Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur Intensitas Pemberian Dongeng untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Yudho Bawono Universitas Trunojoyo Madura
  • Wasis Purwo Wibowo Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i3.3979

Keywords:

Anak Usia Sekolah Dasar, Dongeng

Abstract

Saat ini, aktivitas memberikan dongeng atau mendongeng kepada anak, khususnya kepada anak-anak usia sekolah dasar, sudah mulai jarang ditemukan. Untuk itu, diperlukan penelitian yang dapat mengungkap aktivitas pemberian dongeng kepada anak usia sekolah dasar. Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah terkait alat ukur yang digunakan dalam penelitiannya nanti. Apakah alat ukurnya nanti benar-benar mengukur apa yang hendak dan seharusnya diukur, serta sejauhmana alat ukur tersebut dapat diandalkan dan berguna. Tujuan penelitian ini adalah ingin menguji validitas dan reliabilitas konstruk intensitas pemberian dongeng yang disusun oleh Bawono. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDIT Ulil Albab, Kamal-Bangkalan sejumlah 57 anak. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa aspek dan item-item pada konstruk intensitas pemberian dongeng telah valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur penelitian yang dapat merefleksikan konstruk intensitas pemberian dongeng.

References

Aydın, M. Ş. (2022). The Reliability and Validity Study of the Reasonability of Prosocial Lie Test – Child Form. Cyprus Turkish Journal of Psychiatry and Psychology, 4(1), 34-42, ISSN 1302-7840, https://doi.org/10.35365/ctjpp.22.1.04

Aziz, A. R. (2023). Penanaman Pendidikan karakter anak sekolah dasar melalui metode mendongeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education. Vol. 6(1), 43-54

Azwar, S. (1995). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bawono, Y. (1999). Hubungan antara intensitas pemberian dongeng dengan kreativitas anak. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dalimunthe, A. N., Syaputri, A. D., Sari, D. P., Limbong, F. O., & Munthe, F. P. (2023). Pemanfaatan dongeng di sekolah dasar untuk membangun karakter siswa. Cendiki: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 1(2), 235-243

Devine, R. T. (2023). Machine Learning and Deep Learning Systems for Automated Measurement of “Advanced” Theory of Mind: Reliability and Validity in Children and Adolescents. Psychological Assessment, 35(2), 165-177, ISSN 1040-3590, https://doi.org/10.1037/pas0001186

Dewi, N. P. C. P, Putrayasa, I. B & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk karakter anak melalui habituasi dongeng pada pembelajaran di sekolah dasar. JIBS: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol. 8(2), 68-77

Faisal, S. (1981). Dasar dan teknik menyusun angket. Surabaya: Usaha Nasional

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kartika, T., Fitriani, N., dan Fauzi, M. R. (2021). Pembelajaran membaca dongeng siswa kelas iv sekolah dasar dengan menggunakan model role playing melalui media gambar. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education. Vol. 04(03), 467-474

Lee, A. C. M. (2020). Multidimensional affective morality scale: Development and reliability and validity evaluation. Bulletin of Educational Psychology, 51(4), 561-583, ISSN 1011-5714, https://doi.org/10.6251/BEP.202006_51(4).0003

Miguel, F. K. (2020). Validity and reliability studies of the emotional stories organization test. Revista Iberoamericana de Diagnostico y Evaluacion Psicologica, 57(4), 27-40, ISSN 1135-3848, https://doi.org/10.21865/RIDEP57.4.02

Moeliono, A. M. (1990). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Nakita. (1999). Manfaat mendongeng buat si kecil. No. 06/Th.I/15 Mei. Hlm. 14-15

Purwanto, E. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ramadhan, Siroj dan Afgani (2024). Validitas dan reliabilitas. Journal on Education. Vol. 6(2), 10967-10975

Semi, M. A. (1988). Anatomi sastra. Padang: Angkasa Raya

Spencer, T.D. (2023). Reliability and validity evidence for the English and Spanish preschool narrative language measures-listening. Early Childhood Research Quarterly, 64, 148-161, ISSN 0885-2006, https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.02.005

Sufitri & Setyowati, R. (2019). Pemanfaatan dongeng dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai media untuk membangun karakter siswa. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol. 11(1), 77-84

Zevalkink, J. (2022). Attachment Stories in Middle Childhood: Reliability and Validity of Clinical and Nonclinical Children’s Narratives in a Structured Setting. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15), ISSN 1661-7827, https://doi.org/10.3390/ijerph19159053

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Bawono, Y., & Wibowo, W. (2025). Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur Intensitas Pemberian Dongeng untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i3.3979

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.