Strategi Pemasaran Fashion Thrifting di Instagram: Studi Kasus Akun @den.market
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i1.2850Keywords:
Instagram, Branding, Fashion Thrifting, Pemasaran Media Sosial, Keterlibatan KonsumenAbstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan fitur Instagram untuk branding media oleh sebuah toko barang bekas mode populer, yang dalam hal ini diidentifikasi sebagai akun subjek. Menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, penelitian melibatkan wawancara dengan pengikut dan pengamatan ekstensif terhadap interaksi akun. Temuan menunjukkan bahwa akun subjek secara strategis menggunakan sembilan fitur Instagram spesifik—unggahan foto/video, optimasi profil/bio, cerita, keterangan foto, komentar, suka, pesan langsung, geotagging, dan arsip cerita—untuk meningkatkan visibilitas produk dan keterlibatan. Taktik ini telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan, pertumbuhan pengikut, pencapaian target penjualan, loyalitas konsumen, dan pengakuan produk secara luas. Studi ini menekankan efektivitas fitur Instagram terintegrasi dalam meningkatkan kehadiran dan pengaruh merek di pasar digital.
References
A. Maharani, I. Ardiansah, and T. Pujianto, "Efektivitas Penggunaan Instagram Melalui Dua Tahap Analisis Pada Zanana dan Oifyoo," _Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA)_, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 1-9.
A. T. Diputri and A. L. Afriani, "Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image PT Hijau Indah Selaras," _Journal_, vol. 10, no. 2, Dec. 2022, pp. 1-19.
.
B. S. Putri and Endri Listiani, "Strategi Branding Based Club Melalui Media Sosial Instagram: Studi Kasus Mengenai Strategi Branding Based Club Menggunakan Tema Internet Culture Melalui Media Sosial Instagram," _BCSCM_, vol. 2, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.29313/bcscm.v2i1.468.
C. Antasari and R. D. Pratiwi, "Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan di Kota Palu," _EJK_, vol. 9, no. 2, Aug. 2022, pp. 176-182, doi: 10.22487/ejk.v9i2.327.
F. A. Sembiring and I. F. Deni, "Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Pada Pasar 18 Kota Binjai," _Jurnal Ilmiah_, year unknown, pp. pages unknown.
F. Agnesvy, "Penggunaan Trend Fashion Thrift Sebagai Konsep Diri Pada Remaja di Kota Bandung," _Agenda_, vol. 10, no. 2, Dec. 2022, pp. 254, doi: 10.36080/ag.v10i2.1952.
F. Kurniawan, B. Srigati, and D. R. Rahmayanti, "Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Akun Instagram @enowcustom," _Massive J. Ilmu Komun._, vol. 2, no. 1, Jun. 2022, pp. 27, doi: 10.35842/massive.v2i1.65.
G. Atiko, R. H. Sudrajat, and K. Nasionalita, "Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @indtravel)," _Jurnal Sosioteknologi_, vol. 15, no. 3, Dec. 2016, pp. 1-12.
M. P. Rahastine, "Strategi Komunikasi Pemasaran The Flat Shoes Company Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Online Shopping di Indonesia," _Jurnal Komunikasi_, 2017.
N. A. D. Fadillah, "7 Kiat Sukses Bisnis Online Peluang Bisnis Thrifting Online Via Instagram E-Bisnis (R)," _Journal_, 2021, pp. 1-14.
N. Anisah, M. Sartika, and H. Kurniawan, "Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa," _Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam_, vol. 4, no. 2, 2021, pp. 1-14.
N. Ristiani, U. Raidar, and D. Wibisono, "Fenomena Thrifting Fashion di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Lampung," _Journal_, vol. 1, no. 2, year unknown, pp. pages unknown.
N. Safika, "Skripsi Strategi Branding Pariwisata Melalui Instagram di Kota Parepare," 2021.
R. Ghilmansyah, S. Nursanti, and W. Utamidewi, "Fenomena Thrifting Sebagai Gaya Hidup Milenial Bogor," _Jurnal Nomosleca_, vol. 8, no. 1, Apr. 2022, pp. 1-16.