Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Bisnis Kuliner di Palembang (Studi Akun @Warungsedep_Palembang)
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i4.3816Keywords:
Instagram, Promosi Bisnis Kuliner, Warung Sedep PalembangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi dalam bisnis kuliner di Palembang, dengan studi kasus pada akun Warung Sedep Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara, observasi konten Instagram, dan analisis interaksi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warung Sedep Palembang memanfaatkan Instagram secara efektif untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis melalui konten visual menarik, penggunaan postingan feed, fitur stories dan reels, serta promosi berbayar seperti Instagram Ads. Strategi ini berhasil meningkatkan engagement pengguna dan mendorong konsumen untuk berinteraksi lebih aktif dengan akun tersebut. Namun, tantangan seperti persaingan bisnis dan konsistensi dalam penyajian konten kreatif juga ditemukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram adalah media promosi yang efektif untuk bisnis kuliner, membantu memperluas jangkauan pasar dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.
References
Aditia, R. (2021). “Fenomena Phubbing : Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial.” Jurnal Sosial Dan Humaniora 2, no. April (2021): 8–14.
Alika, F. (2022). “Kualitas Informasi Pada Media Sosial Instagram Sebagai Sumber.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 4 (2022): 223–26.
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Media Promosi “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee.Ca Bouquet Sidoarjo.” Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi 6, no. 4 (2024): 1–9.
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee.Ca Bouquet Sidoarjo.” Neraca Manajemen, Ekonomi 6, no. 4 (2024).
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra,. (2024). “Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online.” Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan 5, no. 3 (2021): 8920–28.
databoks.katadata.co.id. (2024, 01 Maret). “Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan Di Indonesia Awal 2024.” dari https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66ea436ab12f2/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Fitriani, Y. (2021). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 5, no. 4 (2021): 1006–13. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609.
Indra, R., Zulfan, M., Sitepu, M. R. (2023). Prodi, Seni Pengolahan, Patiseri Politeknik, and Pariwisata Medan. “Pemanfaatan Inovasi Dan Kreatifitas Sebagai Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Di Desa Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.” Jurnal Darma Agung, no. 6 (2023): 94–100.
Kautsar, H. F., Thantawi, T. R. & Fadilah, H. (2023). “Perspektif Ekonomi Dan Bisnis Islam Analisis Strategi Teori Bauran Pemasaran Pada Bisnis Kuliner Cafe Kopi Tubing Di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor.” Sahid Business Journal 3, no. 1 (2023): 57–92. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i1.131.
Kurniawati, P. (2017). “No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01 (2017): 1–7.
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). “Determinasi Keputusan Pembelian : Harga , Promosi Dan Kualitas Produk ( Literature Review Manajemen Pemasaran )” 3, no. 4 (2022): 392–403.
Nasution, A. (2021). “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram.” Jurnal Bisnis Corporate 6, no. 1 (2021): 11–18.
Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). “Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini.” JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial 3, no. 3 (2023): 626–35. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1124.
Palembang, Warung Sedep. “No Title,” n.d.
Pangerapan, J. N. (2020). “Kata Kunci: Click Bait, Pemahaman, Pemberian Arti/Makna, Penggambaran, Penafsiran.” Acta Diurna Komunikasi Vol. 2 No. (2020).
Pemasaran Strategi Bisnis Kuliner Nasi Kulit, PAS Kantong, Kota Jember, Menggunakan Influencer, and Melalui Media. “Jurnal Manajemen Bisnis Dan Manajemen Informatika” 4, no. 1 (2023).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3, no. 1 (2019): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Ramadan, A. (2021). “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5, no. 1 (2021): 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796.
Rambi, A., Tawas, H. N. & Pondaag, J. J. (2024). Pemanfaatan Media, Sosial Instagram, Sebagai Sarana, Promosi Pada Bisnis Kuliner Restoran Hapa Kitchen Di Manado. Jurnal Emba Vol . 12 No . 2 Juni 2024 , Hal . 206-216” 12, no. 2 (2024): 206–16.
Rivaldi, Alvin, Fahrul Ulum Feriawan, and Mutaqqin Nur. “Metode Pengumpulan Data Melalui Wawancara.” Sebuah Tinjauan Pustaka, 2023, 1–89.
Saputra, F. B., Syalsabila, A., Fadhillah, Y., & Firmansyah, R. (2023). “Peran Sosial Media Instagram Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Perusahaan Mangkok Manis.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum 1, no. 3 (2023): 66–77. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.199.
Suwandi, H. A., & Sudjanarti, D. (2023). “Pembuatan Katalog Produk Menggunakan Canva Sebagai Media Promosi Pada Warkop R. Basman Malang.” Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 2, no. 1 (2023): 28–36. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i1.837.
Sagiyanto, A. & Sulfiah, A. (2020). “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun @Haus.Indonesia.” Jurnal AKRAB JUARA 5, no. 2 (2020): 97–114.
Siregar, S. I. S., Nurhadiah, N. L, & Handayani, R. T. (2023). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Massa Dalam Memperluas Jangkauan Dan Meningkatkan Interaksi Dengan Konsumen.” Jurnal Mirai Management 8, no. 2 (2023): 436–44.
Sukardi, L. H. S., & Darmadi, E. A. (2023). “Analisa Mengenai Pemilihan Gaya Berpakaian Menggunakan Metode Observasi.” Jurnal IKRAITH-HUMANIORA 7, no. 2 (2023): 150–55.
Sya, C., Misnawati, D. (2020). No. “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @ Yhoophii _ Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan.” Jurnal Inovasi 14, no. 1 (2020): 32–41.
Tresnawati, Y. & Prasetyo, K. (2022). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bisnis Kuliner.” Journal of New Media and Communication 1, no. 1 (2022): 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5.
Veranita, M., Susilowati, R. & Yusuf, R. (2021). “Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku).” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 17, no. 3 (2021): 279–90. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.279-290
Wardinal, R. (2020). “Pemanfaatan Media Sosial Istagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Makanan Di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram @burgerberkahbersama).” Eprint UNISKA, 2020, 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inda Herlisa, Achmad Syarifudin, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.