Strategi Komunikasi Humas Pt. Transportasi Global Mandiri Dalam Meningkatkan Citra Transportasi Angkutan Feeder LRT Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/stti.v1i2.3083Keywords:
Komunikasi Humas, Citra Transportasi, Angkutan Feeder LRTAbstract
Penelitian ini berjudul strategi Komunikasi Humas PT.Transportasi Global Mandiri Palembang dalam meningkatkan citra transportasi angkutan feeder LRT Kota Palembang. Dilatar belakangi dengan pentingnya peran humas dalam membangun dan mempertahankan citra positif perusahaan, terutama dalam sektor transportasi yang sangat bergantung pada persepsi dan kepercayaan masyarakat. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi Humas PT.Transportasi Global Mandiri Palembang dalam meningkatkan citra transportasi angkutan feeder LRT Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan meliputi penggunaan media massa dan media sosial, penyelenggaraan acara dan kegiatan promosi, serta menjalin hubungan baik dengan komunitas dan pemangku kepentingan. Humas PT Transportasi Global Mandiri juga aktif mengelola umpan balik dari pengguna layanan melalui survei kepuasan pelanggan dan interaksi di media sosial. Selain itu, pesan-pesan yang disampaikan kepada publik menekankan aspek keamanan, kenyamanan, dan efisiensi angkutan feeder LRT. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa strategi komunikasi yang efektif dari humas sangat berperan dalam meningkatkan citra dan penerimaan transportasi publik di Kota Palembang.
References
Anyelir Puspa Ayudia, Siti Sri Wulandari, Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo, 1. 2, (2021), 250.
Ardianto, E, Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2019.
Artis. Strategi Komunikasi Public Relations.8.2 (2011), 184.
Asri, I. Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementrian Agama RI, 27. 3. (2022), 274.
Asriandy, I. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. Skripsi, Universitas Hasanuddin, 2016.
Cangara, H. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Cangara, H. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada, 2019.
Dimas Agung Trisliatanto, Metodelogi Penelitian (Panduan Lengkap Penelitian Dengan Mudah), Surabaya: Penerbit Andi, 2019.
Eka Rahmawati, Supratiwi, Nunik Retno Herawati, Implementasi Penggunaan Aplikasi Teman Bus pada Batik Solo Trans di Kota Surakarta, 12. 3, (2023), 3-5.
Fajrul, Rahman Muhammad, Strategi Humas Dalam Upayah Membangun Citra Positif Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Polda Sumatera Selatan, Skipsi, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2023.
Hariyanto, D. Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah, 2021.
Herlina S. Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk citra Pemerintah di Kota Malang, 4. 3, (2015), 493.
Ismaulidina, Effiati Juliana Hasibuan, Strategi Komunikasi Public Relation Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh, 2. 1, (2020), 14.
Karsardi, Metolologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2022.
Kurnia Setiyo Rini, Sugeng Rusmiwari, Herru Prasetya Widodo, Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 6. 1 (2017), 34-35.
Kurniawan, D. Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organismresponse Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan.2. 1 (2018), 62.
M. Hijrah Agung Sarwendy, Jonizar. Analisa Kebutuhan Angkutan Feeder Lrt (Light Rail Transit) Kota Palembang Pada Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani. 2. 2, (2023), 287.
M. Linggar Anggoro, Teori & Profesi Kehumasan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Ngalimun, Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2021.
Permadi, D., Habibulla, A. Strategi Komunikasi Humas BNN Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. 5. 1 (2022).
Poppy Ruliana, Puji Lestari, Teori Komunikasi, Depok: Rajagrafindo Persada, 2019.
Ramdhan, M. Metode Penelitian, Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Ropingi El Ishaq, Public Relations Teori & Praktik, Malang: Intrans Publishing, 2017.
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Relations, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Rukajat, A. Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogakarta: Deepublish, 2018.
Sari, Wina Puspita, Soegiarto, A. Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), 9. 2, 2021.
Sisilia Herlina. Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang, 4. 3, (2015), 493.
Sitrus, Agung Perdana. Strategi Komunikasi Humas LRT Kota Palembang Dalam meningkatkan Minat Masyarakat. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2022.
Siyoto, S., M. Ali Sodik. Dasar metodologi penelitian.Yogyakarta: literasi media publishing, 2015.
Sugiyono, Metode penelitian bisnis Bandung: Alfabeta, 2018.
Sultoni Mohammad Hamim, Corporate Social Responsibility, Surabaya: Duta Media, 2020.
Suprapto, H. Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan), 4.3, (2019), 1050.
Utama, Dio Alif. Startegi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Palembang. Skripsi, Universitas Negeri Raden Fatah, 2018.
Wahana Fajar Kurnia, Strategi Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Eksistensi di IAIN Purwokerto. Skripsi, IAIN Purwokerto, 2020.
Wike Mardiana, Hamim Hamim, Kendry Widiyanto, Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur Untuk Meningkatkan Citra Di Mata Publik, 3. 2, (2018), 3.
Yosua Jefri Apriananta, Lina Sinantra Wijaya, Pengunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi, 7. 2, (2018), 193.