Analisis Ruang Henti Khusus Kendaraan Sepeda Motor Pada Simpang Jalan Jendral Sudirman-Gatot Subroto Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.47134/stti.v1i1.2410Keywords:
Sepeda Motor, Derajat Kejenuhan, Ruang Henti KhususAbstract
Faktor penting untuk mencapai sistem prasarana transportasi darat yang baik adalah kemampuan dari suatu jalan dalam melayani arus lalu lintas, khususnya kemampuan dari suatu simpang sebagai salah satu bagian dari suatu sistem jalan secara keseluruhan. Sehingga salah satu prasarana yang dibangun oleh pemerintah adalah zona Ruang Henti Khusus (RHK) sesuai dengan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 52/SE/M/2015 tentang Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada simpang bersinyal di kawasan perkotaan. Untuk mengetahui jumlah kendaraan sepeda motor pada RHK yang akan direncanakan, maka aspek pertama yang harus diketahui yaitu luas lengan jalan yang akan dibuat RHK. Jalan Jenderal Sudirman - Gatot Subroto terletak di kabupaten pemalang,merupakan simpang yang cukup ramai karena dekat dengan pusat perbelanjaan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang tanpa adanya RHK, serta untuk mengetahui dimensi Ruang Henti Khusus (RHK) kendaraan sepeda motor yang sesuai dengan kondisi persimpangan tersebut.Dalam penelitian ini,perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) menggunakan metode PKJI2014,dan pedoman perencanaan RHK dari Kementrian PUPR 2015. Dari hasil penelitian di lapangan, kinerja simpang tanpa adanya RHK di peroleh derajat kejenuhan pendekat selatan (Jalan Gatot Subroto ke jalan sudirman) 0,287, sedangkan untuk pendekat timur (jalan jendral sudirman ke jalan jendral sudirman 0,313, pendekat barat 0,379 (jalan jendral sudirman ke jalan gatot subroto. Makan nilai derajat kejenuhan terhadap simpang yang di dapat sebesar <0,85 sebelum adanya RHK. Lalu untuk hasil rata rata jumlah sepeda motor yang terhenti pada lampu merah maka perencanaan dimensi RHK rata rata penumpukan sepeda motor 15-20 unit.
References
Afriande. (2017). Tinjauan Penggunaan Ruang Henti Khusus (Rhk) Sepeda Motor Pada Persimpangan Di. Repository.Umsu.Ac.Id. Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12459.
Amelia Sri S.T, M.T., & Mulyadi Agah Muhammad S.T, M.T. (2012). Fasilitas Ruang Henti Khusus Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Perkotaan: Bandung.
Amelia, S. (2016). Kebijakan Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor. In Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) (Vol. 4, pp. 539–546).
Amelia, S., & Juanita. (2011). Efektivitas Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) di Persimpangan Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Pasteur-Pasirkaliki Kota Bandung). Majalah Ilmiah Techno, 12(2), 94–100.
Arnanda, H., Anggraini, R., Darma, Y., Sipil, M. T., Teknik, F., Kuala, U. S., Aceh, B., Sipil, J. T., Teknik, F., Kuala, U. S., & Aceh, B. (2019). Berdasarkan Tingkat Keterisian Henti Khusus (RHK) sesuai dengan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal di Kawasan, 9(2), 114–124. DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v9i2.199
Arteaga, V. M. M., Cruz, J. R. P., Hurtado-Beltrán, A., & Trumpold, J. (2022). Efficient Intersection Management Based on an Adaptive Fuzzy-Logic Traffic Signal. Applied Sciences (Switzerland), 12(12). https://doi.org/10.3390/app12126024. DOI: https://doi.org/10.3390/app12126024
Astuti Purba. (2013). Perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Persimpangan Bersinyal Di Medan Persimpangan Jl.H.Juanda–Jl.Brigjend Katamso. Universitas Sumatera Utara: Medan.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. (n.d.). Retrieved from https://cilacapkab.bps.go.id/indicator/12/270/1/jumlah-penduduk-kepadatan-perkm-dan-persentasenya-number-of-population-density-and-percentage-.html.
Basri, M. A. (2021). Hubungan Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Akibat Penyempitan Jalan (Bottleneck) (Studi Kasus Proyek Jembatan Linggarjati Jalan Adinegoro, Kota Padang). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 44-49.
BPS. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan. In Pemalang.
Br. Saputro, Wijaya Rangga, & Wisnu Adhi Irawan. (2022). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Segmen Jalan Soekarano Hatta Depan SPBU Pertamina Masjid Agung Semarang. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.
Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Direktorat Binamarga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.
Departemen Pekerjaan Umum (DPU). (2012). Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Perkotaan. Direktorat Jenderal Bina Marga. Puslitbang Jalan dan Jembatan: Bandung.
Departemet Pekerjaan Umum (DPU). (2015). Balitbang Jalan-Jembatan Ruang henti khusus Sepeda motor.
Earth, G. (2003). Jalan Jendral Sudirman-Gatot Subroto.
Eko Pambudi. (2017). Perbandingan Ruang Henti Khusus untuk sepeda motor pada persimpangan jalan di kota medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Fadilla Muhammad. (2011). Peranan Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan Bandung dalam Mensosialisasikan Program Ruang Henti Khusus di Kalangan Pengendara Roda Dua di Bandung. Perpustakaan UNIKOM: Bandung.
Faturokhman, A. A. (2020). Kinerja Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor di Kota Purwokerto (Studi Kasus Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Simpang Bersinyal di Kota Purwokerto).
Firmansyah, D., Jannah, R. M., & Murtopo, A. (2020). Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor di Simpang APILL Kota Magelang. Reviews in Civil Engineering, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.31002/rice.v4i2.3093. DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v4i2.3093
Menteri PUPR. (2015). Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (Rhk) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kawasan Perkotaan.
PKJI. (2014). Kapasitas jalan Luar Kota. Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan Dan Rekayasa Sipil, 2014, 28–29..
Reska Ayu Yuniar M, Raisha El Kahira, Ismiyati BHS. (2016). Analisis efektivitas ruang henti khusus sepeda motor pada simpang bersinyal di kota Semarang. J Karya Tek Sipil, 5, 128–137.
Samala, A., & Amanda, M. (2023). Immersive Learning Experience Design (ILXD): Augmented Reality Mobile Application for Placing and Interacting with 3D Learning Objects in Engineering Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 17, 22–35. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i05.37067. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v17i05.37067
Sonia, G. (2022). Analisis kinerja simpang bersinyal dengan RHK di Kota Palangka Raya. Volume 6(Issue 1), 10–17.
Subagio, D. G., Subekti, R. A., Saputra, H. M., Rajani, A., & Sanjaya, K. H. (2019). Three axis deviation analysis of CNC milling machine. Journal of Mechatronics, Electrical Power, and Vehicular Technology, 10(2), 93–101. https://doi.org/10.14203/j.mev.2019.v10.93-101. DOI: https://doi.org/10.14203/j.mev.2019.v10.93-101
Sulistyawati. (2020). Kajian efektifitas penempatan ruang henti khusus sepeda motor pada persimpangan Kantor Gubernur NTB.
Wall, G. T. (2003). Capacity implications of advanced stop lines for cyclists, prepared for Charging and Local Transport Division. Department for Transport.
Yerra, L., Chinnamaddaiah, K., Subramanyam, B., & Raju, P. R. (2017). Development of an open type CNC system for a 3-axis micro CNC machine. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 8(6), 463–470.
Zebua, V. V. (2021). Desain perencanaan ruang henti khusus kendaraan sepeda motor pada persimpangan Jalan Jendral Gatot Subroto – Jalan Kapten Muslim di Kota Medan. Universitas Medan Area.