Analisis Ruang Henti Khusus Kendaraan Sepeda Motor Pada Simpang Jalan Jendral Sudirman-Gatot Subroto Kabupaten Pemalang

Authors

  • Sulfah Anjarwati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Cremona Ayu Novita Sari Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.47134/stti.v1i1.2410

Keywords:

Sepeda Motor, Derajat Kejenuhan, Ruang Henti Khusus

Abstract

Faktor penting untuk mencapai sistem prasarana transportasi darat yang baik adalah kemampuan dari suatu jalan dalam melayani arus lalu lintas, khususnya kemampuan dari suatu simpang sebagai salah satu bagian dari suatu sistem jalan secara   keseluruhan.   Sehingga   salah   satu   prasarana   yang   dibangun   oleh pemerintah adalah zona Ruang Henti Khusus (RHK) sesuai dengan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 52/SE/M/2015 tentang Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada simpang bersinyal di kawasan   perkotaan. Untuk mengetahui jumlah kendaraan sepeda motor pada RHK  yang  akan  direncanakan,  maka aspek  pertama yang  harus diketahui  yaitu  luas  lengan  jalan  yang  akan  dibuat  RHK.  Jalan  Jenderal Sudirman - Gatot Subroto terletak di kabupaten pemalang,merupakan simpang yang cukup ramai karena dekat dengan pusat perbelanjaan.Tujuan dari penelitian ini   untuk   mengetahui   kinerja   simpang   tanpa   adanya   RHK,   serta   untuk mengetahui dimensi Ruang Henti Khusus (RHK) kendaraan sepeda motor yang sesuai dengan kondisi persimpangan tersebut.Dalam penelitian ini,perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) menggunakan metode PKJI2014,dan pedoman perencanaan  RHK  dari  Kementrian  PUPR  2015.  Dari  hasil  penelitian  di lapangan, kinerja simpang tanpa adanya RHK di peroleh derajat kejenuhan pendekat selatan (Jalan Gatot Subroto ke jalan sudirman) 0,287, sedangkan untuk pendekat timur (jalan jendral sudirman ke jalan jendral sudirman 0,313, pendekat barat 0,379 (jalan jendral sudirman ke jalan gatot subroto. Makan nilai derajat kejenuhan terhadap simpang yang di dapat sebesar <0,85 sebelum adanya RHK. Lalu untuk hasil rata rata jumlah sepeda motor yang terhenti pada  lampu merah maka perencanaan dimensi RHK rata rata penumpukan sepeda motor 15-20 unit.

References

Afriande. (2017). Tinjauan Penggunaan Ruang Henti Khusus (Rhk) Sepeda Motor Pada Persimpangan Di. Repository.Umsu.Ac.Id. Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12459.

Amelia Sri S.T, M.T., & Mulyadi Agah Muhammad S.T, M.T. (2012). Fasilitas Ruang Henti Khusus Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Perkotaan: Bandung.

Amelia, S. (2016). Kebijakan Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor. In Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) (Vol. 4, pp. 539–546).

Amelia, S., & Juanita. (2011). Efektivitas Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) di Persimpangan Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Pasteur-Pasirkaliki Kota Bandung). Majalah Ilmiah Techno, 12(2), 94–100.

Arnanda, H., Anggraini, R., Darma, Y., Sipil, M. T., Teknik, F., Kuala, U. S., Aceh, B., Sipil, J. T., Teknik, F., Kuala, U. S., & Aceh, B. (2019). Berdasarkan Tingkat Keterisian Henti Khusus (RHK) sesuai dengan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal di Kawasan, 9(2), 114–124. DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v9i2.199

Arteaga, V. M. M., Cruz, J. R. P., Hurtado-Beltrán, A., & Trumpold, J. (2022). Efficient Intersection Management Based on an Adaptive Fuzzy-Logic Traffic Signal. Applied Sciences (Switzerland), 12(12). https://doi.org/10.3390/app12126024. DOI: https://doi.org/10.3390/app12126024

Astuti Purba. (2013). Perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Persimpangan Bersinyal Di Medan Persimpangan Jl.H.Juanda–Jl.Brigjend Katamso. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. (n.d.). Retrieved from https://cilacapkab.bps.go.id/indicator/12/270/1/jumlah-penduduk-kepadatan-perkm-dan-persentasenya-number-of-population-density-and-percentage-.html.

Basri, M. A. (2021). Hubungan Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Akibat Penyempitan Jalan (Bottleneck) (Studi Kasus Proyek Jembatan Linggarjati Jalan Adinegoro, Kota Padang). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 44-49.

BPS. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan. In Pemalang.

Br. Saputro, Wijaya Rangga, & Wisnu Adhi Irawan. (2022). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Segmen Jalan Soekarano Hatta Depan SPBU Pertamina Masjid Agung Semarang. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Direktorat Binamarga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Pekerjaan Umum (DPU). (2012). Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Perkotaan. Direktorat Jenderal Bina Marga. Puslitbang Jalan dan Jembatan: Bandung.

Departemet Pekerjaan Umum (DPU). (2015). Balitbang Jalan-Jembatan Ruang henti khusus Sepeda motor.

Earth, G. (2003). Jalan Jendral Sudirman-Gatot Subroto.

Eko Pambudi. (2017). Perbandingan Ruang Henti Khusus untuk sepeda motor pada persimpangan jalan di kota medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Fadilla Muhammad. (2011). Peranan Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan Bandung dalam Mensosialisasikan Program Ruang Henti Khusus di Kalangan Pengendara Roda Dua di Bandung. Perpustakaan UNIKOM: Bandung.

Faturokhman, A. A. (2020). Kinerja Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor di Kota Purwokerto (Studi Kasus Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Simpang Bersinyal di Kota Purwokerto).

Firmansyah, D., Jannah, R. M., & Murtopo, A. (2020). Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor di Simpang APILL Kota Magelang. Reviews in Civil Engineering, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.31002/rice.v4i2.3093. DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v4i2.3093

Menteri PUPR. (2015). Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (Rhk) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kawasan Perkotaan.

PKJI. (2014). Kapasitas jalan Luar Kota. Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan Dan Rekayasa Sipil, 2014, 28–29..

Reska Ayu Yuniar M, Raisha El Kahira, Ismiyati BHS. (2016). Analisis efektivitas ruang henti khusus sepeda motor pada simpang bersinyal di kota Semarang. J Karya Tek Sipil, 5, 128–137.

Samala, A., & Amanda, M. (2023). Immersive Learning Experience Design (ILXD): Augmented Reality Mobile Application for Placing and Interacting with 3D Learning Objects in Engineering Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 17, 22–35. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i05.37067. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v17i05.37067

Sonia, G. (2022). Analisis kinerja simpang bersinyal dengan RHK di Kota Palangka Raya. Volume 6(Issue 1), 10–17.

Subagio, D. G., Subekti, R. A., Saputra, H. M., Rajani, A., & Sanjaya, K. H. (2019). Three axis deviation analysis of CNC milling machine. Journal of Mechatronics, Electrical Power, and Vehicular Technology, 10(2), 93–101. https://doi.org/10.14203/j.mev.2019.v10.93-101. DOI: https://doi.org/10.14203/j.mev.2019.v10.93-101

Sulistyawati. (2020). Kajian efektifitas penempatan ruang henti khusus sepeda motor pada persimpangan Kantor Gubernur NTB.

Wall, G. T. (2003). Capacity implications of advanced stop lines for cyclists, prepared for Charging and Local Transport Division. Department for Transport.

Yerra, L., Chinnamaddaiah, K., Subramanyam, B., & Raju, P. R. (2017). Development of an open type CNC system for a 3-axis micro CNC machine. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 8(6), 463–470.

Zebua, V. V. (2021). Desain perencanaan ruang henti khusus kendaraan sepeda motor pada persimpangan Jalan Jendral Gatot Subroto – Jalan Kapten Muslim di Kota Medan. Universitas Medan Area.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Anjarwati, S., & Sari, C. A. N. (2024). Analisis Ruang Henti Khusus Kendaraan Sepeda Motor Pada Simpang Jalan Jendral Sudirman-Gatot Subroto Kabupaten Pemalang. Sistem Dan Teknik Transportasi Indonesia, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/stti.v1i1.2410

Issue

Section

Articles