila Fitria Cahya Ningsih, Rizka Lailatul Afiyana, and Nabilla Ayu Febrianti. “Pendampingan UMKM Batik CV . Wecono Asri Dalam Meningkatkan Jumlah Peminat Melalui Pameran Di Car Free Day Jl . Dhoho Kota.” Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 259–69. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/392%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/392/300.

Rusdarina, Wina, and Tresna Wiwitan. “Strategi Digital Marketing X Wedding Organizer.” Jurnal Riset Public Relations 1, no. 2 (2021): 112–19. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.414.

Safitri, Erlin, Lina Auliana, Iwan Sukoco, and Cecep Safaatul Barkah. “Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Aplikasi Bisnis 19, no. 2 (2022): 259–67. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6.

Saputro, Riki Andi, and Muhammad Fitri. “Pemanfaatan Foto Dan Arsip Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah.” Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah 7, no. 2 (2022): 126–34. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7160.

Silviani, Irene, and Prabudi Darus. Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing (Cetakan Pertama). Vol. 1. Scopindo Media Pustaka, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=CTFAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA84&dq=strategi+komunikasi&ots=UohdrVwjOu&sig=fGx-mxLxG-cHlnjaHHyVa3BBrRY.

Suhairi, Ilham Salim Siregar, Nurhadiah, Nur Leli, and Ridha Tri Handayani. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Massa Dalam Memperluas Jangkauan Dan Meningkatkan Interaksi Dengan Konsumen.” Jurnal Mirai Management 8, no. 2 (2023): 436–44.

Wediawati, Tuti, Faries Althalets, Lavenia Christine Sulistio, Putri Hendiani, Riska Musdalifah, Virda Verdina, and Muhammad Fikry Aransyah. “Pelatihan Job Interview Dan Soft Skills Guna Memasuki Dunia Kerja.” Jurnal Masyarakat Mandiri 5, no. 4 (2021): 1–8.

Wijaya, Hazel Alberta, and Lina Sinatra Wijaya. “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Brand Awareness.” Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI) 2, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.51711.

Yuhandra, Windy. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Bisnis Kuliner Sate Taichanshibu Di Media Sosial Instagram,” 2024.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Agustira, D., Nuraida, N., & Hamandia, M. R. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Personal Branding AL15PHOTO di Media Sosial Instagram. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/dkv.v2i3.4082

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)