Strategi Komunikasi Digital Melalui Akun Instagram Selebgram Palembang @Iqbalqibull dalam Membangun Personal Branding
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i4.4081Keywords:
Strategi komunikasi, Instagram, Personal brandingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih dekat bagaimana selebgram asal Palembang, @iqbalqibull, memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk membentuk citra dirinya. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengamati dan mendokumentasikan berbagai bentuk konten serta interaksi yang dilakukan di media sosial tersebut. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kunci keberhasilan personal branding terletak pada keaslian, konsistensi dalam gaya visual maupun tema, serta keterlibatan aktif dengan pengikut. Ciri khas lainnya yang menonjol adalah penggunaan logat Palembang dan sentuhan humor yang membuat konten terasa lebih dekat dan menghibur bagi audiens. Temuan ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pentingnya strategi komunikasi digital dalam membangun identitas diri, sekaligus menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan personal branding secara kreatif dan relevan di era media sosial.
References
“Strategi Personal Branding Denny Santoso.” Jurnal Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtasaya, 2019, hlm. 3. https://eprints.untirta.ac.id/1314/1/SKRIPSI. STRATEGI PERSONAL BRANDING DENNY SANTOSO - Copy.pdf.
Albi anggito & johan setiawan. Metodelogi Penelitian Kualitatif, 2018. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+kualitatif&ots=5IduuCezGv&sig=rUJPErnejkv-6XCzpl7SLNS4X08&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kualitatif&f=false.
Amar Ahmad. “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA” 13 (2012): 137–49.
Anggraini, Nathania Lavita Kusuma. “Konstruksi Identitas Online Selebgram Sebagai Endorser Di Instagram,” 2018, 41–49.
Anisa Angraeni dkk. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Personal Branding Generasi Milenial.” Komunika 9, no. 1 (2022): 1–14. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7892.
Bambang Dwi Atmoko. “Instagram Handbook,” 2012, 28–63.
Dr. J.R. Raco, M.E., M.Sc. “METODE PENELlTlAN KUALlTATlF: JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA.” PT Grasindo, 2010, 146.
Dr.rukin. Metode Penelitian Kualitatif, 2019. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GyWyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA88&dq=metode+kualitatif&ots=EaxpqUuqC7&sig=yhaFRjGswTg0gqMKf0bGWma8D-o&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kualitatif&f=false.
Effendy, Onong Uchjana. “Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi.” PT.REMAJA ROSDAKARYA Jl., 1984, 173.
Evi Anggraini, Lidya Nababan Aprilliana. “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 03, 2019, 224–32.
Fill, C., and B. Jamieson. “Marketing-Communications-Course-Taster” 2011, no. 1039 (2011): 1–49.
Firmansyah, Ifan, and Maya Retnasary. “Analisis Personal Branding Studi Kasus Pada Akun Instagram @AALIYAH.MASSAID.” Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 11, no. 1 (2024): 131–40. https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6145.
Garry Andrew Lotulung. “Selebgram, Menguak Layar Bisnis Selebgram (Kompas.Com).,” 2021.
Hafied Cangara. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, 2017. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20487744.
Hasan, M. Iqbal. “Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua Edisi : 2,” 2021. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/220986/pokok-pokok-materi-statistik-1-statistik-deskriptif-edisi-kedua.
Kartika Agustinna dkk. “Analisis Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram, e-Proceeding of Management” 04 (2017): 1031.
Kartini1, Juwita Syahrina, Nisya Siregar, and Nurhasanah Harahap. “PENELITIAN TENTANG INSTAGRAM,” 2022.
Kurniawan, Moch N. Tahapan Penyusunan Strategi Komunikasi Humas Strategis, 2023.
MABRUR. “PERSONAL BRANDING AKUN INSTAGRAM @DOSIELFIAN_SMARTSPEAKING (Analisis Konten Pesan Pencitraan),” 2021, 6.
Mellisa, HH Daniel Tamburian. “Analisis Personal BrandingSelebgram Vincent Raditya Di Instagram” vol.4 no.2 (2020): 215–20. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6486/586.
Mita, Tiara. “Strategi Selebgram Dalam Membangun Personal Branding Melalui Pengelolaan Akun Instagram.” Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema 4, no. 2 (2022): 130–40. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i2.594.
Muhammad, Arni. “Komunikasi Organisasi,” 2017.
muslimin. Komunikasi Islam, 2022.
Mustaqimmah, Nurul, and Wahyu Firdaus. “Personal Branding Pada Akun Instagram Digital Influencer @boycandra.” Komunikasiana: Journal of Communication Studies 3 (2021): 78. https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.13990.
niko julius. “Data Jumlah Pengguna Instagram Di Indonesia 2024,” 2024. https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.
Patria, Nezar. “Wamenkominfo Sebut Strategi Komunikasi Publik Di Era Digitalisasi,” 2018. https://www.antaranews.com/berita/3908034/wamenkominfo-sebut-strategi-komunikasi-publik-di-era-digitalisasi.%0A%0A.
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy. ILMU KOMUNIKASI Teori Dan Praktik Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy PDF, 2017. https://www.scribd.com/document/481330337/ILMU-KOMUNIKASI-Teori-dan-Praktik-Prof-Drs-Onong-Uchjana-Effendy-pdf.
Putri alfiani Dkk. “PERSONAL BRANDING SELEBGRAM TRAVELLER MELALUI MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @DEWI_FAJ” 10, no 1 (2024): 29–35. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/1762.
Putri, Vanya Karunia Mulia. “Prinsip Komunikasi Efektif Berdasarkan REACH,” Kompas.Com,”2021.https://amp.kompas.com/skola/read/2021/12/29/110000169/5-prinsip-komunikasi-efektif-berdasarkan-reach.
Rifqi, J Jamaaludin. “Memanfaatkan Teknologi Digital Dalam Berwirausaha,” 2020, 1–5. http://eprints.umsida.ac.id/10603/1/MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM BERWIRAUSAHA DI ERA GLOBALISASI UNTUK MENARIK MINAT GENERASI MILENIAL.pdf.
Rokhamah. METODE PENELITIAN KUALITATIF (TEORI, METODE DAN PRAKTIK), 2020. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/568101-metode-penelitian-kualitatif-teori-metod-eb8d5bcc.pdf.
Setyadi, Ari. “Analisis Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Citra Layanan Sirkulasi Di Upt Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang.” Ilmu Perpustakaan 4, no. 2 (2015): 24–31. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9513.
Sina, I. “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains,” 2024, 63. https://repository.penerbitwidina.com/publications/567675/metodologi-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif-untuk-ilmu-sains.
Sutoyo, Marchelinus Denis. “Penerapan Personal Branding Berliana Anggit Tirtanta Sebagai Selebgram Beauty Yogyakarta Di Media Sosial Instagram.” E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2020, 1–121. http://e-journal.uajy.ac.id/23533/.
TechInsight ID. “Mengenal Teknologi Digital: Definisi, Contoh, Dan Penerapannya,” 2024, 27–30.
Yusanda, Awallina, Rini Darmastuti, and George Nicholas Huwae. “STRATEGI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niken Winayu, Achmad Syarifuddin, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.