Strategi Branding Program C-Taditur oleh PT KCI Wilayah 8 Surabaya sebagai Inovasi Wisata Transportasi Kereta Api
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v2i1.4393Keywords:
Strategi Branding, C-Taditur, Wisata Transportasi dan Brand ExpressionAbstract
Penelitian ini membahas strategi branding Program C-Taditur oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wilayah 8 Surabaya sebagai upaya inovatif dalam mengembangkan wisata transportasi kereta api. Program C-Taditur, singkatan dari Commuter Study Tour, dirancang untuk memberikan pengalaman edukatif dan rekreatif bagi peserta, khususnya anak-anak sekolah, melalui perjalanan menggunakan kereta lokal PSO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap enam informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program. Analisis data mengacu pada teori Brand Expression dari Sicco Van Gelder yang mencakup empat komponen utama: Brand Positioning, Brand Identity, Brand Personality, dan Brand Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding Program C-Taditur dilakukan dengan pendekatan yang edukatif, visualisasi identitas melalui maskot C-Kardi, penguatan karakter program yang menyenangkan dan interaktif, serta komunikasi aktif melalui media sosial dan pelayanan langsung. Selain itu, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, penyesuaian kebutuhan peserta, serta konsistensi inovasi konten edukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi branding yang dilakukan PT KCI Wilayah 8 Surabaya melalui Program C-Taditur efektif dalam membangun citra positif transportasi kereta api sebagai sarana wisata edukatif yang menarik dan berkelanjutan.
References
Arianto, B. (2024). Triangulasi Metoda Penelitian Kualitatif.
Elviana, A. (2021). Pemasaran Daya Tarik Kereta Wisata dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Kereta Wisata (Studi Kasus pada Kereta Wisata dari Perusahaan PT Kereta Api Pariwisata).
Fradika, D. A., & Priyono, E. F. (2025). Strategi Branding dalam Mengembangkan Citra Perumahan Modern Quinland Group di Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Komunikasi Peradaban, 3(1), 37–46.
Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.
KAI Commuter. (n.d.). Retrieved March 22, 2025
Laely Mustain, H. (2012). Analisis Pengaruh Strategi Positioning terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks Coffee di Makassar [PhD Thesis, Universitas Hasanuddin].
Muizu, W. O. Z., Sari, P. Y., & Handani, W. L. (2019). Peranan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Citali, Kabupaten Sumedang. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 151–164.
Muslimin, U., Machmud, M., & Hasanuddin, H. (2021). The Effect of Promotion Mix on Consumer Loyalty at PT. Hadji Kalla Sidrap Branch. International Journal of Management Progress, 2(2), 1–13.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
PRIBADI, R. N. (2024). Strategi Komunikasi Laue Burger Bar Dalam Membentuk Branding Pada Konsumen Di Kota Kediri [PhD Thesis, IAIN Kediri].
Putra, N. A., Setyawan, S., & Kom, M. I. (2018). Adopsi Inovasi Wisata Apung Kampoeng Rawa Oleh Kelompok Tani dan Nelayan di Rawa Pening [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
SAFITRI, I. S., & Saidun, M. (2024). STRATEGI BRANDING PADA PELIPUR KOPI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN [PhD Thesis, UIN Surakarta].
SURYANINGSIH, F. A., & Fathan, F. (2022). Cyber branding UIN Raden Mas Said Surakarta melalui instagram untuk meningkatkan brand awareness [PhD Thesis, FUD/KPI].
Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139.
Syahrullah, M. (2023). Strategi Branding Sebagai Upaya Optimalisasi Pengumpulan Wakaf. Jurnal Islamika, 6(1), 1–13.
Viatra, A. W., & Putra, M. E. P. (2024). Strategi Branding Peningkatan Skala Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darussalam, Desa Burai, Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(1), 10–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septina Rohimawati Hesti, Merry Frida Tri Palupi, Teguh Priyo Sadono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.